telkomsel halo

XL dan Telkomsel Adu Cepat Ekspansi 4G LTE

09:12:49 | 10 Nov 2015
XL dan Telkomsel Adu Cepat Ekspansi 4G LTE
Peresmian layanan 4G milik XL di Bandung (dok/XL)
JAKARTA (IndoTelko) –  PT XL Axiata Tbk (XL) dan Telkomsel terus adu cepat dalam  memperluas wilayah layanan 4G LTE (long term evolution).

XL per 2 November kemarin mengkomersialkan 4G LTE di frekuensi 1800 MHz untuk wilayah Bandung dan sekitarnya. Sementara Telkomsel melakukan hal yang sama di Batam.

“Dalam menggelar 4G LTE, kami berfokus pada kualitas layanan, agar  yang namanya internet super cepat benar-benar bisa memenuhi ekspektasi pelanggan dan masyarakat, terutama agar manfaat dari kehadiran teknologi ini bisa meningkatkan produktifitas penggunanya,” kata Vice President XL Central Region Bambang Parikesit, kemarin.

Ditambahkannya, untuk memastikan layanan ini benar-benar super cepat, XL juga tidak ragu untuk  menjajagi pilihan teknologi sesuai perkembangan teknologi terbaru, Salah satunya adalah dengan melakukan ujicoba  LTE-Advanced LAA (License Assisted Access). Teknologi baru ini akan memungkinkan pelanggan tetap bisa mendapatkan akses internet super cepat hingga lebih dari 300Mbps pada saat di dalam ruangan.

Pada tahap awal komersil ini, layanan 4G LTE di Bandung telah bisa dinikmati di area Kota Bandung,  Padalarang, Jatinangor dan Cimahi. Lebih dari 249 BTS 4G mendukung layanan ini.

XL telah menggelar layanann 4G secara komersial di Medan, Bogor, Yogyakarta, Mataram, Denpasar, dan Surabaya. Pada Desember 2015 ini,XL akan meluncurkan layanan internet cepat 4G LTE di Jakarta.   Layanan 4G XL ditopang oleh total tidak kurang dari 2.500 unit BTS 4G.

Telkomsel
Sementara Telkomsel menjadikan Batam sebagai kota kesembilan yang disambangi 4G LTE miliknya. 4G LTE Telkomsel sudah lebih dulu komersil di Jakarta, Bali, Bandung Medan, Surabaya, Makassar, Lombok dan terakhir Manado yang diresmikan Oktober lalu.

Secara nasional Telkomsel telah memiliki lebih dari 1300 BTS 4G dengan 1,7 juta pelanggan 4G yang menjadikannya komunitas 4G LTE terbesar di Indonesia.

“Kota Batam  merupakan gerbang Indonesia di Sumatera, tempat berputarnya berbagai aktivitas industri maupun pariwisata, sehingga arus keluar masuk pelanggan seluler ke dan dari negara tetangga seperti Singapura cukup tinggi. Beroperasinya layanan Telkomsel 4G diharapkan akan memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan domestik dan mancanegara di Batam dalam menikmati layanan mobile broadband yang cepat dan stabil," kata Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah.

Batam merupakan kota keempat digelarnya layanan Tekomsel 4G LTE di frekuensi 1800 MHz secara komersial menggunakan pita selebar 10 MHz, yang kecepatannya bisa mencapai 75 Mbps. Untuk melayani pelanggan 4G di Batam,  Telkomsel membangun 90 eNode B (BTS 4G) yang dapat menjangkau mayoritas wilayah kota Batam.(id)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year