telkomsel halo

Bukalapak Gandeng Indomaret untuk Perkuat Pembayaran

10:07:54 | 27 Okt 2015
Bukalapak Gandeng Indomaret untuk Perkuat Pembayaran
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) – Bukalapak.com menambah fitur pembayaran dengan menggandeng Indomaret. Kerja sama ini memberikan kemudahan pembayaran transaksi belanja di Bukalapak,  yang dapat dilakukan  di lebih dari 11.500 gerai Indomaret di seluruh Indonesia.

Menurut CEO dan Co-Founder Bukalapak.com Achmad Zaky  kerja sama transaksi pembayaran dengan Indomaret ini adalah sebagai bentuk komitmen dan inovasi Bukalapak.com untuk memberikan kemudahan, kenyamanan, dan keamanan bagi pembeli yang berbelanja di marketplace itu.

“Metode pembayaran masih menjadi salah satu kendala berkembangnya eCommerce di Indonesia, mengingat kepemilikan rekening bank masih cukup rendah. Masyarakat yang tidak memiliki rekening bank menjadi enggan untuk berbelanja online karena harus transfer dana untuk pembayaran belanja,” katanya dalam keterangan tertulis, kemarin.

Mengutip data yang disampaikan  Bank Mandiri (Persero), total pemilik rekening bank di Indonesia hanya sekitar 60 juta orang dari total populasi penduduk di Indonesia yang berkisar 250 juta jiwa.

“Untuk itu Bukalapak.com menghadirkan fitur pembayaran belanja dengan menggandeng Indomaret agar pembeli tetap bisa bertransaksi meskipun mereka tidak memiliki rekening bank,” tambah Zaky.

Pembayaran melalui Indomaret selain secara kontan dapat juga  menggunakan metode pembayaran lain seperti kartu debit, Indomaret Card, vouvher Indomaret, Flazz, E-money.

Proses pembayarannya mudah. Setelah memilih barang yang hendak dibeli di Bukalapak.com, pembeli kemudian memilih metode pembayaran via Indomaret dan mencatat nomor transaksi. Kemudian bayar ke kasir  Indomaret di mana saja sesuai nomor transaksi.

Setelah proses pembayaran di Indomaret selesai, sistem Bukalapak akan memverifikasi status pembayaran secara otomatis. Tetapi jika transaksi mengalami kendala, foto struk transaksi pembayaran di Indomaret dan kirimkan ke Customer Service  Bukalapak untuk konfirmasi.

Selanjutnya tinggal menunggu barang pesanan datang ke alamat yang dituju. Bukan diambil di Indomaret tempat melakukan pembayaran. Apabila barang belum dikirim dalam waktu 4x 24 jam maka Bukalapak akan mengembalikan uang ke dalam Buka Dompet, bukan ke pihak Indomaret.

Marketing Director  Indomarco Prismatama Wiwiek Yusuf mengharapkan,  selain memudahkan pembeli di Bukalapak, kerja sama ini dapat meningkatkan jumlah dan frekuensi kunjungan konsumen ke  Indomaret.

Sejak dibuka 28 September 2015 layanan baru ini mendapat respon positif terlihat dari jumlah transaksi yang terus meningkat, tercatat hingga pertengahan bulan Oktober 2015 jumlah transaksinya  lebih dari 3.700 kali.

“Paling tidak dengan 1 juta pembeli di Bukalapak per bulan, kami optimis 25%  di antaranya akan melakukan pembayaran di Indomaret,” kata Wiwiek.

Untuk memanjakan konsumen, mulai tanggal 1 November hingga 31 Desember 2015 mendatang, Indomaret memberikan gratis sebotol Teh Hijau Melati Indomaret setiap transaksi pembayaran belanja Bukalapak di Indomaret.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year