telkomsel halo

Ini Papan Klasemen Operator Seluler Indonesia versi GSMA

08:30:50 | 01 Okt 2015
Ini Papan Klasemen Operator Seluler Indonesia versi GSMA
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) – Papan klasemen operator seluler di Indonesia versi GSMA Intelligence hingga kuartal ketiga 2015 lumayan mengejutkan.

Dikutip dari blog MobileworldLive (28/9), penguasa pasar seluler di Indonesia masih dikuasai Telkomsel dengan penguasaan 45%.

Hal yang mengejutkan adalah pemain yang menduduki tahta runner up, dimana tak lagi ditempati XL Axiata. Anak usaha Axiata ini turun ke nomor 4 dengan penguasaan pangsa pasar 14% dari tahun lalu 20,6%. Salah satu pemicunya, hilangnya sekitar 17 juta pelanggan dalam setahun terakhir.

Sebaliknya, Indosat kembali merangsek naik ke posisi runner up karena berhasil menambah 14 juta pelanggan dan menguasai pangsa pasar 21,6% dari tahun lalu  18%.

Posisi ketiga ditempati Tri Indonesia dengan penguasaan pangsa pasar 14.4% naik dari 11,5% tahun lalu. Keberhasilan menambah 10,6 juta pelanggan sejak kuartal kedua 2014 menjadi kunci sukses Tri Indonesia mengangkangi XL.(Baca juga: Persaingan 4G di Indonesia) 

Menurut kajian MobileworldLive, kehilangan pelanggan yang besar dari XL dalam periode setahun ini salah satu yang terbesar dalam posisinya sebagai penantang di pasar. Padahal, periode 2006-2007, XL berhasil meraup banyak pelanggan kala berani menggoyang pasar dengan memangkas tarif demi menyerang posisi Telkomsel dan Indosat.(Baca juga: Posisi persaingan operator)

XL masih berpeluang untuk bangkit dengan selesainya penataan frekuensi 1.800 MHz untuk menggelar 4G dimana di segmen ini pangsa pasarnya sekitar 9,5%.(id)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year