telkomsel halo

Facebook Lebih Terbuka dengan Internet.org

08:32:02 | 06 May 2015
Facebook Lebih Terbuka dengan Internet.org
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) - Facebook Inc akhirnya membuka kesempatan bagi pemilik aplikasi dan situs untuk bergabung dalam program Internet.org agar lebih banyak kalangan menengah bawah menikmati akses internet di negara-negara berkembang.

Walau sudah lebih terbuka, Internet.org tetap saja dikritik di India karena bertentangan dengan Net Neutrality dimana media sosial itu memiliki kontrol terhadap akses data dan layanan.

Di India, Facebook bekerjasama dengan Reliance Communications (RLCM.NS) untuk melansir layanan ini dan banyak dikritik aktifis pro Net Neutrality.

Internet.org selama ini fokus memberikan layanan internet gratis dengan konten informasi pekerjaan, informasi pertanian, kesehatan, edukasi, dan layanan Facebook.

Layanan ini sudah diluncurkan di sembilan negara di Afrika, Amerika Latin, dan Asia dimana ada sekitar 8 juta orang menikmatinya. (Baca juga: Internet.org ditentang di India)

VP Product Internet.org Chris Daniels menyatakan platform akan dibuka bagi pengembang aplikasi yang memenuhi syarat teknis seperti aplikasi bisa diakses melalui peramban fitur dan smartphone.

“Layanan ini terbuka juga untuk operator dan tidak ada pembayaran, begitu juga bagi pengembang aplikasi. Prinsip dari neutrality harus co-exist dengan program ini untuk mengajak orang melek internet,” katanya seperti dikutip Reuters, kemarin.

Indosat Semangat    
Di Indonesia, walau mendapat sindiran dari Menkominfo Rudiantara karena terkesan Indosat kalah bernegosiasi dengan Facebook untuk Internet.org, tetap digeber oleh operator itu. (Baca juga: Operator gamang hadapi OTT)

Bahkan, anak usaha Ooredoo ini melalui program “Internet Tanpa Pulsa untuk Semua” mengaku  mendapatkan apresiasi dari pengusaha mikro wanita binaannya di Tangerang Selatan.

Para pengusaha wanita merasakan mudahnya mendapatkan informasi yang berguna bagi pengembangan usaha mereka melalui sejumlah webite yang dapat diakses secara gratis.

“Program ini merupakan wujud komitmen Indosat dalam memberikan manfaat dari akses Internet bagi masyarakat Indonesia. Kami berharap dengan kemudahan mendapatkan inforamasi dari akses internet tanpa pulsa ini dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat Indonesia secara keseluruhan,” kata President Director & CEO Indosat Alexander Rusli.

Indosat menjadi operator pertama yang menyediakan akses internet mudah tanpa pulsa bagi masyarakat Indonesia. Indosat menyediakan akses internet tanpa pulsa melalui layanan Internet.org baik untuk pelanggan prabayar maupun  paskabayar.(id)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year