telkomsel halo

XL Gelontorkan Rp 3 miliar Demi Trial Mobile 4G

10:40:27 | 29 Okt 2014
XL Gelontorkan Rp 3 miliar Demi Trial Mobile 4G
Suasana uji coba 4G dari XL (dok)
JAKARTA (IndoTelko) – PT XL Axiata Tbk (XL) menggelontorkan dana sekitar Rp 3 miliar untuk mendukung uji coba (trial)  mobile  4G berbasis teknologi Frequency Division Duplexing Long Term Evolution (FDD-LTE) di lima lokasi di Jakarta.

“Untuk uji coba ini tak memakan biaya besar, sekitar Rp 3 miliar. Kalau FDD LTE itu benar-benar jalan, hitungannya per seribu BTS butuh US$ 100 juta,” ungkap Presiden Direktur XL Axiata Hasnul Suhaimi di Jakarta, Selasa (28/10).

Dijelaskannya, layanan internet kecepatan tinggi hingga 100 Mbps ini didukung  Huawei dan Ericsson berjalan di 15 MHz frekuensi 1.800 MHz.

Untuk  tahap awal, layanan real mobile 4G-LTE ini bisa dinikmati di  lokasi di Jakarta, diantaranya 1 lokasi secara full building-seluruh area di gedung pusat perbelanjaan Kota Kasablanca , serta 4 lokasi lainnya yaitu Euphoria Lounge Menara Prima, XL Xplor Senayan City, XL Xplor Central Park, serta Grha XL.  

“Kami ingin tahu pengalaman langsung dari pelanggan menggunakan layanan ini. Kita satu-satunya negara di Asia Tenggara yang belum mobile FDD LTE, rasanya malu juga. Teknologi ini bukan masalah meningkatkan pelanggan, tetapi memberikan pengalaman akses lebih baik karena kecepatannya tiga kali lebih cepat ketimbang 3G,” paparnya.

Dikatakannya,  pada tahap awal, layanan internet berkecepatan tinggi dengan teknologi 4G-LTE ini baru bisa dinikmati secara terbatas di beberapa lokasi di Jakarta,  dan selanjutnya, secara bertahap XL akan memperluasnya ke beberapa kota lainnya di luar Jakarta.

Pemilihan lokasi dan kota tersebut didasarkan pada beberapa  pertimbangan diantaranya potensi  permintaan pelanggan, ketersediaan alokasi frekuensi, besaran nilai investasi dan sebagainya.

“Kami maunya bisa komersial pada kuartal ketiga 2015. Kita mau selesaikan dulu migrasi jaringan Axis seperti sistem registrasi pelanggan, billing system, dan trafiknya,” katanya.

Dalam catatan, saat ini pelanggan layanan data  XL  mencapai sekitar 32 jutaan atau 51% dari total pelanggan. Adapun total pelanggan XL hingga saat ini sekitar 62,9 juta.

Hingga saat ini XL juga telah melakukan modernisasi seluruh jaringannya dan telah tuntas pada tahun 2013 yang lalu.
Selain itu, XL saat ini juga telah memiliki jaringan infrastruktur fiber optic sepanjang lebih dari 30 ribu km, serta BTS sebanyak lebih dari 47 ribu BTS (3G/2G) yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

Ini artinya, jaringan XL telah siap dipergunakan untuk mengimplementasikan layanan Hotrod 4G-LTE. Saat ini, XL tengah menunggu kebijakan pemerintah untuk menggunakan teknologi netral di frekuensi 1.800 MHz agar bisa memperluas layanan tercanggih tersebut.(id)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year