telkomsel halo

Facebook, Ericsson dan XL Berinovasi Tingkatkan Kinerja Jaringan

12:40:01 | 14 Okt 2014
Facebook, Ericsson dan XL Berinovasi Tingkatkan Kinerja Jaringan
Hasnul Suhaimi dan Mark Zuckerberg (Dok)
JAKARTA (IndoTelko) – Tiga pemain besar di ekosistem digital melakukan kolaborasi untuk meningkatkan jangkauan aplikasi di jaringan operator.

Ketiga pemain itu adalah XL Axiata, Ericsson, dan Facebook yang berkolaborasi dalam misi Internet.org untuk membawa akses internet yang terjangkau ke dua pertiga penduduk  dunia yang belum terhubung ke jaringan internet secara maksimal.

Facebook dan Ericsson  bekerjasama dengan XL Axiata telah menciptakan metodologi baru untuk mengukur dan meningkatkan performa jaringan secara menyeluruh (end-to-end) dengan menggunakan simulasi pada aplikasi Facebook.

Optimalisasi perluasan jaringan yang diimplementasikan melalui proyek kerjasama ini akan meningkatkan app coverage sampai dengan 70%.

Vice President Internet.org, Facebook Chris Daniels mengatakan Facebook berkomitmen untuk bekerja dengan para mitra untuk mengembangkan piranti inovasi dan berbagi keberhasilannya ke seluruh industri.

“Kita memiliki model untuk meningkatkan kinerja jaringan yang dapat diaplikasikan secara global melalui operator jaringan bergerak di dunia. Ini akan membantu meyakinkan bahwa kita lebih efisien menggunakan kapasitas jaringan dan sumber daya yang ada, dimana hal tersebut merupakan kunci untuk menyampaikan misi kami dalam menutup kesenjangan konektivitas,” katanya, kemarin.

Sekadar diketahui, di Indonesia, 75%  pengguna berada pada jaringan 2G GSM/EDGE. Indonesia sendiri merupakan basis pengguna Facebook terbesar ke-empat di dunia.

Perubahan realitas pasar di Indonesia tercermin dalam jaringan XL Axiata dimana pada tahun 2013, trafik data meningkat sebesar 142%. Menurut XL Axiata, setengah dari 62.9 juta pelanggannya  adalah pengguna data dan sebagian besar dari mereka menggunakan Facebook.

“Kami senang dengan kolaborasi ini dimana  operator, provider teknologi jaringan, dan provider aplikasi bekerjasama dalam satu proyek.  XL bangga telah dipilih oleh Facebook sebagai mitra operator di Indonesia,” kata CEO XL Axiata Hasnul Suhaimi.

Dijelaskannya, kerjasama XL Axiata, Facebook dan Ericsson menciptakan metodologi baru untuk menghitung dan meningkatkan kinerja jaringan secara end-to-end.

Proyek bersama ini mengembangkan kerangka kerja untuk mengevaluasi penggunaan melalui key performance indicators (KPI) yang didasarkan pada simulasi aplikasi Facebook menggunakan tes agent dan dihubungkan melalui KPI dengan statistik jaringan.

Melalui proses ini, masalah yang berdampak pada pengguna dapat diidentifikasi dan ditangani di seluruh jaringan. Optimalisasi yang dihasilkan dapat meningkatkan app coverage hingga 70%.

Begitu juga dengan jumlah connection completed (koneksi yang berhasil diselesaikan) dalam tiga detik meningkat 70% dan  time to content meningkat hingga 70%, serta  upload time meningkat hingga 50%.(id)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year