telkomsel halo

BRI Resmi Gantikan Indosat Kelola Slot Orbit Satelit

09:35:04 | 25 Apr 2014
BRI Resmi Gantikan Indosat Kelola Slot Orbit Satelit
Ilustrasi (Dok)
JAKARTA (IndoTelko) – PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) akhirnya resmi menggantikan PT Indosat Tbk (ISAT) sebagai pengelola slot orbit satelit 150,5 derajat Bujur Timur (BT) mulai 1 September 2015.

Dirjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) M. Budi Setiawan mengungkapkan, pada 26 Maret Menkominfo Tifatul Sembiring menerbitkan surat no. B-297/M.KOMINFO/SP.02.01/03/2014 (Surat 26 Maret) yang menyatakan hak pemanfaatan filling satelit di slot orbit 150,5 BT untuk Indosat tak diperpanjang.

“Dalam surat itu dinyatakan Indosat masih bisa menggunakan slot orbit itu hingga 1 September 2015. Kemudian terbit surat menteri yang memberikan hak penggunaan slot orbit kepada BRI mulai 1 September 2015,” ungkapnya kepada IndoTelko, kemarin.

Ditambahkannya, BRI pun telah mengantongi izin telekomunikasi khusus (Telsus) untuk mengelola satelit.

Sementara itu,  Direktur Utama BRI Sofyan Basir  menargetkan proses pembelian satelit rampung akhir April dan meluncur pada 2016 mendatang. 

Dikatakannya,   BRI membuka kerjasama dengan berbagai perusahaan telekomunikasi termasuk Indosat dalam pengelolaan satelit BRI tersebut. Sedangkan perusahaan yang bersaing memenangkan tender pengadaan satelit BRI berasal dari Amerika Serikat dan Eropa.  Dana yang disiapkan BRI untuk membeli satelit mencapai US$ 250 juta.

Saat ini, BRI bisa dikatakan sebagai bank pertama di dunia yang mengelola slot orbit dan memiliki satelit sendiri.(id)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year