telkomsel halo

Akhirnya, Smartfren Hadirkan Layanan WiFi

08:18:19 | 07 Nov 2013
Akhirnya, Smartfren Hadirkan Layanan WiFi
Ilustrasi (Dok)
JAKARTA (IndoTelko) –  PT Smartfren Telecom Tbk (Smartfren) akhirnya menghadirkan layanan offloading trafik berbasis WiFi setelah dipersiapkan sejak semester kedua 2012.

“Kita sudah gelar layanan Smartfren WiFi sejak 1 November lalu. Ini hasil kerjasama dengan PT Inti Bangun Sejahtera Tbk (IBST). Sejauh ini Smartfren WiFi hadir di Jabodetabek, Bandung, dan Palembang,” ungkap CTO Smartfren Merza Fachys kepada IndoTelko, Kamis (7/11).

Diungkapkannya, Smartfren WiFi juga menggunakan access point yang dibangun oleh Inti Bangun Sejahtera. “Solusi dan infrastrukturnya dari mereka,’ katanya.

Dalam situs resmi Smartfren dinyatakan untuk menikmati layanan Smartfren WiFi pelanggan harus mendaftar dulu agar mendapatkan password dan user id. Layanan ini berlaku bagi pelanggan Smartfren Connex, Smart Plan, dan BlackBerry.

Di Jabodetabek akses WiFi tersedia di 42 titik, Bandung (20 titik), dan Palembang (24 titik). Pelanggan dapat menikmati kecepatan akses internet hingga 10 Mbps selama 3 jam per hari.

Sekadar diketahui, mobile data offloading adalah penggunaan teknologi jaringan yang saling melengkapi untuk memberikan akses data bagi pelanggan selular.

Tujuan untuk melakukan mobile data offloading didasarkan pada pengendalian biaya layanan data dan ketersediaan bandwidth yang lebih tinggi.

Tujuan lainnya, untuk mengatasi kemacetan jaringan selular. Teknologi jaringan utama yang saling melengkapi digunakan untuk mobile data offloading adalah Wi-Fi, Femtocell, dan Broadcast Handphone Terpadu.

Dengan melakukan teknik offload, maka penyaluran trafik setelah di offload dialihkan ke WiFi setelah itu  disalurkan melalui serat optik, tidak lagi microwave.

IBST dalam  menyediakan offloading membangun solusi Netsnapper yang bisa mengoptimisasi dan mengkonvergensikan trafik data milik operator telekomunikasi.

Berdasarkan penelusuran, Netsnapper adalah solusi milik Sunbay. Dalam situsnya, sebagai pemilik sistem dikatakan  Netsnapper adalah perangkat lunak  yang bisa mengatasi kongesti jaringan melalui pendekatan   multifaceted  untuk mengelola trafik.

Arsitektur  solusi Netsnapper  kompatibel dengan berbagai sistem operasi termasuk  Windows, Mac dan Linux, Android, Symbian dan Windows Mobile.Perangkat lunak ini menggunakan berbagai teknik untuk mengoptimisasi backhaul melalui kompresi  atau  offloading data.(id)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year