Paket Semangat Kemerdekaan
Paket Semangat Kemerdekaan
telkomsel halo

Indonesia Rumuskan Aksi Meaningful Broadband

13:26:17 | 13 Jul 2013
Indonesia Rumuskan Aksi Meaningful Broadband
Ilustrasi (DOK)
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) – Indonesia telah merumuskan sebuah model untuk reformasi sosial ekonomi dan lingkungan berbasis broadband yang dibungkus dengan nama model  Meaningful Broadband: “Rencana Aksi Indonesia, Model Bagi Negara APEC”

Meaningful Broadband disusun berdasarkan riset yang  dari Meaningful Broadband Working Group (MBWG) yang diketuai   oleh Ilham A. Habibie, dibawah Dewan TIK Nasional yang dipimpin langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Riset yang dilakukan hampir dua tahun tersebut dipimpin oleh Prof Craig Warren Smith, Ketua Digital Divide Institute.  Riset ini juga didukung oleh World Bank dan komunitas Teknopreneur lokal, selain kampus-kampus seperti ITB dan UI.

"Agenda Meaningful Broadband, yang dirumuskan dengan melibatkan banyak periset lokal dan internasional ini, akan menjadi model implementasi bagi Indonesia Broadband Plan yang disusun Pemerintah melalui Bappenas beberapa waktu lalu," kata Ilham.

Dijelaskannya, model ini menggunakan broadband sebagai cara untuk mencapai masyarakat berbasis pengetahuan yang lebih adil.
Langkah pertama adalah untuk mencapai peningkatan kualitas jaringan pemerintah daerah dan sekolah di lokasi-lokasi penting di luar kota-kota besar. Langkah kedua adalah untuk mengaktifkan jaringan ini melalui program yang mengoptimalkan utilisasi.

Konsep tersebut akan mengarah kepada kampanye besar-besaran aplikasi komputer melalui sinergi campuran lokal dan internasional.  Rencana ini difokuskan pada pemberdayaan masyarakat diluar kota besar, dan memfasilitasi tumbuhnya masyarakat berbasis pengetahuan.

Aspek lain dari rencana Meaningful Broadband adalah pengembangan broadband dengan strategi antisipasi perubahan iklim, yang mengandalkan elektrifikasi "pintar" dan “hijau”.

Meaningful Broadband dikombinasikan dengan model pemanfaatan energi surya dan biomasa untuk menurunkan emisi, adalah strategi penetrasi ke seluruh Kabupaten/Kota di Indonesia. Ditargetkan 50 Daerah Tingkat II akan terjangkau program ini pada akhir tahun 2013. Model Meaningful Broadband ini dianggap suatu inisiatif yang sangat sesuai bagi negara-negara APEC,  

"Dengan tujuan membantu negara-negara dalam APEC yang rendah dalam penetrasi broadband, model Meaningful Broadband memungkinkan negara-negara APEC membangun keunggulan komparatif sendiri, serta memungkinkan satu sama lain terlibat sebagai mitra dagang dengan posisi kekuatan yang relatif," kata Prof Smith.

Guna  menyambut   inisiatif ini akan diterbitkan  peraturan serta pembentukkan kelompok kerja melalui rapat kabinet. Direncanakan implementasi pertama akan dilakukan sebelum pertemuan APEC pada bulan Oktober nanti.(ss)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year