Paket Semangat Kemerdekaan
Paket Semangat Kemerdekaan
telkomsel halo

Genjot IndiPrenuer, Telkom Sebar Mobil Layanan

8:51:29 | 04 Mar 2013
Genjot IndiPrenuer, Telkom Sebar Mobil Layanan
Muhammad Awaluddin (DOK)
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) – Telkom masih bersemangat untuk membawa  pelaku Usaha Kecil dan Mikro (UKM) menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) melalui program  Indonesia Digital Entrepreneur (IndiPreneur).

Terobosan terbaru yang dilakukan Telkom adalah menyebar mobil layanan untuk masuk ke sentra-sentra UKM agar bisa memberikan sosialisasi dan edukasi seputar bisnis online dengan kekuatan TIK.

“Mobil layanan kita sulap menjadi mobile kiosk untuk program IndiPrenuer. Nanti di mobil itu bisa registrasi selain diberikan edukasi dan sosialisasi program Indipreneur.  Tahap pertama mobile kiosk Indiprenuer akan hadir  di 10 kota, sampai dengan akhir  2013 di 110 kota di seluruh Indonesia,” ungkap Direktur Enterprise and Wholesale Telkom Muhammad Awaluddin kepada IndoTelko, kemarin.

IndiPreneur adalah kegiatan untuk membekali para pelaku UKM dengan pengetahuan mengenai implementasi teknologi informasi dan komunikasi dan e-commerce serta memberikan kemampuan untuk menjalankannya.

Program yang mirip dengan Get Indonesian Business Online (Gibo) milik Google ini diharapkan membantu  UKM lokal  mengembangkan bisnis dengan solusi TIK berkualitas dan terjangkau, seperti  koneksi broadband, web builder, web hosting, domain name dan e-commerce application yang dapat dinikmati secara gratis dan dioperasikan dengan mudah.

Para pelaku UKM tidak harus terbebani biaya yang tidak relevan dengan bisnisnya, karena biaya hanya dibebankan ketika melakukan transaksi bisnis saja yaitu berkisar Rp 500 – Rp 1000   per transaksi. Telkom sendiri membidik ada omzet sekitar Rp 25 miliar dari model bisnis Pay As You Use ini.

Aplikasi yang dikembangkan untuk UKM ini juga menggunakan konsep open platform sehingga membuka kesempatan bagi pihak-pihak lain (content developer, application developer) untuk bermitra memperkaya kontent dan aplikasi tersebut dengan kemampuan lain yang mungkin dikembangkan.  
Telkom menyiapkan dana Rp 10 miliar untuk pengembangan berbagai aplikasi bisnis serta layanan menyeluruh mencakup penyediaan  Device, Network, Application dan Platform.

Program IndiPreneur merupakan bagian dari Mega Proyek “Indonesia Digital Network” (IDN) yang menargetkan 5 juta pelanggan broadband dan penyediaan 1 juta wifi pada tahun 2013.  

Baru 15%
Diungkapkan Awal, sejak dua minggu IndiPrenuer diluncurkan ada 501 UKM yang berhasil terjerat, terdiri dari 485 pelaku UKM yang membangun portal usahanya dan 16 pelaku UKM yang langsung menggunakan aplikasi e-toko untuk transaksi usahanya secara online (e-commerce).

Adanya tambahan sekitar 501 UKM itu  menjadikan secara total sudah bergabung 14.603 UMKM melalui portal smartbisnis.co.id atau 15% dari target mendapatkan 100 ribu UKM.

“Jumlah tersebut kami rasa cukup besar mengingat program ini baru diluncurkan dan belum tersosialisasi secara massal, tapi sudah mendapat respons yang positif dari para pelaku UKM," katanya.(id)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year