Paket Phoenix
Paket Phoenix
telkomsel halo

Indosat Lepas Landas ke Cloud

23:55:19 | 11 Okt 2012
Indosat Lepas Landas ke Cloud
Ilustrasi (Dok Indosat)
Angkasa Pura 2
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (indotelko) – PT Indosat Tbk (Indosat) akhirnya lepas landas ke angkasa menggarap bisnis cloud computing (Cloud) menyusul Telkom.

Jika Telkom mengusung merek dagang Telkom Cloud,  maka anak usaha Qatar Telecom ini menjual produk Indosat Cloud  sebagai  sebuah solusi total cloud   yang secure (aman), flexible (fleksibel) dan glocal.

Glocal karena Indosat Cloud  bagian dari jaringan cloud global dengan data center di Indonesia sesuai peraturan pemerintah tentang layanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

“Indosat Cloud dijalankan dengan Jaringan Indosat yang didukung oleh perangkat, teknologi dan sistem operasi terkini yang menjamin kehandalan dan kecanggihan dalam operasionalisasinya,” ungkap Direktur & Chief Wholesale & Infrastructure  Indosat, Fadzri Sentosa.

Menurutnya, layanan Indosat Cloud yang ditawarkan dapat menjawab kebutuhan solusi teknologi informasi bagi berbagai macam industri, seperti keuangan dan perbankan, manufaktur, pertambangan dan perminyakan, pelayanan publik, maupun industri kreatif dari skala kecil, menengah, maupun skala enterprise.

Bagi perusahaan kecil dan menengah, solusi Indosat Cloud akan memberikan kemudahan instalasi perangkat keras atau lunak sehingga perusahaan dapat menikmati keuntungan percepatan bisnis.

Bagi perusahaan besar, yang pada umumnya telah memiliki infrastruktur teknologi informasi sendiri, solusi Indosat Cloud menawarkan fleksibilitas infrastruktur dan penurunan biaya yang signifikan, yang pada akhirnya membuat perusahaan lebih leluasa bergerak untuk terus fokus pada dinamika bisnis tanpa terhalang oleh permasalahan IT. Sedangkan dalam aspek keamanan, solusi Indosat Cloud memberikan keamanan berlapis bagi para penggunanya.

“Indosat Cloud Infrastructure as a Service (IaaS) adalah layanan komputasi awan pertama yang ditawarkan, yang merupakan langkah awal dari rangkaian solusi komputasi awan yang akan diluncurkan dalam waktu dekat ini,” katanya.

Dijelaskannya,  dengan pola sewa, perusahaan tidak perlu lagi biaya investasi dan biaya lisensi yang tinggi. Dengan layanan ini pula, perusahaan tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk melakukan proses pengadaan, proses instalasi, dan proses integrasi infratrusktur.

Layanan Indosat Cloud IaaS mempunyai fitur pengaturan secara swalayan dan instant, sehingga pelanggan dapat mengelola administrasi infrastruktur IT nya sendiri.

Layanan Indosat Cloud juga merupakan solusi bagi perusahaan besar yang sangat tergantung oleh IT namun menghadapi kompleksitas IT dan biaya yang IT yang semakin meningkat. Didukung dengan jaringan backbone carrier ethernet dan IP/MPLS yang handal dalam bentuk layanan Virtual Private Network (VPN) for private cloud, International IP Transit (INP) dan Domestic IP Transit (INIX) serta ditempatkan dalam Data Center Indosat bersertifikasi ISO-27001.(ss)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom Digital Solution
Kuota Ketengan
More Stories
Data Center Service Provider of the year
Kuota Ketengan