Terminal dan bandara di Banten tercover 4G Smartfren

09:50:32 | 20 Jul 2019
Terminal dan bandara di Banten tercover 4G Smartfren
Bandara Soetta

BANTEN (IndoTelko) – Akses telekomunikasi khususnya koneksi data kini menjadi kebutuhan vital yang tidak bisa tidak, mesti ada.  Bahkan bukan sekedar ada namun mesti berkualitas terutama di titik-titik strategis yang menjadi kawasan ramai dikunjungi masyarakat.

Propinsi Banten misalnya.  Akses data dan telekomunikasi bukan lagi barang baru.  Bahkan speed data berkecepatan tinggi sudah menjadi hal wajib dan biasa di kawasan ujung Pulau Jawa yang menjadi akses untuk masuk ke Pulau Sumatera ini.

Seperti halnya akses data milik Smartfren.  Smarfren dengan 4G dan 4G plusnya di kawasan Banten termasuk yang bisa diandalkan.  Beberapa titik strategis di akses transportasi Banten telah tercover jaringan dan akses data Smartfren yang mumpuni.

Tim IndoTelko Group berkesempatan melakukan pengecekan jaringan sekaligus pengukuran speed data Smartfren di tiga titik strategis yang ketiganya merupakan akses transportasi.  Terminal Poris Plawad di kawasan Tangerang, Bandara Soekarno Hatta, dan terminal Pakupatan.   

Super 4G Kuota Smartfren

Ini adalah layanan akses data dari Smartfren yang layak untuk dipilih. Super 4G Kuota.  Harga yang ditawarkan operator ini sangat murah, hanya 2 ribuan per gigabyte.

Ada beberapa kelebihan dari paket ini, selain sinyal 4G yang manteng terus selama 24 jam tanpa switch ke jaringan 3,5G ataupun 3G, kuota yang diberikan juga lebih besar, dan bisa digunakan di semua ponsel berbasi 4G.  Smartfren juga menyediakan modem WiFi untuk sharing koneksi ke beberapa perangkat sekaligus.

Kartu Perdana Super 4G Kuota juga memberikan gratis telepon sepuasnya ke sesama Smartfren selama 30 hari.  Sedangkan untuk telepon gratis ke operator lain selama 10 menit.

Smartfren memberikan penawaran menarik untuk kartu perdana Super 4G Kuota.  Di lego dengan harga Rp. 12.500, Total kuota 5Gb (1,25 Gb kuota 24 jam, 2,75 Gb kuota Malam, 1 Gb kuota Chat).  Pilihan lainnya juga bervariasi. Mulai dari 30 ribuan hingga 100 ribuan dengan benefit yang menggiurkan.  Benefit tambahan yang tak kalah menarik adalah gratis bicara sepuasnya ke sesama Smartfren tanpa batas.

Terminal dan bandara di Banten tercover 4G Smartfren

Hasil uji

Target uji pertama yang kami kunjungi adalah terminal Poris Plawad.  Terminal ini merupakan salah satu terminal bus antar kota terbesar di kota Tangerang/Banten.  Di seberang terminal ini adalah stasiun kereta api Batu Ceper yang juga merupakan stasiun utama kereta bandara.

Terminal Poris Plawad tentu saja merupakan kawasan strategis yang layak menerima fasilitas akses data internet yang mapan.  Pasalnya selain menjadi akses penumpang dan masyarakat yang akan berpergian ke luar kota, juga dekat dengan stasiun kereta api, dan perumahan penduduk yang jumlahnya cukup banyak.

Terminal dan bandara di Banten tercover 4G Smartfren

Sinyal 4G Smartfren memang tidak full bar.  Indikator sinyal di ponsel yang kami gunakan hanya 4 bar dari 5 bar yang ada.  Sesekali memang sinyal 4G yang ditunjukkan indikator sinyal full bar, namun berubah kembali ke 4 bar.  Hal ini bukan menjadi masalah besar.  Terbukti akses data Smartfren di sini cukup baik.

Bergeser ke kawasan bandara Soekarno Hatta.  Pantauan langsung kami di kawasan bandara internasional Tanah Air ini menunjukkan sinyal Smartfren stabil dan sangat baik di sekitaran bandara.  Tak hanya di terminal 1 dan 2 saja, namun indikator sinyal terlihat sempurna kala kami melakukan pengujian di terminal 3.

Terminal dan bandara di Banten tercover 4G Smartfren

Setelah mengukur akses data di kawasan bandara, tim IndoTelko bergegas menuju kota Serang.  Target pengujian selanjutnya adalah terminal Serang atau yang dikenal sebagai Terminal Pakupatan.

Kala melakukan perjalanan menuju Terminal Pakupatan via Jalan tol Tangerang-Merak, indikator sinyal 4G Smartfren fullbar.  Coverage areanya pun mayoritas di dominasi sinyal 4G plus yang tentunya punya kecepatan lebih baik ketimbang 4G.

Pantauan di layar ponsel yang kami gunakan, sepanjang jalan tol Jakarta hingga Serang, terlihat sinyal 4G Smartfren terus bergantian dengan sinyal 4G plus yang notabene kami simpulkan stabil di sinyal 4G plusnya.  Perjalanan kami menuju terminal Pakupatan “dikawal” oleh sinyal 4G plusnya Smartfren yang mapan.

Terminal dan bandara di Banten tercover 4G Smartfren

Setiba di kawasan Terminal Pakupatan, kami langsung “menggelar” pengujian yang juga menggunakan dua aplikasi uji, Speedtest dan nPerf.

Dari beberapa kali proses pengujian, kami mendapatkan dua hasil terbaik yang secara umum kami menyimpulkan bahwa di Terminal Pakupatan ini Smartfren sangat baik dan bisa diandalkan. Ada dua aplikasi yang kami gunakan yakni Speedtest dan nPerf.

Dari hasil pengujian akses data Smartfren di tiga titik strategis kawasan Banten ini, bisa ditarik kesimpulan bahwa akses data dan internet Smartfren di kawasan Banten khususnya tiga titik strategis tersebut sangat bisa diandalkan.  (sg)

Proses uji dalam video :

 

Baca Juga: