4G Smartfren cover titik strategis kota Malang

08:26:00 | 11 May 2019
4G Smartfren cover titik strategis kota Malang
Stasiun Malang (dok)

MALANG (IndoTelko) – Selain destinasi wisata, jaringan Smartfren juga sudah mengcover seluruh wilayah kota Malang khususnya titik strategis.

Akses transportasi mulai dari stasiun, bandara, dan juga kantor pemerintahan yakni kantor Walikota, DPRD, hingga sekolah-sekolah favorit.  Kesemuanya sudah diselimuti jaringan 4G hingga 4G+ Smartfren.

Bahkan hasil uji coba dan pengukuran kecepatan data Smartfren, kekuatan unduhnya melebihi angka 20 Mbps, malah mencapai angka 41 Mbps.

Proses uji ini kami menggunakan salah satu smartphone ternama dengan jaringan 4G dan berlangganan paket data  volume base.  Sedangkan pengujian ini menggunakan dua aplikasi uji Speedtest dan nPerf.

4G Smartfren cover titik strategis kota Malang

Titik uji pertama adalah Stasiun Malang. Stasiun ini dibangun ketika jalur kereta api Surabaya-Malang dan Pasuruan mulai dirintis sekitar tahun 1870. Tujuannya untuk mengangkut hasil bumi dan perkebunan dari daerah pedalaman Jawa Timur, khususnya dari Malang, ke Pelabuhan Tanjung Perak yang juga mulai dibangun sekitar tahun itu. Setelah konsesi jalur dikeluarkan pada tahun 1875, jalur ini segera dibangun dan untuk segmen Bangil–Malang selesai pada tanggal 20 Juli 1879[3]

Di titik ini kekuatan unduh Smartfren sangat baik bahkan di atas rata-rata. Seperti halnya pengujian dengan aplikasi uji Speedtest. Dua hasil uji  terbaik dari beberapa kali proses uji menunjukkan kekuatan unduh Smartfren di angka 22,6 Mbps dan 21,2 Mbps.  Sedangkan kekuatan uploadnya di angka 3,96 Mbps hingga 4,34 Mbps.

4G Smartfren cover titik strategis kota Malang

Sama hasilnya kala pengujian dengan nPerf.  Kekuatan unduh Smartfren di kisaran angka 18,35 Mbps hingga 20,37 Mbps.  Sementara kekuatan uploadnya di angka 5,10 Mbps dan 4,22 Mbps.  Kekuatan browsernya ada di angka 52,40% dan 62,64%, kekuatan akses video streaming berada di prosentase 86,47 Mbps dan 88,53 Mbps.  Skor akhir dua hasil uji coba terbaik adalah 51872 nPoints dan 54825 nPoints.

Titik selanjutnya adalah Bandar Udara Abdul Rachman Saleh.  Terletak di Pakis, Kabupaten Malang, Jawa Timur, atau 17 km arah timur dari pusat Kota Malang. Bandara Abdulrahman Saleh merupakan tempat pesawat Hercules C-130 dan Super Tucano sebagai pengganti OV-10 Bronco yang telah di musiumkan. Pun Wing 2 Korps Pasukan Khas juga bermarkas di sini.

4G Smartfren cover titik strategis kota Malang

Kekuatan sinyal Smartfren di kawasan bandara ini juga tak kalah baik, bahkan jauh di atas rata-rata.  Kekuatan unduhnya mencapai angka 41,5 Mbps dan 30 Mbps, kecepatan upload di angka 6,97 Mbps dan 5,78 Mbps.

Bergeser ke arah timur, satu titik strategis yang tak luput jadi perhatian Smartfren.  Adalah alun-alun Bundar atau alun-alun tugu Malang.  Tak jauh dari alun-alun ini terdapat SMA Tugu (SMA Negeri 1, SMA Negeri 3, dan SMA Negeri 4 Malang), Gedung DPRD Kota Malang, Balai Kota Malang, Pasar Klojen, dan Komplek Markas Satuan di bawah Kodam V Brawijaya.  Artinya titik ini sangat strategis sekali bagi masyarakat Malang dan sekitarnya.

4G Smartfren cover titik strategis kota Malang

Alun- alun ini merupakan simbol kekuasaan kolonial Belanda di Kota Malang, karena pemerintah kolonial beranggapan bahwa Alun- alun kota Malang terlalu berbau indisch. Pada awalnya nama taman ini adalah JP Coen Plein, sebagai bentuk penghormatan kepada Gubernur jendral Jaan Pieterzoen Coen.

Di sini wisatawan juga bisa memanfaatkan spot-spot foto terbaik dengan dikelilingi bunga-bunga yang sangat indah.  Background kala kita berfoto bisa pula membelakangi kantor walikota Malang yang sangat indah.

Nah, bicara akses internet Smartfren, kawasan ini sangat menakjubkan dan tergolong super.  Akses unduh smartfren di sini memiliki kecepatan antara 34,6 Mbps hingga 35,9 Mbps, sementara kekuatan uploadnya di angka 4,94 Mbps  hingga 5,12 Mbps.  Angka-angka ini proses pengukurannya menggunakan speedtest.

4G Smartfren cover titik strategis kota Malang

Sementara bila menggunakan aplikasi nPerf kekuatan unduhnya lebih kencang lagi. Speed unduhnya antara 39,14 Mbps hingga 46,01 Mbps, speed upload di angka 5,13 Mbps hingga 5,57 Mbps.  Kekuatan browser nya pun menjanjikan, di angka 61,22% dan 58,49%.  Sedang kekuatan streamingnya di angka 81,10% dan 81,07%.  Skor akhir 63886 nPoints dan 57029 nPoints.

Kesimpulan dari pengujian di tiga titik strategis kota Malang ini, bahwa Smartfren sudah sangat maksimal dalam menebar sinyal 4G nya.  Tidak sekedar ada dan menebar sinyal, namun juga meningkatkan kualitasnya. (sg)

Baca Juga: