Tak hanya 4G, 4G+ Smartfren pun selimuti Batu

09:03:00 | 12 May 2019
Tak hanya 4G, 4G+ Smartfren pun selimuti Batu
Alun-alun Batu (dok)

BATU (IndoTelko) – Usai berkeliling kota Malang, tim IndoTelko bergeser menuju kota Batu yang terkenal dengan destinasi wisata nya.

Kota Batu setiap akhir pekan menjadi destinasi favorit wisatawan baik lokal maupun mancanegara untuk melepas lelah dan refreshing. Udara yang dingin, pemandangan yang indah, dan perkebunan buah apelnya, menjadi salah satu nilai lebih dari Batu.

Akses telekomunikasi pun menjadi sangat penting bagi masyarakat Batu dan wisatawan.  Pasalnya wisatawan dan pengunjung yang datang ke kota ini tentunya mengharapkan akses telekomunikasi khususnya akses internet dengan layanan prima.  Tak hanya destinasi wisata, kawasan penting dan strategis pun juga butuh akses data yang mumpuni dan joss.

Tim  IndoTelko memantau sekaligus menguji kekuatan jaringan internet Smartfren di kawasan Batu.  Dimulai sejak perjalanan dari kota Malang, hingga menuju alun-alun kota Batu.

 

Tak hanya 4G, 4G+ Smartfren pun selimuti Batu

Sepanjang perjalanan dari Malang hingga sampai di alun-alun Kota Batu, sinyal Smartfren selalu 4G bahkan hampir sebagian dari jalan yang dilewati mengindikasikan 4G+.  Indikator warna dari mesin uji nPerf yang kami gunakan terlihat silih berganti antara warna Orange (4G) dan merah (4G+).

Kecepatan akses internetnya pun tergolong cepat.  Seperti hasil uji di kawasan alun-alun Batu.  Kawasan yang dikenal juga sebagai titik keramaian di Batu, juga sebagai destinasi wisata.  Hasil uji dengan mesin uji Speedtest menunjukkan dua hasil terbaik untuk kekuatan unduh Smartfren adalah 24,8 Mbps dan 37 Mbps. Pun kekuatan uploadnya tak bisa dianggap remeh.  Kecepatan uploadnya sebesar 9,75 Mbps dan 11,4 Mbps.  Angka tersebut akan memudahkan para wisawatan yang usai berselfie ria untuk langsung mengpload dokumentasinya ke sosial media.

Tak hanya 4G, 4G+ Smartfren pun selimuti Batu

Bergerak naik ke atas kota Batu, kami singgah di kantor Walikota Batu.Kantor Walikota baru ini diberi nama Among Tani, artinya adalah membina, mendampingi atau bersahabat dengan petani.  Harapannya balai kota ini dapat menjadi sahabat petani atau warga umumnya, seperti rumah sendiri, sehingga masyarakat dapat merasa nyaman dan memberi peran optimal bagi pembangunan kota Batu.

Di sini bukan sekedar kantor, namun juga sebagai destinasi wisata.  Banyak spot-spot keren di kantor walikota ini yang bisa dijadikan sebagai objek foto.  Di bagian dalam halaman kantor terdapat area tempat duduk-duduk dan leyeh-leyeh bagi masyarakat dan wisatawan.  Di bagian depan, luar area kantor ada air mancur dan lampu-lampu di malam hari.

Kekuatan speed data Smartfren di sini tergolong sangat baik bahkan super.  Komitmen Smartfren dalam menyuguhkan layanan berkualitas dibuktikan kala kami menguji speed unduh dan uploadnya.

 

Tak hanya 4G, 4G+ Smartfren pun selimuti Batu

Dua aplikasi Speedtest dan nPerf menjadi bukti kekuatan Smartfren di kawasan kantor walikota batu.  Kekuatan unduh dari dua hasil terbaik menunjukkan kecepatan antara 21,7 Mbps hingga 39,3 Mbps.  Sementara kecepatan uploadnya juga bisa diandalkan di angka 7,98 Mbps dan 5,63 Mbps.

Pengujian dengan nPerf juga menunjukkan hasil yang baik.  Kecepatan unduhnya menunjukkan angka 21,24 Mbps dan 27,10 Mbps.  Sedangkan kekuatan upload di angka 6,10 Mbps dan 7,64 Mbps.  Pun untuk akses video streamingnya cukup bisa diandalkan.  Kekuatan streamingnya di prosentase 85,99% dan 87,49%.  Sementara skor akhir di angka 53818 nPoints dan 44627 nPoints.

Tak hanya 4G, 4G+ Smartfren pun selimuti Batu

Secara keseluruhan bisa disimpulkan bahwa akses dan jaringan Smartfren sejak dari kota Malang hingga kawasan alun-alun Batu, dan memasuki kantor walikota Batu sangat baik.  Sinyal 4G dan 4G+ saling berganti untuk mendukung layanan terbaiknya.  (sg)

 

Baca Juga: