Network Drive Test

Menyusuri Jalan Kaliurang dengan Smartfren 4G

08:58:00 | 28 Sep 2018
Menyusuri Jalan Kaliurang dengan Smartfren 4G
Jogja Bay (dok)

YOGYAKARTA (IndoTelko) – Pengujian di kawasan Kota Yogyakarta kami lakukan tak semata di kawasan strategis denyut nadi kota Gudeg ini. 

Tim IndoTelko pun menyusuri kawasan wisata Yogyakarta yang selalu menjadi target wisatawan baik lokal maupun mancanegara.  Prambanan, Alun-alun Kidul/Taman Sari, Kaliurang, dan Jogja Bay adalah 4 titik yang jadi target kami sebagai titik uji.

Pengujian akses data di destinasi wisata kota Yogya ini kami lakukan dalam 2 hari, Rabu-Kamis, 29-30 Agustus 2018.  Dan kami pun berkesempatan melakukan uji kestabilan sinyal di kawasan Kaliurang hingga masuk ke kota Yogyakarta.   

Senjata uji

Seperti di lokasi sebelumnya, proses uji di Yogya ini kami lanjutkan dengan menggunakan dua paket data yang ditawarkan Smartfren.  Tentunya paket data yang tergolong murah dan unlimited. Baru-baru ini pun Smartfren kembali memanjakan pelanggan dan calon pelanggannya dengan menawarkan paket data unlimited. (baca : Super 4G Unlimited ala Smartfren) .

Berbekal dua layanan paket data dari Smartfren, kami mulai menyusuri kota Solo. Paket pertama menggunakan iPhone 6 Plus dengan berlangganan paket data unlimited termurahnya, Rp. 65 ribuan per bulan. Paket unlimited ini memberikan benefit antara lain unlimited internet 24 jam, telepon sepuasnya ke smartfren, kecepatan full 4G sebesar 1Gb per hari.  

Perangkat koneksi selanjutnya adalah modem.  Modem tipe Mi Fi M5 dengan paket Smartplan jadi pilihan kedua untuk pengujian kekuatan jaringan Smartfren di kota ini.

Hasil

Pada pengujian di hari pertama, dua destinasi yang jadi target kami adalah Alun-Alun Kidul & Taman Sari dan Prambanan.   

Pengujian di alun-alun Kidul ini kami lakukan pada pukul 13.18 Wib.  Aplikasi uji yang kami gunakan adalah SpeedTest dan nPerf.  

Menyusuri Jalan Kaliurang dengan Smartfren 4G

Hasil uji aplikasi SpeedTest menunjukkan kekuatan unduh Smartfren mencapai kekuatan 32,4 Mbps, upload 2,56, dan ping 8,8 ms.  Dalam proses ini pun kami sempat melakukan pemutaran video di Youtube, hasilnya tidak ada jeda atau bufering kala memutar video di ponsel yang kami gunakan.

Sedangkan kecepatan unduh data dengan nPerf menunjukkan angka 33,7 Mbps, upload 3,24 Mbps, dan ping 40 ms.  Skor akhir pengujian mencapai 59389 nPoints.

Menyusuri Jalan Kaliurang dengan Smartfren 4G

Bergeser ke kawasan Candi Prambanan.  Di kawasan perbatasan Kota Klaten dan Kota Yogyakarta ini, kami menggunakan aplikasi uji SpeedTest dan Sensorly.  Pengujian di sini kami lakukan pada pukul 15.50 Wib.  Hasil pengujian dengan dua aplikasi ini tak jauh berbeda

Kekuatan unduh SpeedTest dan Sensorly tercatat sebesar 11,5 Mbps dan 9,2 Mbps.  Sedangkan daya uploadnya di angka 5,60 Mbps dan 10,0 Mbps dengan masing-masing ping mencapai angka 10 ms dan 88 ms.

Menyusuri Jalan Kaliurang dengan Smartfren 4G

Pada hari kedua, Kamis/30 Agustus 2018, kami bergeser ke kawasan wisata Kaliurang dan Jogja Bay.  Kedua destinasi wisata ini merupakan wilayah wisata favorit para wisatawan baik lokal maupun mancanegara.  

Kaliurang menjadi destinasi pertama di hari kedua yang kami kunjungi. Destinasi ini merupakan titik wisata pilihan bagi masyarakat Yogya maupun luar yogya.

Orang mengenal wisata kaliurang sebagai wisata Gunung Merapi. Jalan Kaliurang alias Jakal orang menyebutnya.

Untuk mencapai puncak atau titik nol KM yang berakhir di Taman kaliurang, para wisatawan mesti menyusuri jalan raya sepanjang 30 km. 

Kami juga menyempatkan menguji kestabilan sinyal Smartfren dalam kendaraan dari titik nol kilometer Jalan Kaliurang hingga sampai ke kota Yogyakarta.  

Menyusuri Jalan Kaliurang dengan Smartfren 4G

Di Taman Kaliurang, kami melakukan uji kecepatan Smartfren dengan aplikasi SpeedTest dan nPerf.  Hasilnya sangat memuaskan.  Kekuatan unduh dengan SpeedTest mencapai angka 37,3 Mbps, upload 20,3 Mbps, dan ping 9,1 ms

Sementara pengukuran dengan nPerf menunjukkan angka unduh 27,7 Mbps, upload  21,0 Mbps, ping 30 ms, dan skor akhir di angka 78045 points.

Menyusuri Jalan Kaliurang dengan Smartfren 4G

Setelah berada di kawasan Kaliurang, kami menuju kawasan waterbom terbesar di Yogya.  Jogja bay namanya.  Jaringan Smartfren di kawasan wisata air ini lebih memuaskan dibanding Kaliurang.

Di Jogja Bay ini kami menggunaan SpeedTest dan Sensorly sebagai mesin uji.  Berikut hasil pengukuran dua aplikasi di kawasan Jogja Bay : 

Menyusuri Jalan Kaliurang dengan Smartfren 4G

SpeedTest :

Unduh berkecepatan 50,3 Mbps 

Upload 3,51 Mbps 

Ping 5,8 ms

Sensorly :

Unduh 42,0 Mbps 

Upload 7,8 Mbps 

Ping 149 ms

Kesimpulan yang bisa diambil dalam proses uji jaringan kali ini adalah bahwa Coverage 4G Smartfren dan juga 4G+ nya sudah menyelimuti kawasan Kaliurang dan sekitarnya.  Jaringannya pun sangat stabil kala kami uji di atas kendaraan menuju kota Yogyakarta. (sg)

 

Baca Juga:
More Stories