Smartfren tebar sinyal 4G sepanjang Batu hingga Bromo

09:01:00 | 13 May 2019
Smartfren tebar sinyal 4G sepanjang Batu hingga Bromo
Wisata Bromo (dok)

MALANG (IndoTelko) – Bicara destinasi wisata di kawasan Malang dan sekitarnya, kita tak akan lepas dari kawasan Batu dan Bromo.  Dua destinasi wisata ini adalah titik wisata idaman para wisatawan.

Keindahan dan suasana kota Batu yang menyuguhkan udara dingin, kawah Bromo yang menakjubkan, membuat setiap wisatawan kepincut untuk berkunjung.

Di Batu misalnya, selain wisata kuliner, juga banyak destinasi wisata yang sangat menarik yang sayang untuk di lewatkan.  Kebun kelinci dengan aneka rumah hobbits nya, aneka waterbum seperti Batu Wonderland resort, dan juga museum angkut.  

Infrastruktur menuju destinasi wisata tersebut pun sangat baik.  Akses jalan menuju lokasi beraspal halus, warung-warung jajajan dan kuliner tinggal pilih, tempat pengisian bahan bakar yang mudah dijumpai, dan tentunya akses telekomunikasi.

Poin terakhir ini sangat penting dan vital di setiap destinasi wisata.  Pasalnya, setiap wisatawan tentunya ingin segera mengupload dan mempublish hasil-hasil foto dan dokumentasinya kala berkunjung ke sini.  Pamer keindahan spot-spot wisata sepertinya sudah jadi hal yang wajib di lakukan.

Dukungan akses telekomunikasi khususnya data sangat penting di setoap destinasi wisata.  Bak sayur tanpa garam apabila sebuah destinasi wisata tanpa ada akses internet setidaknya dari layanan seluler operator. Kebutuhan ini dipenuhi oleh Smartfren dengan sinyalnya yang 4G dan 4G+.

Wisata Batu

Kawasan wisata Batu bisa dibilang sudah dicover akses internet mumpuni oleh Smartfren.  Seperti di kawasan Kebun kelinci.  Tempat ini sebenarnya memiliki nama asli sebagai Plaza Garden Wisata Edukasi Rabbit Field. Lokasinya cukup strategis dan memiliki keindahan dan keunikan tersendiri.

Sama seperti namanya.  Di Taman Kelinci ini kita bisa bertemu dan berinteraksi langsung dengan para kelinci yang memenuhi area ini.  Ada juga beberapa miniatur dunia seperti gedung-gedung ternama, dan juga menyajikan area yang sangat mirip dengan film The Hobbits.  Kita bisa berselfie dan swa foto di sini.

Smartfren tebar sinyal 4G sepanjang Batu hingga Bromo

Kekuatan internet Smartfren di sini tergolong mapan. Speed unduhnya mancapai angka 25 Mbps dan speed uploadnya di kisaran 19 hingga 21 Mbps.  Pengukuran kecepatan ini menggunakan speedtest.  Pun latency atau ping nya hanya di angka 49 dan 44 ms.

Smartfren tebar sinyal 4G sepanjang Batu hingga Bromo

Diukur dengan nPerf pun tak jauh beda.  Kekuatan unduh Smartfren masih di atas angka 20 an Mbps, tepatnya di 21,13 Mbps dan 23,36 Mbps.  Uploadnya di kisaran angka 15,61 hingga 19,42 Mbps.  Latency nya pun hanya di angka 35 ms.  Skor akhir dari hasil pengujian ini adalah 65158 nPoints dan 62805 nPoints.

Destinasi lainnya yang kami kunjungi adalah Batu wonderland resort.  Selain hotel/resort, destinasi ini juga menyediakan waterboom dan tempat hiburan bagi keluarga.  Berbagai spot menarik untuk berswa foto di sediakan.

Letaknya pun di jalan utama kota Batu, akses dari Malang hingga alun-alun Batu. Tentu saja urusan jalur telekomunikasi sangat wahid di sini.  Sinyal 4G dan 4G+ Smartfren bersaing unjuk kekuatan di area ini.  Dari pantauan coverage area, sinyal 4G dan 4G+ saling mengisi di kawasan Batu ini.

Smartfren tebar sinyal 4G sepanjang Batu hingga Bromo

Speed unduh data Smartfren di kawasan ini masih di atas angka 17,9 Mbps sampai 19,6 Mbps.  Pengujian ini menggunakan aplikasi speedtest.  Sedang kala menggunakan nPerf, hasil unduhnya ada di angka 10,32 Mbps dengan skor akhir 34812 nPoints.

Nah, satu lagi destinasi favorit di Batu, Moseum Angkut.  Belum berkunjung ke sini, berarti Anda belum pernah ke Batu.  Hal ini sudah jadi hukum tak tertulis bagi para wisatawan.  Setidaknya berswa foto di sekitaran area Moseum Angkut ini sudah jadi hal yang istimewa.  Pasalnya di luar nya pun banyak spot-spot foto yang bisa dijumpai.

Smartfren tebar sinyal 4G sepanjang Batu hingga Bromo

Destinasi wisata ini merupakan museum transportasi dan tempat wisata modern yang terletak sekitar 20 km dari Kota Malang. Museum ini memiliki lebih dari 300 koleksi jenis angkutan tradisional hingga modern.  Di dalamnya terbagi dalam beberapa zona yang didekorasi dengan setting landscape model bangunan dari benua Asia, Eropa hingga Amerika.

Salah satu koleksi terbarunya adalah Mobil listrik Tucuxi milik mantan menteri Dahlan Iskan yang sebelumnya pernah mengalami kecelakaan di sebuah lereng gunung di Magetan saat baru diujicobakan.  Juga terdapat wahana Flight Simulator yang terletak di lantai 3 gedung museum.

Smartfren tebar sinyal 4G sepanjang Batu hingga Bromo

Urusan koneksi internet di sini, tak perlu khawatir.  Akses internet Smartfren di sini sangat trengginas.  Dua mesin uji yang kami gunakan menghasilkan akses kecepatan unduh yang sangat maksimal bahkan tergolong super.

Pengujian dengan Speedtest beberapa kali yang kami lakukan, mendapatkan dua hasil terbaik.  Speed unduhnya menghasilkan angka 33,6 Mbps dan 48,4 Mbps.  Sedangkan uploadnya di 9,20 Mbps dan 8,29 Mbps.

Pengujian dengan nPerf lebih besar lagi.  Dua hasil uji menunjukkan angka 43,61 Mbps dan 40,82 Mbps.  Demikian pula kekuatan uploadnya, ada di angka 14,15Mbps dan 11,62 Mbps., dengan Skor akhir 54483 nPoints dan 59625 npoints.

Bromo

Ingin berwisata di tempat yang lebih dingin nan indah lainnya?, kita bisa berkunjung ke Bromo.  Bukan hanya kawah Bromo yang jadi spot foto, berbagai titik lainnya yang super indah layak dikunjungi.

Wisata dengan kendaraan Jeep yang bisa di sewa, naik kuda di pasar berbisik, berkunjung ke Pura di kaki Bromo, dan lain sebagainya.

Untuk mencapai Bromo, kita diwajibkan menyewa kendaraan Jeep yang tersedia. Hal ini mengingat jalur yang hanya memungkinkan dicapai dengan Jeep, tidak bisa dengan kendaraan mini bus biasa.

Smartfren tebar sinyal 4G sepanjang Batu hingga Bromo

Biasanya di kawasan pegunungan, akses telekomunikasi kurang begitu baik bahkan blank spot.  Namun di Bromo, justru kekuatan internet khususnya milik Smartfren sangat moncer.  Speed unduh dan speed upload terbukti merata.  Wisatawan akan dengan mudah mengunduh maupun mengupload hasil foto dan video ke sosial media, facebook, Instagram, hingga youtube sekalipun, tidak ada kendala, ngacir sengacir-ngacirnya.

Kami membuktikan kekuatan Smartfren dengan aplikasi uji speedtest.  Hasil kecepatan unduh dua teratas adalah 41,3 Mbps dan 46,6 Mbps.  Sedangkan kekuatan upload nya di angka 27,7 Mbps dan 29 Mbps.

Juga hasil uji dengan nPerf.  Pengunduhan dengan nPerf menghasilkan kekuatan 42,73 Mbps dan 45,61 Mbps.  Dan kekuatan uploadnya di angka 33,78 Mbps dan 31,43 Mbps, dengan masing-masing latency 37 ms dan 29 ms.  Kekuatan streamingnya pun tidak perlu diragukan lagi, akses streaming di sini berkekuatan 89,48% dan 88,88%.  Kesimpulan pengujian dengan nPerf menghasilkan skor akhir 78210 nPoints dan 83697 npoints.

Smartfren tebar sinyal 4G sepanjang Batu hingga Bromo

Dari beberapa hasil uji kekuatan jaringan di destinasi wisata Batu dan Bromo terbukti bahwa Smartfren sangat serius mendukung sektor pariwisata.  Target kunjungan wisman sebanyak 19 juta oleh kemenpar, akan bisa dicapai apabila destinasi tersebut sudah dilengkapi berbagai infrastruktur, termasuk akses internet.  (sg)

 

Baca Juga: