Tes Jaringan Destinasi Wisata Tegal

Smartfren 4G selimuti Taman Guci

10:27:00 | 18 Sep 2018
Smartfren 4G selimuti Taman Guci
Proses uji jaringan di Rita Park (dok)

TEGAL (IndoTelko) – Keunggulan jaringan 4G Smartfren kembali teruji di kawasan destinasi wisata kota Brebes, Tegal, dan sekitarnya. Kalau di kawasan pusat kota dan titik-titik strategis Smartfren sudah teruji, bagaimana di destsinasi wisata?

Setelah seharian penuh Tim IndoTelko menguji ketangguhan operator yang menyuguhkan layanan paket data unlimited termurah ini, di hari kedua kami berada di kota Tegal, perjalanan dilanjutkan menuju destinasi wisata. (baca : tangguhnya Smartfren di kota Tegal)

Ada empat target destinasi wisata yang kami kunjungi.  Tiga di antaranya berada di tengah kota, dan satu lainnya di pinggiran kota bahkan hingga luar kota Kabupaten Tegal.

Berbekal dua layanan paket data dari Smartfren.  Yang pertama menggunakan iPhone 6 Plus dengan berlangganan paket data unlimited termurahnya, Rp. 65 ribuan per bulan. Paket unlimited ini memberikan benefit antara lain unlimited internet 24 jam, telepon sepuasnya ke smartfren, kecepatan full 4G sebesar 1Gb per hari.  

Perangkat koneksi selanjutnya adalah modem.  Modem tipe Mi Fi M5 dengan paket Smartplan jadi pilihan kedua untuk pengujian kekuatan jaringan Smartfren di kota ini.

Smartfren 4G selimuti Taman Guci

Pantai Alam Indah dan Monumen Bahari 

Perjalanan kami mulai dari Hotel tempat kami bermalam di kawasan Jalan Gajah Mada kota Tegal pada hari Sabtu, 25 Agustus 2018 pukul 09.10 Wib.  

Destinasi pertama yang kami tuju adalah Pantai Alam Indah. Di pantai ini jiuga tersedia satu destinasi wisata lainnya yang tak kalah menarik. Wisata sejarah Monumen Bahari. Letaknya persis di pintu masuk pantai ini.

Jarak pantai ini dari penginapan adalah 2,2 Km yang membutuhkan jarak tempuh sekitar 6 menit dengan catatan perjalanan lancar.  

Selama perjalanan menuju lokasi ini, jalur yang kami lewati sudah tercover 4G bahkan 4G plus Smartfren.  Terlihat dari aplikasi nPerf yang kami gunakan.  Warna merah dan orange terus terlihat pada jalur-jalur yang kami lalui.

Bisa dikatakan jaringan internet di kawasan ini stabil dan mapan.  Pun hasil pengujian jaringannya sangat memuaskan.

Menggunakan aplikasi Speedtest, Sensorly, dan Nperf, hasil ujinya menunjukkan kekuatan unduh Smartfren berada di atas rata-rata. Secara berurutan kekuatan unduhnya sebesar 18,9 Mbps, 19,33 Mbps, dan 31,05 mbps.  Waktu pengujian adalah pada pukul 09.43 Wib.

Smartfren 4G selimuti Taman Guci

Taman Poci dan Rita Park

Setelah sempat menikmati keindahan Pantai Alam Indah, kami langsung menuju destinasi kedua.  Titik destinasi ini adalah taman Poci.  Berada di Jalan Kolonel Sudiarto, Panggung, Tegal Timur.  Berjarak 2,4 Km dari Pantai Alam Indah dan membutuhkan waktu 8 menit.  

Kami berada di lokasi ini pada pukul 11.00 Wib.  Di taman Poci kami hanya menggunakan dua aplikasi uji yakni Speedtest dan Sensorly.  

Hasil uji di sini pun tidak mengecewakan.  Akses unduh Smartfren di kawasan ini masih tergolong stabil dan baik.  Kekuatan unduh dua aplikasi uji yang kami gunakan menunjukkan angka 8,48 Mbps dan 15,1 Mbps.  Sementara kekuatan uploadnya di angka 3,72 Mbps dan 4,8 Mbps.

Tak lama berada di Taman Poci.  Kami bergeser menuju Rita Park.  Ini adalah destinasi wisata andalan kota Tegal.  Kawasan yang mirip dengan Dunia Fantasi Ancol ini berada persis di belakang Rita Mall.  

Smartfren 4G selimuti Taman Guci

Berada di Jl. Kolonel Sugiono Tegal Barat, Rita Park menyuguhkan berbagai atraksi dan hiburan.  Kami membutuhkan waktu 10 menit menuju ke lokasi ini dari Taman Poci.  Jarak tempuhnya sekitar 3,7 km.

Sesampai di Rita Park, kami langsung menggelar proses uji. Pengujian di kawasan ini kami lakukan usai makan siang dan ngaso.  Pukul 12.55 Wib, pengujian kami mulai.

Sama seperti di Taman Poci, pengujian di Rita Park juga menggunakan dua aplikasi Speedtest dan Sensorly.  Hasilnya cukup baik.  Meski masih di bawah kekuatan akses data kala kami di Taman Poci.  Namun tetap berada di atas rata-rata.

Kekuatan unduh nya menunjukkan 6,04 Mbps dan 8,9 Mbps. Sedangkan kecepatan uploadnya di angka tertinggi 5,56 Mbps dan 2,4 Mbps dengan masing-masing ping sebesar 62 ms dan 177 ms.

Smartfren 4G selimuti Taman Guci

Taman Wisata Guci (Curug Jedor)

Usai menguji kekuatan di tiga lokasi wisata di kota Tegal, kami bergegas menuju kawasan puncaknya Tegal.  Kami membayangkan udara dingin yang menusuk kala berada di lokasi ini berdasarkan cerita wisatawan yang sudah berkunjung ke sana.

Adalah Taman Wisata Guci.  Destinasi wisata ini boleh dibilang sebagai puncaknya Tegal. Kawasan wisata yang ternyata memang berudara dingin ini adalah kawasan hutan lindung.  

Di sini pula terletak berbagai air terjun alias curug yang sangat Indah.  Kami menjatuhkan pilihan ke Curug Jedor sebagai destinasi akhir untuk melakukan pengujian.

Awalnya kami ragu dan tidak yakin akses jaringan Smartfren khususnya layanan 4G nya bisa sampai di sini.  Bayangkan, jarak antara Rita Park ke kawasan ini adalah 48 km lebih. Kami pun membutuhkan waktu sekitar 2 jam lebih untuk mencapai lokasi.  

Jalan yang menanjak dan melewati bukit di kelilingi pohon-pohon besar yang lebih tepatnya disebut sebagai hutan, hal yang wajar bila kami meragukan Smartfren bisa sampai di sana.

Setiba di lokasi, tepatnya di gapura Taman Wisata Guci, kami pun mendapat kejutan.  Jaringan Smartfren manteng dengan gagahnya.  Sinyal yang kami peroleh sangat sempurna, full bar dengan indikator 4G.

Menurut Sarmin, salah seorang pengelola kawasan wisata ini, jaringan Smartfren sangat baik di sini.  Sarmin pun bercerita bahwa tidak sedikit pengelola dan karyawan penginapan di kawasan wisata ini yang menggunakan Smartfren.

“Teman-teman saya banyak yang pakai Smartfren.  Menurut mereka jaringannya gak pernah drop,” kata Sarmin yang justru menggunakan jaringan operator lain yang tak kalah bersinyal kencang layaknya Smartfren.

Rasa penasaran akan jaringan Smartfren di Kawasan Wisata Guci ini membuat kami bergegas melakukan pengujian.  Tepat pukul 16.00 Wib kami mulai menggelar proses uji.  Dan untuk mendapatkan hasil sempurna, kami melakukan pengujian langsung dengan 3 aplikasi uji.  Speedtest, Sensorly, dan nPerf.

Berikut hasil uji ketiganya secara berurutan kami mulai dari kekuatan unduh.  Speedtest berkekuatan unduh 17,3 Mbps, Sensorly 34,2 Mbps, dan nPerf  34,5 Mbps.

Dilanjutkan dengan kekuatan uploadnya yang terdiri dari 20 Mbps, 16,9 Mbps, dan 15,4 Mbps dengan masing-masing ping 66 ms, 116 ms, dan 68 ms.

Smartfren 4G selimuti Taman Guci

Stabil dan konsisten

Dari hasil pengujian di empat lokasi wisata di kawasan Brebes, Tegal dan sekitaranya, kami bisa menarik kesimpulan bahwa Smartfren sangat bisa di andalkan di kawasan ini.

Jaringan yang stabil dan konsisten di jaringan 4G tanpa ada switching ke 3G dan 3,5 G sebagaimana operator lain, menjadi andalan operator ini selain paket data yang murah. (baca : Paket data unlimited murah)

Coverage area hingga ke pelosok Tegal membuat kami pun tak ragu merekomendasikan operator ini untuk digunakan khususnya akses datanya. Beberapa pilihan perangkat dan layanan paket data memudahkan penggunanya dalam memanfaatkan budget yang lebih ekonomis. Ada paket smartphone unlimitted atau Smartplan lewat modemnya.  Selamat berselancar (sg)

Ini kekuatan jaringan Smartfren di 4 Destinasi Wisata Tegal, Brebes, dan sekitarnya

 

Baca Juga: