Network Drive Test Jawa Tengah

Smartfren dukung destinasi wisata digital di Magelang

13:07:00 | 29 Sep 2018
Smartfren dukung destinasi wisata digital di Magelang
Alun-alun Magelang (dok)

MAGELANG (IndoTelko) – Kota Magelang menjadi salah satu destinasi wisata yang layak dikunjungi oleh wisatawan.  Selain keberadaan Candi Borobudur dan beberapa candi lainnya, ternyata di Magelang pun ada beberapa destinasi yang tak kalah menarik.

Wisatawan bisa melepas kepenatan, kumpul bersama keluarga, dan ber swa foto untuk meng-uploadnya ke jejaring sosial sebagai bentuk eksistensi.

Konsep destinasi digital pun kini dicanangkan oleh kementerian pariwisata dalam dua tahun terakhir ini.  Hal ini dilakukan untuk mengembangkan sektor pariwisata dan mendongkrak target kunjungan wisatawan mancanegara.

Dukungan berbagai pihak dalam pengembangan sektor pariwisata sangat diharapkan. Selain infratsruktur menuju lokasi wisata, jaringan telekomunikasi khususnya akses internet menjadi hal yang tak terpisahkan.    

Smartfren menjadi salah satu operator yang konsisten mendukung sektor pariwisata. Di berbagai destinasi wisata, jaringan operator satu ini sudah teruji.  Sebagaimana yang sudah Tim Uji IndoTelko lihat dan rasakan  secara langsung.

Kali ini giliran kota Magelang yang menjadi destinasi uji jaringan.   Kawasan yang kami tuju bukanlah hanya sebatas destinasi wisata, tapi juga titik-titik strategis yang kerap dikunjungi masyarakat.

Ada empat titik wisata selama kami d Magelang yang sempat kami uji akses internetnya.  Alun-alun kota Magelang, kawasan Pecinan, Taman Kyai Langgeng, dan Borobudur.

Bicara biaya paket data, Smartfren pun menawarkan paket data yang tergolong murah dan beragam.  Baru-baru ini pun Smartfren kembali memanjakan pelanggan dan calon pelanggannya dengan menawarkan paket data unlimited. (baca : Super 4G Unlimited ala Smartfren) .

Penasaran dengan kekuatan akses data operator ini di lima titik wisata yang kami kunjungi, kami pun melakukan pengukuran kecepatannya.  

Berbekal dua layanan paket data dari Smartfren.  Yang pertama menggunakan iPhone 6 Plus dengan berlangganan paket data unlimited termurahnya, Rp. 65 ribuan per bulan. Paket unlimited ini memberikan benefit antara lain unlimited internet 24 jam, telepon sepuasnya ke smartfren, kecepatan full 4G sebesar 1Gb per hari.  

Perangkat koneksi selanjutnya adalah modem.  Modem tipe Mi Fi M5 dengan paket Smartplan jadi pilihan kedua untuk pengujian kekuatan jaringan Smartfren di kota ini.

Yogya to Magelang

Dari kota Yogyakarta, kami langsung menuju kota Magelang.  Titik awal tujuan kami adalah Alun-alun Kota Magelang yang katanya pada malam hari menjadi salah satu destinasi wisata kuliner bagi masyarakat kota Magelang.

Di titik ini kami langsung menggelar perangkat uji akses data.  Dua aplikasi uji kami gunakan kala mengukur kecepatan unduh Smartfre.  Adalah SpeedTest dan Sensorly.  Hari Kamis, 30 Agustus 2018 pukul 18.51 Wib kami tiba di Alun-alun.

Smartfren dukung destinasi wisata digital di Magelang

Hasil pengujian di titik ini menunjukkan kekuatan download Smartfren mencapai angka 31 Mbps, upload 2,87 Mbps, dan ping 13 ms dengan aplikasi uji SpeedTest.  

Sedangkan pengujian dengan Sensorly menghasilkan angka kekuatan download nya mencapai angka 11,3 Mbps dan upload 3,8 Mbps dengan ping 176 ms.

Keesokam harinya kami melanjutkan pengujian di kawasan lainnya.  Pilihan jatuh ke kawasan Pecinan yang tak jauh dari kawasan Alun-alun Magelang.  

Dari namanya Pecinan, memang destinasi ini merupakan kampung masyakarat keturunan Tionghoa dengan segala budaya yang ternyata menarik sebagai destinasi wisata.

Pengujian jaringan di Pecinan kami menggunakan aplikasi SpeedTest dan nPerf. Pengujian kami lakukan pada pukul 10.15 Wib.   

Smartfren dukung destinasi wisata digital di Magelang

Hasil uji di kawasan ini sangat mengejutkan.  Angka kekuatan download Smartfren dengan pengukuran aplikasi SpeedTest mencapai 76,5 Mbps, upload 6,25 Mbps, dengan ping 15 ms.  

Pun saat menguji dengan aplikasi nPerf, kecepatan download Smartfren di angka 40,7 Mbps, upload 6,04 Mbps, ping 54 ms, dan skor akhir 62402 nPoints.

Smartfren dukung destinasi wisata digital di Magelang

Kestabilan dan kekuatan akses data Smartfren kembali teruji tangguh di kawasan wisata Taman Kyai Langgeng.  Kawasan wisata keluarga yang menyuguhkan banyak permainan ini menjadi daya tarik wisata baik bagi masyarakat Magelang atau kota terdekat lainnya.

Pengujian di sini menggunakan SpeedTest dan Sensorly.  Hasil uji masing-masing aplikasi untuk kekuatan download SpeedTest mencapai 35,7 Mbps dan 45,5 Mbps.  Kekuatan uploadnya sebesar 4,2 Mbps dan 10,5 Mbps.

Smartfren dukung destinasi wisata digital di Magelang

Sementara di kawasan Borobudur, kami menggunakan mesin uji SpeedTest dan nPerf. Keduanya menunjukkan hasil yang berbeda. Speedtest menunjukkan kekuatan download di angka 18 Mbps, upload 12,4 Mbps, dengan ping 5,2 ms.  Sedangkan aplikasi nPerf menunjukkan kekuatan download di angka 3,34 Mbps, upload 9,15 Mbps, ping 35, dengan skor akhir 19831 nPoints.

Smartfren dukung destinasi wisata digital di Magelang

Secara keseluruhan dari proses pengujian di empat destinasi wisata kota Magelang, bisa ditarik kesimpulkan bahwa akses data Smartfren stabil dan punya kekuatan download yang bisa diandalakan.  Ini menunjukkan bahwa Smartfren memang mendukung sektor parwiisata lewat jaringan internet yang mumpuni (sg)

Baca Juga:
More Stories