Kantor pemerintahan di Bali berselimut 4G Smartfren

09:23:00 | 20 May 2019
Kantor pemerintahan di Bali berselimut 4G Smartfren
Monumen Bajra Sandhi

DENPASAR (IndoTelko) – Kawasan pemerintahan di Propinsi Bali tak luput dari bidikan Smartfren dalam meningkatkan layanannya.  Sinyal 4G dan 4G Plus Smartfren tersebar di beberapa titik kawasan perkantoran pemerintahan Propinsi Bali, Denpasar dan sekitarnya.

Adalah kawasan Lapangan Puputan Renon dan Kantor Gubernur Bali yang merasakan betul moncernya akses data Smartfren.  Dua lokasi ini berada berdekatan. Tepatnya berseberangan satu sama lain.  Keduanya punya peran tersendiri di kota Denpasar ini.

Lapangan Puputan Renon memiliki ciri khas tersendiri, di mana di tengah-tengah lapangan ini berdiri sebuah bangunan yang menjadi ikon kota Denpasar.  Sebuah monumen untuk mengenang perjuangan rakyat Bali dalam mengusir penjajah dari Pulau Dewata.   Adalah Monumen Bajra Sandhi yang artinya genta suci.  Sesuai dengan namanya, monumen ini memiliki arsitektur berbentuk genta.

Di monumen ini terdapat dua buah museum yakni museum perjuangan rakyat Bali dan interaktif art museum Bali atau I AM Bali. Wisatawan akan disajikan diorama tentang kehidupan warga bali dari zaman prasejarah hingga zaman sekarang. Sedangkan di I AM Bali pengunjung akan disajikan gambar interaktif 3D yang sangat unik dan cukup menakjubkan.

Sinyal Smartfren di lapangan Puputan Renon ini sangat baik.  Indikator sinyal yang didapat juga termasuk full bar.  Dan hasil pengujian kekuatan akses data yang kami lakukan pun berjalan baik dan menghasilkan angka kecepatan download di atas rata-rata.  Dari beberapa pengujian, ada dua hasil terbaik yang kami data, dimana angka unduhnya mencapai 20,9 Mbps dan 22,2 Mbps.  Pun kekuatan uploadnya termasuk kategori baik.  Kekuatannya ada di angka 4,51 Mbps dan 5,92 Mbps.

Kantor pemerintahan di Bali berselimut 4G Smartfren

Pengujian dengan aplikasi nPerf juga tak banyak perbedaan dibanding dengan proses uji menggunakan Speedtest. Kecepatan unduh dari dua hasil uji terbaik ada di angka 21,41 Mbps dan 32,13 Mbps.

Tingkat prosentase browser ada di angka 56,59% dan 41,41%, sementara streaming di angka 85,51% dan 86,45%.  Skor akhir keduanya menunjukkan angka 46664 nPoints dan 44400 nPoints.

Kantor pemerintahan di Bali berselimut 4G Smartfren

Tak jauh dari lokasi uji Monumen Bajra Sandhi, terdapat kantor gubernur Bali.  Di sinilah pusat pemerintahan Pemda Bali dijalankan.  Tentu saja akses telekomunikasi dan akses data merupakan kebutuhan sangat vital yang tidak bisa tidak harus tampil sempurna.

Smartfren menjawab kebutuhan itu dengan sinyal 4G nya yang full bar.  Indikator penuhnya daya tangkap sinyal bisa dilihat di ponsel yang digunakan.  Dan peran serta Smartfren dalam menyuguhkan sinyal 4G nya di kawasan ini terekam dalam hasil uji jaringan yang kami lakukan.

Kantor pemerintahan di Bali berselimut 4G Smartfren

Pengujian menggunakan Speedtest menangkap dua hasil terbaik dengan speed unduh 8,63 Mbps dan 8,87 Mbps.  Di mana angka kekuatan uploadnya di angka  3,58 Mbps/2,57 Mbps.

Juga kala menguji dengan aplikasi nPerf.  Hasilnya juga baik dan di atas rata-rata.  Speed unduh nya menghasilkan kecepatan 9,48 Mbps dan 12,61 Mbps.  Sedangkan kekuatan uploadnya di angka 2,42 Mbps dan 6,18 Mbps.  Kekuatan browsernya di angka 43,39% dan 53,53%.  Kecepatan streaming Smartfren di kawasan ini mencapai 83,90% dan 86,20%.  Skor akhirnya di angka 33704 nPoints dan 46553 nPoints.

Kantor pemerintahan di Bali berselimut 4G Smartfren

Dari hasil pengujian jaringan Smartfren di dua titik ini, bisa ditarik kesimpulan bahwa Smartfren sangat serius dalam menyuguhkan layanannya di kawasan pusat perkantoran khususnya pemerintahan Propinsi Bali. (sg)

Baca Juga: