telkomsel halo

Transaksi kendaraan listrik naik di Tokopedia

06:11:22 | 07 Jun 2023
Transaksi kendaraan listrik naik di Tokopedia
JAKARTA (IndoTelko) - Kendaraan listrik makin banyak dijumpai di jalan raya belakangan ini.

“Tokopedia mencatat penjualan kendaraan listrik secara keseluruhan naik signifikan hingga lebih dari 2 kali lipat selama kuartal I 2023 dibandingkan kuartal I 2022,” ungkap Associate Vice President of Category Development Tokopedia, Fransiscus Leo Chandra.

Transaksi motor listrik di Tokopedia meningkat hampir 3 kali lipat selama kuartal I 2023 dibandingkan kuartal I 2022.

Data internal Tokopedia juga memperlihatkan bahwa ECU (Electronic Control Unit) dan kelistrikan mobil atau motor, charger aki mobil dan motor listrik menjadi beberapa produk terkait mobil/motor listrik yang paling laris selama kuartal I 2023.

Medan (Sumatra Utara), Pekanbaru (Riau), Bogor (Jawa Barat), Sleman (D. I. Yogyakarta) dan Badung (Bali) menjadi beberapa wilayah dengan peningkatan jumlah pembeli mobil listrik tertinggi, dengan rata-rata peningkatan sebesar lebih dari 2 kali lipat, selama kuartal I 2023 dibandingkan dengan kuartal I 2022.

“Sedangkan Tangerang (Banten), Malang (Jawa Timur), Palembang (Sumatra Selatan), Badung (Bali) dan Balikpapan (Kalimantan Timur) menjadi beberapa wilayah dengan peningkatan jumlah pembeli motor listrik paling tinggi, dengan rata-rata peningkatan hampir 6,5 kali lipat, selama kuartal I 2023 dibandingkan dengan kuartal I 2022,” tambah Leo.

“Meningkatnya tren penggunaan kendaraan listrik di Indonesia didorong oleh berbagai infrastruktur penunjang, seperti tempat isi ulang daya listrik yang mulai banyak ditemukan di berbagai wilayah di Indonesia, serta berbagai kebijakan yang ramah pengguna kendaraan listrik,” kata Leo.

“Selain itu, makin banyak perusahaan otomotifyang memproduksi kendaraan listrik berteknologi ramah lingkungan dengan harga terjangkausehingga makin banyak pula masyarakat yang mulai beralih ke mobil atau motor listrik,” jelas Leo.

Mewujudkan komitmen pemerintah untuk mengurangi emisi gas rumah kaca sebesar 29% pada 2030 dan emisi nol pada 2060 merupakan tanggung jawab bersama. Tokopedia sebagai bagian dari Grup GoTo, misalnya, ikut mengupayakan ‘Misi Nol Emisi Karbon 2030’. “Tokopedia juga berupaya mempermudah masyarakat yang ingin beralih ke kendaraan listrik lewat kampanye Tokopedia Garage. Masyarakat bisa membeli kendaraan listrik, baik mobil maupun motor, dengan diskon hingga Rp10 juta melalui Tokopedia Garage,” jelas Leo.

“Tokopedia pun menghadirkan Auto Installation Service dimana masyarakat bisa menerima jasa instalasi produk otomotifyang dibeli melalui Tokopediatanpa biaya tambahan,” tambah Leo.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year