telkomsel halo

Tokopedia terapkan inovasi embedded finance

06:05:01 | 02 Jun 2023
Tokopedia terapkan inovasi embedded finance
JAKARTA (IndoTelko) - Literasi dan inklusi keuangan di Indonesia cenderung rendah. Bank Dunia, pada tahun 2021, mengonfirmasi Indonesia memiliki populasi unbanked terbesar ke-empat di dunia. Di sisi lain, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tahun 2022, mencatat indeks inklusi keuangan Indonesia naik menjadi 85,10%, dibandingkan tahun 2019, sebesar 76,19%.

Menurut Senior Vice President of Fintech and Payment Tokopedia Vira Widiyasari, untuk menunjang literasi dan inklusi keuangan Tanah Air agar makin positif, Tokopedia melakukan berbagai upaya. “Salah satunya dengan menerapkan inovasi embedded finance di ekosistem Tokopedia,” ujarnya.

Embedded finance adalah integrasi layanan keuangan, seperti pembayaran, investasi dan asuransi, ke dalam satu aplikasi yang dikelola perusahaan nonfinansialdalam hal ini Tokopediatanpa perlu beralih ke layanan keuangan konvensional sehingga layanan keuangan dapat diakses lebih cepat.

Dijelaskannya, dalam menghadirkan inovasi embedded finance di ekosistem Tokopedia secara aman dan terpercaya. “Kami bekerja sama dengan berbagai mitra strategis, mulai dari perbankan, tekfin, perusahaan asuransi serta insurtech,” katanya.

Tokopedia menghadirkan lebih dari 50 metode pembayaranmulai dari transfer antar bank, kartu kredit, uang elektronik, pay later hingga minimarketyang mempermudah masyarakat bertransaksi online. Misalnya, GoPayLater Cicilyang bersinergi dengan GoTo Financialuntuk membantu pembeli mengubah transaksi belanja menjadi cicilan dengan pilihan satu, tiga, enam atau 12 bulan.

Vira menambahkan, dengan GoPayLater Cicil, masyarakat bisa lebih mudah mendapatkan produk kebutuhan yang sebelumnya sulit dijangkau. “Tokopedia mencatat pada kuartal I 2023, Ponsel dan Tablet, Fesyen Wanita, Komputer dan Laptop, Otomotif serta Elektronik menjadi sejumlah kategori produk yang paling diburu masyarakat menggunakan pay later,” jelasnya.

Sementara, data internal Tokopedia juga menunjukkan bahwa metode pembayaran cashless atau nontunai menjadi yang paling populer selama periode Ramadan 2022, baik melalui GoPayLater Cicil, maupun transfer antar bank, uang elektronik dan kartu kredit.

Tak hanya pay later, ada pula metode pembayaran dengan kartu kredit Tokopedia Card, yang bekerja sama Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan didukung VISA. Melalui Tokopedia Card, pengguna bisa dengan mudah mengakses berbagai fitur, seperti untuk mengaktivasi kartu, mengecek detail transaksi dan riwayat tagihan, serta mengatur penggunaan kartu, hanya lewat aplikasi Tokopedia.

Menurut Vira, data internal Tokopedia mengungkapkan, pengguna yang menggunakan Tokopedia Card meningkat hampir 6 kali lipat selama Maret 2023 dibandingkan bulan pertama diluncurkan. Selain itu, kurang dari satu bulan sejak peluncuran, Tokopedia Card berhasil memberikan kontribusi sekitar 20% dari total penerbitan kartu kredit secara nasional.

Ditambahkannya, pengajuan Tokopedia Card mudah, aman dan sepenuhnya online; hanya membutuhkan KTP. Hal ini dimungkinkan karena proses pengajuannya memanfaatkan Tokoscore. Tokoscore merupakan perusahaan afiliasi Tokopedia (tercatat dan diawasi OJK) penyedia Innovative Credit Scoring (ICS), yang menggunakan data transaksi serta perilaku pengguna di Tokopedia untuk menilai profil risiko calon peminjam (creditworthiness) dari segmen underserved, dengan mengedepankan keamanan dan privasi data pengguna, demi mewujudkan pemerataan akses finansial melalui teknologi.

Selain GoPayLater Cicil dan Tokopedia Card, terdapat puluhan metode pembayaran lainnya, yang bisa dimanfaatkan pengguna Tokopedia untuk bertransaksi online seperti belanja kebutuhan sehari-hari, sesuai preferensi.

Vira menjelaskan, melalui inovasi embedded finance, Tokopedia juga menghadirkan produk investasi, yaitu Tokopedia Reksa Dana dan Tokopedia Emas, guna mendorong lebih banyak masyarakat untuk berinvestasi. “Masyarakat bisa dengan mudah berinvestasi reksa dana atau emas lewat Tokopedia karena dapat dilakukan kapan pun dan di mana pun hanya melalui genggaman tangan,” katanya.

“Berinvestasi reksa dana atau emas lewat Tokopedia juga sangat terjangkau; bisa membeli reksa dana mulai dari Rp10.000, atau emas mulai dari Rp5.000. Selain itu, aman dan terpercaya, karena Tokopedia Reksa Dana bekerja sama dengan Bareksa yang telah terdaftar dan diawasi langsung oleh OJK. Di sisi lain, seluruh transaksi Tokopedia Emasyang bekerja sama dengan Pluangtelah berlisensi dan diawasi oleh BAPPEBTI, dan seluruh transaksi Tabungan Emas Pegadaian lewat Tokopedia sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK,” papar Vira.

Dikatakannya lagi, selain kolaborasi dan inovasi, kunci meningkatkan inklusi dan literasi keuangan di Indonesia adalah edukasi. Hal ini mendorong Tokopedia bersama mitra strategis terus menghadirkan berbagai inisiatif. “Salah satunya, meluncurkan Modul Literasi Keuangan bersama BI dan OJK. Modul yang berisi materi tentang keuangan ini bisa diakses oleh siapa pun dan di mana pun secara gratis,” ujarnya. (mas)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year