telkomsel halo

Blibli gaet BI dan IFC pasarkan produk UMKM dari Jateng

05:27:54 | 14 Apr 2023
Blibli gaet BI dan IFC pasarkan produk UMKM dari Jateng
JAKARTA (IndoTelko) - PT Global Digital Niaga Tbk (Blibli) memanfaatkan momen puncak belanja Lebaran kali ini untuk tingkatkan eksistensi produk lokal di ekosistemnya.

Komitmen tersebut salah satunya diwujudkan melalui peran aktif perseroan dalam mendorong ketersediaan ragam produk UMKM Jawa Tengah (Jateng), yang berdasarkan data KemenKopUKM menjadi provinsi kedua dengan jumlah UMKM terbesar di Indonesia.

Adapun dukungan yang diberikan oleh Blibli adalah sebagai e-commerce partner pada Pameran UMKM Jateng Gayeng 2023, serta Bazar Ramadan & Fashion Show Indonesia Fashion Chamber, yang keduanya digelar di Kota Semarang dengan melibatkan ratusan UMKM dari seluruh Jateng.

“Kami melihat momen Lebaran dan mudik menjadi momen yang tepat untuk tingkatkan eksistensi produk lokal. Apalagi tahun ini menjadi Lebaran pertama tanpa pembatasan, sehingga kami optimis permintaan produk lokal akan meningkat pesat seiring besarnya antusiasme masyarakat berbelanja produk 100% asli Indonesia untuk diri mereka sendiri atau pun berbagi kebahagiaan dengan sesama. Tren meningkatnya permintaan terhadap produk lokal ini sudah kami jumpai di awal Ramadan lalu, dengan ragam produk bertumbuh mencapai 125% dibandingkan tahun sebelumnya,” ujar Vice President Galeri Indonesia Andreas P.

Melansir data Google, angka penjualan di kota-kota mudik, termasuk Semarang, membukukan 10-25% growth pada tahun lalu bila dibandingkan Jakarta yang hanya 3%.

Sementara itu, fesyen menjadi subsektor ekonomi kreatif unggulan di Semarang yang menyumbang sekitar 18% PDB. Fakta inilah yang mendorong Blibli menjadi e-commerce partner untuk memberi kemudahan berbelanja produk UMKM Jateng secara online maupun click & collect di tempat berlangsungnya acara.

Acara Pameran UMKM Gayeng 2023 sendiri berlangsung dari 11-15 April 2023 di Hotel Tentrem Semarang. Dengan mengusung tema Go Green, Sustainable, Digital and Export, acara ini diikuti oleh 100 penjual dan 20 UMKM Lokal, serta turut dimeriahkan oleh berbagai kegiatan lain seperti pelatihan GRI (Global Reporting Initiative), pameran Parcel Jateng dengan Asosiasi Pengusaha Oleh-oleh Jawa Tengah (ASPOO).

Sementara untuk Bazar Ramadan & Fashion Show Indonesia Fashion Chamber juga digelar di lokasi yang sama hingga 27 April 2023, di mana melibatkan 20 Desainer lokal unggulan asal Jateng yang tergabung dalam Indonesian Fashion Chamber Semarang. Acara ini juga dimeriahkan oleh fashion show yang dihadiri Ibu Gubernur Jawa Tengah Siti Atikoh Suprianti dan Ibu Walikota Semarang Ir. Hj. Hevearita Gunaryanti Rahayu, M.Sos., yang mana kehadiran keduanya menjadi simbol dukungan pada desainer lokal untuk tampil menjadi primadona di negeri sendiri.

Adapun untuk transaksi belanja di kedua acara terkait, pengunjung bisa memanfaatkan fitur Click & Collect Blibli untuk memiliki produk incaran langsung di tempat dengan mudah dan cepat, serta didukung opsi pembayaran terlengkap yang pasti aman. Pelanggan Blibli di seluruh Indonesia juga dapat turut membeli produk incaran di kedua pameran secara online lewat laman khusus yang tersedia dan menikmati fitur gratis ongkir, pengiriman cepat, jaminan produk orisinil hingga cashback 100% .

"Berkolaborasi dengan sejumlah pihak, termasuk Pemprov Jateng, BI Jateng, hingga Indonesia Fashion Chamber, kami berharap sinergi ini dapat turut mendukung digitalisasi dan eksistensi produk UMKM Jateng di pasar yang lebih luas. Lewat strategi hyperlocal yang terus kami kembangkan, kami optimis dapat terus mendukung #PejuangLokal Jateng untuk bangkit, berkarya, dan jadi primadona di negeri sendiri,” ujar Vice President Galeri Indonesia Blibli Andreas P.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year