telkomsel halo

Jejak transaksi di Tokopedia selama 2022

12:20:00 | 10 Jan 2023
Jejak transaksi di Tokopedia selama 2022
JAKARTA (IndoTelko)- Sepanjang 2022, animo masyarakat menggunakan aplikasi belanja online Tokopedia masih tinggi.

“Rumah Tangga, Makanan dan Minuman, Kesehatan, Elektronik dan Fesyen menjadi kategori terpopuler. Pengiriman terjauh tercatat dari Lhokseumawe ke Jayapura untuk produk Kopi Gayo,” jelas Head of External Communications Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya.

Tren
Untuk mendukung tumbuh kembang lebih banyak UMKM dan membantu masyarakat memenuhi kebutuhan melalui aplikasi belanja online, Tokopedia terus mengencarkan inisiatif berpendekatan Hyperlocal didukung teknologi geo-tagging, antara lain Dilayani Tokopedia dan Tokopedia NOW!.

Tokopedia mencatat peningkatan transaksi lewat Dilayani Tokopedia sebesar 2,5 kali lipat. Produk seperti popok anak, sembako dan detergen adalah produk paling banyak dibeli lewat Dilayani Tokopedia. “Kami juga melihat penjual yang memanfaatkan layanan pemenuhan pesanan Dilayani Tokopedia mengalami rata-rata peningkatan penjualan lebih dari 5 kali lipat,” tambah Ekhel.

Di sisi lain, beras, telur ayam, mie instan dan roti menjadi produk yang paling laris lewat Tokopedia NOW! (layanan pengiriman produk kebutuhan harian dalam waktu maksimal 2 jam). “Data internal kami mencatat pengguna yang memanfaatkan Tokopedia NOW! meningkat lebih dari 10 kali lipat,”ungkap Ekhel.

Masyarakat juga terus memanfaatkan berbagai produk atau layanan di Tokopedia untuk memenuhi beragam kebutuhan lain, salah satunya membayar pajak. Sepanjang 2022, Penerimaan Negara, PBB dan E-Samsat menjadi jenis pajak yang paling banyak dibayar lewat Tokopedia.

“Kami juga melihat penjualan voucher makanan di Tokopedia meningkat hingga 6,5 kali lipat. Peningkatan signifikan pun terjadi di penjualan tiket event sebesar lebih dari 15 kali lipat,” jelas Ekhel.

Tokopedia menghadirkan inovasiyang sesuai dengan kebutuhan di era social-commerce dimana masyarakat cenderung mencari inspirasi sambil berbelanja atau sebaliknyayaitu kanal streaming video Tokopedia Play. “Pada 2022, kami mencatat transaksi live shopping di Tokopedia Play meningkat hingga 2,5 kali lipat,” kata Ekhel.

Ada pula Tokopedia Affiliate untuk mempermudah siapa pun memperoleh pendapatan dengan cara merekomendasikan produk atau toko di Tokopedia melalui media sosial, serta memberikan nilai tambah pada strategi pemasaran para pegiat usaha. Tokopedia mencatat pengguna Tokopedia Affiliate meningkat lebih dari 11 kali lipat.

Agar semakin meningkatkan pengalaman pengguna saat menggunakan aplikasi belanja online, Tokopedia menghadirkan fitur Dark mode yang membuat tampilan aplikasi lebih nyaman saat digunakan di tempat yang minim cahaya. Tokopedia juga telah meluncurkan fitur Shared Shopping untuk pengguna iOS untuk memudahkan pengguna berbelanja bersama keluarga atau kerabat.

Tak hanya itu, Tokopedia berkolaborasi dengan BRI menghadirkan layanan kartu kredit Tokopedia Card pada Juni 2022. Kemudian pada Agustus 2022, Tokopedia juga menghadirkan layanan berlangganan PLUS by GoTo yang memberikan berbagai keuntungan, seperti bebas ongkir tanpa kuota, diskon spesial dan akses prioritas ke promo-promo terbatas.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom DES
More Stories
Data Center Service Provider of the year
Financial Analysis
Kinerja INTI mulai membaik