telkomsel halo

Tokopedia layani pembayaran PBB

07:44:00 | 02 Jan 2023
Tokopedia layani pembayaran PBB
JAKARTA (IndoTelko) - Tokopedia menghadirkan layanan pembayaran pajak bumi dan bangunan (PBB) online bekerja sama dengan lebih dari 250 pemerintah kabupaten dan kota di Tanah Air.

“Dalam menghadirkan layanan ini, Tokopedia bersinergi dengan pemerintah daerah di ratusan kota dan kabupaten di Indonesia. Kami berharap layanan ini bisa mempermudah masyarakat menunaikan kewajiban perpajakan sekaligus membantu peningkatan penerimaan negara,” ujar Senior Vice President of Sales Operations and Product Tokopedia Rudy Dalimunthe.

Pembayaran PBB melalui fitur di aplikasi Tokopedia tersebut lebih mudah karena tak perlu datang langsung ke kantor bank atau kantor pajak kabupaten/kota setempat. Kehadirannya akan lebih memudahkan ketika misalnya batas waktu pembayaran yang sudah mepet.

Cara membayar PBB Online melalui Tokopedia juga sangat mudah. Pengguna hanya perlu membuka aplikasi Tokopedia dan memilih menu ‘Top Up & Tagihan’ dan ‘Pajak PBB’.

Lalu, pengguna bisa mengisi info daerah, memilih tahun pembayaran PBB, serta memasukkan nomor objek pajak, dan klik ‘Cek Tagihan’. Selanjutnya, rincian tagihan otomatis muncul jika nomor objek pajak yang dimasukkan sudah benar.

Kemudian, pilih metode pembayaran yang diinginkan. Tokopedia menyediakan lebih dari 50 pilihan pembayaran, yakni transfer bank, cicilan, uang elektronik, lewat gerai offline melalui minimarket dan kantor pos terdekat, serta masih banyak lagi.

Rudy juga menyampaikan tren peningkatan transaksi pembayaran pajak melalui fitur PBB Online melalui aplikasi Tokopedia.

“Kami mencatat, transaksi pembayaran PBB Online melalui Tokopedia meningkat hampir 1,5 kali lipat selama Januari hingga Oktober 2022 dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya,” jelasnya.

Wilayah DKI Jakarta, Bandung, Tangerang, Bogor, dan Medan menjadi beberapa wilayah yang mengalami peningkatan pembayaran PBB Online lewat Tokopedia paling tinggi selama satu tahun terakhir.

Tokopedia, perusahaan teknologi Indonesia, memiliki misi mencapai pemerataan ekonomi secara digital. Visi Tokopedia adalah membangun sebuah super ecosystem di mana siapa pun bisa memulai dan menemukan apa pun.

Saat ini, Tokopedia memberdayakan jutaan penjual dan pengguna melalui marketplace dan produk digital, fintech dan pembayaran, logistik dan fulfillment, serta Mitra Tokopedia.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year