telkomsel halo

Moratelindo terapkan solusi transmisi optik dari Nokia

15:12:00 | 27 Okt 2022
Moratelindo terapkan solusi transmisi optik dari Nokia
JAKARTA (IndoTelko) -- Nokia mengumumkan bahwa Moratelindo telah menerapkan solusi transmisi optik untuk meningkatkan kapasitas jaringan menjadi 3 terabyte di Jakarta dan 2 terabyte untuk seluruh wilayah lain di Pulau Jawa, memperluas jaringan hingga 24Tb, yang mencakup lebih dari 52.000 km kabel serat optik di seluruh Indonesia. 

Hasil implementasi telah mulai diterapkan sejak bulan Juni tahun ini, bersamaan dengan interkoneksi lain sebesar 3,2 terabyte ke Singapura yang akan mendorong Moratelindo untuk dapat memberikan peningkatan bandwidth yang lebih baik kepada mitra bisnisnya dengan tetap mempertahankan tarif pelanggan. Jaringan transmisi baru juga akan memungkinkan Moratelindo untuk dapat memonetisasi jaringannya sebagai Network as a Service (NaaS).

Solusi inovatif Nokia akan memungkinkan Moratelindo untuk dapat mengintegrasikan jaringan mereka yang sudah ada dengan modul perangkat versi terbaru, sehingga dapat menghemat pengeluaran CAPEX dan juga akan dapat meningkatkan masa pakai infrastruktur yang terpasang, bahkan akan memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pelanggannya.
 
Didukung oleh teknologi optik koheren generasi kelima, yaitu Nokia Photonic Service Engine V (PSE-V), suatu teknologi jaringan transmisi optik modern yang akan memungkinkan Moratelindo untuk dapat meminimalkan penggunaan ruang sekaligus mampu memenuhi permintaan kapasitas yang terus meningkat. Solusi Nokia juga mencakup penggunaan perangkat 1830 Photonic Service Switch (PSS) untuk membantu Moratelindo memaksimalkan jangkauan dan kapasitas jaringan transmisi optik.

Michael McPhail, Chief Technology Officer di PT Mora Telematika Indonesia, mengatakan: "Nokia adalah pemimpin global dalam teknologi transmisi optik dan solusi PSE-V akan memungkinkan kami untuk dapat meningkatkan optik sebagai bisnis utama perusahaan agar efisien secara biaya dan berkelanjutan. Modernisasi jaringan optik juga akan memungkinkan kami untuk dapat meningkatkan kapasitas per modulnya sambil menurunkan biaya. Peningkatan penting ini akan semakin mempererat kerja sama kami dengan Nokia dan memungkinkan kami untuk dapat menjaga keunggulan bersaing dengan lebih meningkatkan kinerja jaringan." 

"Solusi optik kami adalah yang terdepan dalam industri ini dan akan memungkinkan Moratelindo untuk dapat menggandakan kapasitas tanpa harus menanggung banyak beban tambahan. Moratelindo akan dapat menggunakan perangkat jaringan yang sudah ada terintegrasi dengan modul generasi terbaru sehingga akan dapat memangkas investasi sekaligus meningkatkan pengalaman pelanggan. Solusi Nokia memastikan integrasi yang mulus mulai dari jaringan terestrial sampai dengan jarngan bawah laut sehingga hal ini akan dapat menyederhanakan proses manajemen operasinya," ujar KP Goh, Presiden Direktur Nokia Indonesia.(sar)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year