telkomsel halo

AWS siapkan cloud untuk bantu transformasi digital Indonesia

08:00:00 | 02 Sep 2022
AWS siapkan cloud untuk bantu transformasi digital Indonesia
JAKARTA (IndoTelko)  -- Amazon Web Services (AWS) Indonesia, anak perusahaan Amazon.com, menyoroti penguatan komitmen AWS terhadap sektor publik maupun swasta di Indonesia, serta beberapa pengumuman dan cerita transformasi digital pelanggannya yang paling menarik. 

Penguatan komitmen tersebut merupakan kelanjutan dari investasi yang dilakukan AWS pada Desember 2021 dalam bentuk infrastruktur pusat data AWS Asia Pacific (Jakarta) Region. Melalui infrastruktur ini, semakin banyak organisasi – dari perusahaan besar, badan pemerintah, startup, bahkan hingga UMKM – dapat menggunakan teknologi cloud AWS untuk mendukung perjalanan transformasinya, memberikan layanan yang semakin baik kepada masyarakat, dan memaksimalkan potensi perekonomian digital yang dimiliki Indonesia.

“AWS Asia Pacific (Jakarta) Region yang diluncurkan pada Desember 2021 menguatkan kembali komitmen berkelanjutan kami bahwa #AWSAdaUntukIndonesia. Investasi kami senilai Rp71 triliun tersebut diproyeksikan akan menambah sebanyak Rp155 triliun kepada PDB nasional dan menciptakan 24.700 lapangan pekerjaan setiap tahunnya, untuk 15 tahun ke depan,” tegas Gunawan Susanto, Country Manager, Indonesia, AWS. 

Menurutnya, keberadaan AWS di Indonesia yang semakin ditingkatkan ini akan mendorong semakin banyak organisasi dari beragam sektor untuk mengadopsi secara luas dan komprehensif, baik untuk mempercepat laju inovasi, menurunkan biaya, meningkatkan skala bisnis secara cepat, maupun membangun ketahanan data terhadap berbagai ancaman. AWS juga mengaku sangat antusias menyambut kolaborasi dengan AWS Partner Network serta pelanggan kami untuk membuka potensi ekonomi digital Indonesia dan merealisasikan visi jangka panjang pemerintah, yakni Visi Indonesia Emas 2045.

“Di AWS, kami pun percaya bahwa cloud dapat digunakan oleh semua dan harus bermanfaat bagi semua, termasuk di Indonesia. Menekankan komitmen kami, AWS siap untuk bekerja sama dengan pemerintah dan organisasi untuk menyiapkan angkatan kerja masa depan yang fasih menggunakan cloud melalui program-program seperti Laptops for Builders, Backend Developer Program yang digelar bersama Dicoding, dan AWS re/Start, yang mencerminkan kepercayaan kami terhadap program pelatihan kecakapan yang inklusif. Kami pun menjadikan prinsip keberlanjutan sebagai salah satu fondasi dari operasional dan infrastruktur lokal AWS di Indonesia, dengan tujuan mendukung pelanggan kami untuk membangun solusi-solusi hijau dan ramah lingkungan di cloud, memangkas jejak karbon kami bersama, dan meninggalkan warisan berupa dampak yang positif bagi Indonesia secara keseluruhan,” lanjut Gunawan.

Ditambahkan Conor McNamara, Managing Director, ASEAN, AWS, sebagai salah satu ekonomi digital yang paling dinamis dan cepat bertumbuh di kawasan, AWS melihat Indonesia sebagai pendorong kunci di ASEAN. 

“Investasi kami di Indonesia memberdayakan berbagai industri, termasuk industri yang sarat regulasi, untuk menggunakan cloud guna mendorong transformasinya dan sekaligus mematuhi persyaratan terkait residensi data. Terlebih, kolaborasi kami dengan bisnis dari berbagai ukuran dan skala – dari UMKM di pinggir jalan, perusahaan startup yang baru dirintis, hingga korporasi-korporasi terbesar – akan membangkitkan pertumbuhan ekonomi nasional dan mendukung Indonesia untuk menjadi salah satu ekonomi digital yang terkemuka di kawasan maupun dunia.” (sar)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year