Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
telkomsel halo

Kolom Opini

Ini dia 19 fitur terbaik Dimensity 9000

11:36:00 | 09 Aug 2022
Ini dia 19 fitur terbaik Dimensity 9000
Angkasa Pura 2
Inilah alasan utama mengapa Anda menginginkan MediaTek Dimensity 9000 di dalam ponsel cerdas baru Anda di tahun 2022:

1. Chip ponsel cerdas pertama di dunia untuk kelas 4nm TSMC
MediaTek Dimensity 9000 memimpin industri dengan merangkul produksi TSMC N4 (kelas 4nm) terdepan, yang merupakan proses pembuatan chip tercanggih dan hemat daya yang pernah ada.

2. CPU Cortex-X2 dengan clock lebih dari 3GHz
Menggunakan CPU dengan arsitektur Armv9 terbaru sehingga memberikan kinerja yang tak tertandingi. Chip ini mencakup CPU Arm terkuat yang pernah dirancang, Cortex-X2, yang akan mencapai frekuensi 3,05Ghz terbaik di kelasnya.

3. Cache besar
Di dalam silikon terdapat beberapa cache dalam chip yang menyimpan data penting sedekat mungkin dengan komponen pemrosesan - CPU, GPU, APU – sebisa mungkin, meningkatkan kinerja dan efisiensi daya. Dimensity 9000 memiliki 8MB cache CPU L3 – yang terbesar di kelasnya – yang dapat digunakan oleh 8 CPU; cache GPU membantu mesin grafis Mali-G710 MC10; cache APU tertintegrasi ke dalam desain prosesor AI generasi ke-5 terbaru dan 6MB – lagi-lagi terbesar di antara chip ponsel pintar Android unggulan (flagship) - system level cache (SLC) yang memungkinkan semua prosesor dalam chip digunakan. Uniknya Dimensity 9000, SLC dapat dipartisi sesuai dengan kebutuhan sesaat setiap unit pemrosesan, memungkinkan lebih dari satu unit pemrosesan untuk memanfaatkannya sekaligus.

4. LPDDR5X hingga 7500Mbps
Dengan cara yang sama, MediaTek pertama kali memasarkan LPDDR4X di era Helio 4G, kami juga sebagai perancang chip pertama yang menggunakan standar LPDDR5X terbaru untuk memberikan kecepatan lebih tinggi (7500Mbps LPDDR5X vs 6400Mbps LPDDR5) dan hemat daya hingga 20 persen lebih besar dari LPDDR5. MediaTek bekerja sama dengan Micron – pembuat memori terkemuka dunia – untuk memvalidasi Dimensity 9000 dengan LPDDR5X barunya.

5. Perekaman video kamera 3x sekaligus
Desain HDR-ISP 18-bit yang baru memberi pengguna kesempatan pertama untuk merekam video HDR pada tiga kamera secara bersamaan. Fitur Dimensity 9000 memiliki fitur ISP 9Gpixel/s yang sangat kuat memungkinkan merekam dengan tiga eksposur yang diambil dan digabungkan ke dalam setiap frame video untuk memastikan HDR yang akurat. ISP menangkap 18-bit data per piksel, mencocokkan detail mentah tingkat profesional.

6. Dukungan kampera 320MP pertama di dunia untuk ponsel cerdas
Imagiq 790 mendukung sensor kamera terbesar... ketika diciptakan! Dimensity 9000 ialah chip yang siap untuk masa depan, memungkinkan pembuat perangkat dapat menyandingkannya dengan sensor berukuran hingga 320MP, memungkinkan serangkaian desain ponsel cerdasr yang berbeda da foto yang makin mengesankan.

7. MediaTek APU 590
Prosesor AI generasi kelima kami telah di-upgrade secara menyeluruh yang memaksimalkan efisiensi di setiap tahapan “pipeline” (kerja bersamaan dalam tahapan berbeda di unit pemrosesan). Juga, dirancang secara khusus untuk mencapai kinerja efektif maksimum dalam pengalaman AI di layanan multimedia, gaming, kamera, dan video sosial serta menghasilkan peningkatan efisiensi daya hingga 4X dibandingkan prosesor AI generasi terakhir kami. Keahlian kami dalam video, visual, dan pencitraan (media—begitu namanya) memungkinkan kami memanfaatkan kemitraan antara prosesor AI dan unit pemrosesan lainnya, dalam rangkaian aksi kamera yang makin meningkat dan kini pada grafis 3D.

8. MediaTek HyperEngine 5.0
Di generasi kelima, HyperEngine technologies kami telah mendapatkan upgrade di seluruh manajemen sumber day, jaringan, kualitas gambar, dan mesin respons cepat. Sebagai tambahan penting generasi ini yaitu teknologi pertama AI-enhanced variable rate shading technology (AI-VRS) yang menghadirkan peningkatan performa dan efisiensi dan raytracing SDK pertama di industry yang menggunakan Vulkan untuk Android.

9. Prosesor grafis Arm Mali-G710 MC10 pertama di dunia
Dimensity 9000 adalah chip ponsel cerdas yang menggunakan mesin grafis Mali-G710 – desain GPU Arm terbaru dan paling kuat.

Ini dia 19 fitur terbaik Dimensity 9000

10. Layar 144Hz WQHD+ atau 180Hz FullHD+
Karena chip ini memberikan performa grafis terbaik kami untuk bermain game, perancang ponsel cerdas dapat memasangkannya dengan layar FullHD+ tercepat yang tersedia untuk pengalaman paling imersif dan responsif. Di sisi lain, produsen perangkat bias memilih kecepatan refresh 144Hz yang masih sangat cepat sambil menaikkan resolusi ke WHQD+.

11. MediaTek Intelligent Display Sync 2.0
Ponsel cerdas dengan tampilan  kecepatan refresh yang luar biasa bagus memang memberikan perasaan kelas unggulan di ujung jari, tapi juga menguras daya baterai. Inilah sebabnya, Intelligent Display Sync 2.0 terbaru kami dirancang untuk memaksimalkan efisiensi daya dengan penggunaan kecepatan refresh yang lebih tinggi secara lebih cerdas hanya saat diperlukan, memastikan Anda mendapatkan pengalaman menonton yang mulus.
Intelligent Display Sync 2.0 mengoptimalkan “frame timing”, memberikan saluran GPU ke tampilan paling cepat yang pernah ada, hampir menghilangkan latensi antar-frame saat kecepatan refresh berubah; memastikan keunggulan perbedaan dalam reaksi milidetik.

12. Tampilan Wi-Fi hingga 4K60 HDR10+
Apa yang terjadi ketika Anda memiliki film, acara favorit, atau streaming terbaru di ponsel cerdas Anda, tapi Anda ingin berbagi ke layar lebih besar? Biasanya, Anda butuh kabel, mengutak-atik kotak decoder (set-top boxes/STB) atau menyortir login aplikasi, atau jika Anda membuatnya bekerja secara langsung, video hanya berjalan dalam resolusi dan warna rendah. Dimensity 9000 meningkatkan pengalaman dengan streaming konten 4K60 HDR10+ melalui Wi-Fi langsung ke SmartTV yang kompatibel.

13. Modem ponsel cerdas 5G standard 3GPP Release-16
MediaTek adalah desainer chip pertama yang merilis modem 5G standar 3GPP Release-16, dimulai dengan Dimensity 9000. Release-16 adalah standar terbaru yang mengatur konektivitas seluler global; memberikan Dimensity 9000 dan chip ponsel cerdas masa depan kita sebuah kemampuan modem 5G paling menjanjikan di pasar.

14. Memaksimalkan performa sub-6GHz
Dengan performa downlink 7Gbps yang begitu besar, Dimensity 9000 memberikan potensi performa puncak luar biasa secara eksklusif dari konektivitas sub-6GHz yang “tersedia di mana-mana”. Ini bisa dicapai berkat modem 5G berkemampuan 3CC Carrier Aggregation (300MHz) yang telah di-upgrade. Selain kinerja puncak, 3CC juga bagus untuk meningkatkan performa –rata-rata, dari pusat kota hingga wilayah pinggiran, terutama di pasar seluler, di mana pita 5G tidak berdampingan atau menawarkan irisan bandwidth yang lebih kecil.

15. Multimode Dual SIM Dual Active
Meneruskan kepemimpinan teknologi kartu seluler ganda (dual SIM)  sejak 2008, MediaTek kembali menjadi yang pertama dengan teknologi kartu seluler ganda terbaru yang disebut “Multimode Dual SIM Dual Active”. Ini artinya koneksi SIM – baik 5G atau 4G – dapat terhubung aktif secara bersamaan, meng-upgrade ponsel pintar Anda untuk benar-benar menjadi teman multitugas dan tetap produktif.

16. Peningkatan R16 UL pertama di dunia
Dimensity 9000 adalah chip ponsel pintar pertama yang mendukung peningkatan uplink dengan standar 3GPP Release-16 terbaru, dengan menyediakan uplink “Super Upload” (SUL) dan 5G-NR dengan carrier aggregation (CA), meningkatkan kinerja upload.

17. Wi-Fi 6E 2x2 (BW160)
Dengan dukungan pita 6GHz terbaru dan bandwidth 160MHz, Dimensity 9000 memberikan kinerja throughput Wi-Fi terbaik kami dan efisiensi kinerja dalam sebuah chip ponsel pintar.

18. Dukungan pertama di dunia untuk Bluetooth 5.3 di ponsel pintar
Dimensity 9000 menjadi yang pertama mendukung spesifikasi Bluetooth 5.3 terbaru. Di antara fitur keamanan dan konektivitas baru, hal ini memungkinkan koneksi latensi yang lebih rendah, yang sangat berguna untuk headset nirkabel yang kompatibel.

Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
19. Dukungan GNSS BeiDou III-B1C baru
Dimensity 9000 mendukung sistem terbaru Global Navigation Satellite System (GNSS) BeiDou, sehingga memberikan pengguna China pada akurasi navigasi satelit generasi berikutnya.

Ditulis oleh :
Dr.Yenchi Lee
Deputy General Manager of MediaTek's Wireless Communications Business Unit

Bakti
 

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom DES
More Stories
Data Center Service Provider of the year