Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
telkomsel halo

OneCosmo diklaim jadi solusi lengkap perbankan digital

08:30:00 | 25 Jul 2022
OneCosmo diklaim jadi solusi lengkap perbankan digital
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) - OneConnect Financial Technology Co., Ltd (OneConnect, NYSE: OCFT, HKEX: 6638), penyedia Technology-as-a-Service (TaaS) terkemuka serta perusahaan asosiasi dari Ping An Group, hari ini mengumumkan peluncuran OneCosmo, merupakan one stop omni-channel platform yang menyediakan solusi lengkap untuk perbankan digital yang dikembangkan bersama dengan perusahaan berbasis teknologi di Brazil, Pismo yang merupakan salah satu perusahaan dengan pertumbuhan tercepat dalam industri perbankan yang menawarkan teknologi Software-as-a-Service (SaaS). 

Peluncuran OneCosmo merupakan hasil dari penawaran produk bersama OneConnect dan Pismo, yang telah memulai kemitraan strategis sejak awal April 2022. Memanfaatkan teknologi next-generation seperti Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI), Machine Learning (ML), Blockchain, dan SaaS, rangkaian solusi yang ditawarkan oleh OneCosmo bertujuan untuk menawarkan solusi yang sangat terukur dan mudah diintegrasikan oleh bank dan lembaga keuangan lainnya demi membangun kemampuan perbankan digital. Solusi yang ditawarkan oleh OneCosmo mencakup berbagai layanan, mulai dari verifikasi identitas secara digital dan juga inti perbankan (core banking), hingga pembayaran digital dan pinjaman digital. Platform ini juga memungkinkan integrasi dengan berbagai penyedia layanan pihak ketiga dengan layanan API (Application Processing Interfaces) dan layanan mikro yang fleksibel. 

Calon pengguna OneCosmo juga dapat bergabung ke dalam platform OneCosmo hanya dalam hitungan minggu dengan fitur pra-integrasi dan pra-konfigurasi, yang juga memungkinkan fleksibilitas kustomisasi bagi lembaga keuangan yang memiliki kebutuhan spesifik.  

Layanan OneCosmo juga memungkinkan lembaga keuangan untuk memanfaatkan data-streaming secara real time dengan menawarkan insight yang lebih luas mengenai perilaku konsumen melalui analisis data. Solusi yang ditawarkan OneCosmo memungkinkan fleksibilitas untuk bekerja dengan teknologi yang dimiliki sehingga memberikan kebebasan kepada lembaga keuangan untuk melakukan kustomisasi rangkaian solusi demi memenuhi kebutuhan spesifik perusahaan. Hingga saat ini, teknologi Pismo yang tergabung dalam solusi yang ditawarkan OneCosmo telah digunakan oleh lebih dari 50 juta pelanggan. 

Menanggapi peluncuran OneCosmo, Tan Bin Ru, CEO (Asia Tenggara) OneConnect Financial Technology, mengatakan “OneCosmo merepresentasikan hasil kinerja kami atas kemitraan strategis yang kami jalankan dengan Pismo. Di OneConnect, visi kami adalah mendorong digitalisasi lembaga keuangan dan perbankan untuk meningkatkan inklusivitas yang lebih besar dan OneCosmo memungkinkan kami untuk memperkuat visi tersebut dengan melakukan digitalisasi bagi lebih banyak lembaga keuangan dengan skala yang lebih besar. Dengan kombinasi SaaS dan TaaS, OneCosmo merupakan platform omni-channel yang memungkinkan kami untuk melayani lebih baik lagi lembaga keuangan dari semua ukuran.” 

Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
Penelitian yang dilakukan oleh Gartner mengungkapkan bahwa sektor layanan cloud diperkirakan akan tumbuh 18,4 persen pada tahun 2021 dengan total valuasi mencapai $304,9 miliar, naik dari $257,5 miliar pada tahun 2020. Penelitian lebih lanjut dari MarketandMarkets juga mengindikasikan bahwa sektor SaaS tumbuh sebesar 18 persen per tahun. 

“Misi Pismo adalah membantu bank dan perusahaan fintech memperluas inovasi produk next-generation dalam layanan cloud bagi pelanggan mereka dan kami senang dapat memperluas misi tersebut melalui penawaran baru ini untuk Asia. Peluncuran OneCosmo menunjukkan komitmen bersama kami dengan OneConnect untuk menyediakan alat bagi berbagai lembaga keuangan dalam menyempurnakan strategi digital mereka untuk masa depan layanan keuangan” Ungkap Vishal Dalal, CEO (Amerika Utara, EMEA, dan APAC) di Pismo. 

Bakti
OneCosmo untuk saat ini tersedia di negara-negara Asia Tenggara termasuk diantaranya Thailand, Malaysia, Indonesia, Filipina, dan Singapura, dan nantinya akan memperluas penawaran tersebut ke lemabaga keuangan negara-negara di kawasan Timur Tengah. (sar)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom DES
More Stories
Data Center Service Provider of the year