Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
telkomsel halo

Cara memasarkan brand dalam percakapan di Twitter

10:25:42 | 23 Apr 2022
Cara memasarkan brand dalam percakapan di Twitter
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) – Twitter adalah apa yang sedang terjadi dan apa yang orang-orang bicarakan saat ini. Twitter adalah tempat di mana percakapan publik menjadi hidup, berkembang, saling terhubung dan membentuk budaya. Twitter menghubungkan komunitas, mempercepat penyebaran informasi, dan memicu kreativitas. Sumber kekuatan Twitter ada pada pengguna aktif yang menggunakan layanan ini untuk mencari informasi dan melakukan percakapan.  

Kemunculan Komunitas di Twitter merupakan cara bagi orang-orang dengan minat yang sama untuk terhubung, berbagi, dan lebih dekat dengan percakapan yang penting bagi mereka. Pada tahun 2021; Twitter melihat berbagai komunitas berkumpul untuk memberikan dampak melalui berbagai aktivitas, seperti mengkoordinasikan tanggap bencana dan mengupayakan bantuan, atau pencinta sastra yang bersatu untuk menulis buku berdasarkan Utas di Twitter.

Penyelenggaraan acara MotoGP 2022 di Indonesia untuk pertama kali setelah 25 tahun menuai banyak dukungan dari semua orang. Di Twitter, masyarakat Indonesia mengekspresikan antusiasme mereka terhadap #IndonesianGP yang juga terkompilasi melalui  event page Twitter. Selain olahraga; para penggemar film Indonesia juga secara rutin berbagi informasi, menyampaikan analisa, serta bertukar pendapat mengenai film terkini dan yang akan datang. Tidak ketinggalan, hal-hal terkait teknologi selalu menjadi topik yang ramai dibicarakan di Twitter dan memberikan tempat bagi para pencinta gadget  untuk saling berbagi hal baru serta insight. Hal ini menggarisbawahi bahwa komunitas yang aktif adalah sumber kekuatan Twitter di kawasan Asia Tenggara.

Dengan Topik, orang akan memiliki akses lebih untuk menemukan percakapan dan komunitas sesuai dengan minat mereka tiap saat. Ada lebih dari 12.000+ Topik secara global yang tersedia dalam 11 bahasa, termasuk Bahasa Indonesia.

Twitter memperkenalkan Spaces pada tahun 2020, sebuah percakapan berbasis audio yang dapat dilakukan secara live di layanan ini. Dari menge-Tweet hingga berbicara, Spaces membuka potensi Twitter dalam melayani percakapan menjadi lebih kuat dan autentik – dengan kedalaman dan kekuatan yang hanya bisa didapat dari suara manusia. Baik mengangkat pemikiran-pemikiran menarik, menghubungkan orang dengan momen-momen budaya, atau menyampaikan berita secara real-time; Spaces hadir untuk setiap topik dan percakapan. Saat ini Twitter juga memberikan dukungan kepada kreator konten melalui Ticketed Spaces, di mana mereka dapat memperoleh pendapatan dari hasil penjualan tiket Spaces yang dibeli dari Twitter untuk hadir di sesi Spaces.  

Audiens Twitter yang terus bertambah dengan karakteristik beragam merupakan hal penting bagi para brand. Twitter mengakuisisi Revue di tahun 2021 untuk menghubungkan para penulis di Twitter dengan jajaran penerbit besar dengan cara baru, yaitu dengan mendistribusikan karya mereka melalui buletin editorial. Di sinilah para penulis, pakar, dan kurator – mulai dari kreator individual, jurnalis, hingga penerbit itu sendiri – membagikan karya mereka, memicu percakapan yang bermakna dan membangun pengikut yang setia.

Orang menggunakan Twitter untuk memulai, membaca, dan bergabung dalam percakapan tentang apa yang sedang terjadi, termasuk percakapan tentang brand. Apa yang mereka tonton, beli, dan konsumsi adalah bagian dari diskusi yang terjadi di Twitter, sehingga brand memiliki peluang untuk terhubung dengan audiens yang unik dan aktif dalam percakapan.  

Sejatinya, percakapan sebaiknya memberikan hasil. Word-of-mouth adalah hal yang penting, namun sekarang pemasar memiliki kesempatan untuk memahami bagaimana sebuah iklan dapat mempengaruhi  percakapan dan berdampak pada bisnis. Percakapan dapat membuat upaya belanja iklan menjadi lebih efektif dan dapat langsung didukung oleh investasi media berbayar.  

Solusi periklanan Twitter meliputi:

· Twitter Amplify
Amplify adalah solusi periklanan Twitter yang menghubungkan brand dengan penerbit video premium yang tepat waktu dan juga audiens yang datang ke Twitter untuk melihat iklan tersebut. Melalui Amplify, brand memiliki peluang untuk menyesuaikan dengan apa yang sedang terjadi di sekitar mereka, didukung dengan video yang relevan dengan budaya dan dicari oleh audiens mereka. Ketika brand memasang iklan mereka dengan video premium in-feed, iklan tersebut berpeluang untuk memberikan 2,2x lipat keunggulan merek dan meningkatkan niat untuk membeli sebanyak 1,7x lipat jika dibandingkan dengan iklan yang sama yang ditempatkan pada area non-feed.

· Twitter Takeover
Brand kini dapat mendominasi linimasa dan tab Jelajahi dengan solusi Twitter Takeover. Melalui Timeline Takeover, brand dapat mengambil posisi teratas dalam percakapan sebagai iklan pertama pada hari tersebut di linimasa saat dilihat oleh pengguna Twitter ketika mereka mengunjungi akun mereka. Timeline Takeover adalah paket iklan eksklusif selama satu hari yang akan membantu brand menjangkau lebih banyak audiens selama periode 24 jam menggunakan immersive autoplay videos di bagian atas linimasa. Ini akan sangat bermanfaat bagi brand yang ingin memaksimalkan paparan mereka dalam satu hari penting, misalnya saat hari peluncuran produk atau layanan baru.  

Trend Takeover menempatkan iklan bertepatan dengan apa yang sedang dibicarakan dan menambahkan materi iklan video yang imersif ke pesan Anda melalui Trend Takeover+. Ini akan memberikan brand dampak Takeover yang tinggi dalam daftar Tren teratas di Twitter dan tab Jelajahi di mobile, yang akan menjadikan brand sebagai bagian dari apa yang sedang terjadi di Twitter.  

Dengan menggunakan Takeover, brand dapat menyimpan iklan mereka dalam percakapan di desktop dan mobile. Takeover memungkinkan brand memaksimalkan jangkauan mereka dan mendorong peningkatan di Twitter secara keseluruhan. Jika ditambah dengan cerita visual yang imersif, brand memiliki peluang lebih tinggi untuk memperluas dampak peluncuran dan pesan mereka.   

· Twitter Live  
Melalui Live Tweeting, brand memiliki kemampuan untuk terlibat dalam percakapan di Twitter. Hal ini dapat membuat brand tetap relevan, meningkatkan interaksi, dan terhubung dengan komunitas atau topik baru, serta kemungkinan terhubung dengan pengikut baru di Twitter.  

· Branded Notifications
Dengan Branded Notifications; brand dapat menghubungi kembali para pengikut yang mungkin berminat untuk mengikuti kampanye mereka, menekankan hal atau momen penting terkait brand. Fitur ini juga menciptakan hubungan yang lebih personal dengan audiens mereka dalam skala tertentu, menangkap minat dengan konten yang bernilai tinggi, dan memungkinkan percakapan dalam skala tertentu dengan pelanggan. Branded Notification juga dapat menarik perhatian di linimasa dan menciptakan interaksi yang lebih personal.

Branded Notifications tersedia dalam tiga format kampanye:  

Kampanye Pemberitahuan Terjadwal mengirimkan Tweet pemberitahuan keikutsertaan secara instan dan Tweet yang terjadwal  ke setiap orang yang berpartisipasi.
Kampanye Pemberitahuan Berlangganan mengirimkan Tweet pemberitahuan keikutsertaan secara instan dan beberapa Tweet pemberitahuan terjadwal ke setiap orang yang berpartisipasi.
Kampanye Pemberitahuan Instan mengirimkan Tweet pemberitahuan instan kepada setiap orang yang berpartisipasi.

· Branded Hashtags
Branded Hashtags memungkinkan brand menambahkan elemen kreatif yang menyenangkan dan menarik secara visual setiap kali tagarnya digunakan di Twitter. Fitur ini membuat brand lebih hidup dengan mengekspresikan ciri khasnya melalui tagar dan secara langsung menjadikannya bagian dari percakapan.  

· Mobile App Promotion
Orang-orang datang ke Twitter untuk terhubung dengan minat mereka atau menemukan minat yang baru. Selama Mobile App Promotion masih dalam versi beta, brand memiliki kemampuan untuk menjangkau audiens Twitter yang sangat aktif untuk mendorong jumlah unduhan yang hemat biaya dalam jumlah besar.  

· Multi-Destination Carousels
Carousel Ads di Twitter memberikan peluang bagi brand untuk menjangkau audiens baru dan mendorong traffic percakapan untuk menjangkau audiens baru melalui berbagai gambar atau video. Brand dapat dengan mudah menjalankan transisi secara kreatif dan fleksibel dengan berbagai produk dan mengedepankan fitur khusus untuk menyampaikan pesannya.  

Twitter adalah barometer tentang apa yang dianggap penting oleh audiens sebuah brand. Layanan ini digunakan untuk mengukur suasana hati mereka, mengidentifikasi apa yang sedang mereka sukai, dan bagaimana mereka memandang suatu brand, acara atau topik. Di Asia Tenggara, hampir 30 dari 100 akun yang paling banyak diikuti adalah akun brand.

Selain mengikuti; orang-orang juga berinteraksi dengan brand di Twitter dan menciptakan momen membangun hubungan yang dengan brand tersebut. Brand di Twitter turut berdiskusi dan berinteraksi dengan audiens mereka. Dengan Twitter; brand memiliki peluang untuk melakukan percakapan dua arah, berbagi inisiatif dan penawaran, serta mendapatkan umpan balik dari audiens mereka.

Keamanan brand tidak hanya terkait dengan melindungi brand, tapi juga orang-orang di belakangnya. Dalam hal ini, Twitter fokus pada 3 hal utama, yaitu:

· Kebijakan yang memimpin dengan melarang iklan politik dalam layanan dan memperluas label misinformasi pada Tweet yang berpotensi  berbahaya.

· Produk-produk yang melindungi dengan memberikan kontrol lebih demi menjaga keamanan pengalaman mereka di Twitter. Misalnya, Twitter sedang mengembangkan fitur yang disebut “Notifikasi Balasan” untuk mendorong orang-orang mempertimbangkan bahasa dari Tweet yang akan mereka kirimkan. Kami juga memperkenalkan “Pengaturan Percakapan untuk Iklan” yang memungkinkan brand memilih siapa saja yang bisa membalas Tweet mereka.

· Kemitraan yang mendorong perubahan industri dengan berkonsultasi kepada pakar dan opini publik untuk menjadikan Twitter lebih baik. Twitter bekerja sama dengan beberapa mitra regional dan global di industri periklanan seperti IAB, MMA, Media Rating Council, 4As, Global Alliance for Responsible Media, dan masih banyak lagi untuk menjaga keamanan orang dan brand di Twitter. Melihat hal ini melalui kacamata orang lain membantu Twitter menjaga brand dengan lebih baik.

Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
Tujuan Twitter adalah melayani percakapan publik; disertai dengan komitmen untuk menghadirkan lingkungan yang aman bagi semua orang yang menggunakannya – termasuk brand dan pelanggan – saat berpartisipasi dalam percakapan dengan aman, bebas, dan percaya diri. Twitter akan terus berinvestasi pada upaya dan sumber daya yang diperlukan di tengah kerja keras untuk menciptakan lingkungan yang aman untuk orang-orang dan brand yang menggunakan layanan tersebut.

Beberapa fitur Twitter yang akan datang
Bagi bisnis di Twitter, menanggapi pelanggan dapat membantu memanusiakan brand mereka dan memastikan bahwa pendapat konsumen selalu didengar dan berharga. Twitter masih mengerjakan beberapa produk untuk memastikan brand dan pelanggan dapat merasakan pengalaman terbaik di Twitter.

Bakti
Salah satunya adalah Twitter Shops yang saat ini masih dalam tahap uji coba di Amerika Serikat. Melalui fitur ini, brand dapat memilih dan menentukan hingga 50 produk untuk ditampilkan kepada pembelanja di Twitter. Fitur ini tidak dipungut biaya dan memberikan orang pilihan untuk melihat berbagai produk dari profil brand favorit mereka. Twitter Shops merupakan bagian dari usaha besar Twitter untuk mendukung para profesional, kreator, UMKM, dan untuk brand besar yang menggunakan layanan ini.(pg)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom DES
More Stories
Data Center Service Provider of the year