Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
telkomsel halo

Tip belanja barang teknologi di akhir tahun

03:04:12 | 22 Dec 2021
Tip belanja barang teknologi di akhir tahun
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko)- Tak terasa sudah menjelang penghujung tahun 2021 dan musim liburan pun telah tiba. Deretan barang di troli ecommerce pasti sudah menumpuk karena banyak orang hendak membeli barang di penghujung tahun ini, baik untuk diri sendiri maupun keluarga dan sahabat terdekat. 

Memiliki perangkat elektronik baru juga mungkin menjadi wishlist sebagian besar dari kita. Namun, tentunya kita harus lebih bijak dan selalu waspada dalam melakukan transaksi online. Atau mungkin, pernahkah terpikirkan oleh Anda jika kita dapat memanfaatkan perangkat elektronik lama, seperti mendaur ulang perangkat tersebut?

Di penghujung tahun, banyak orang yang tertarik untuk memiliki perangkat elektronik baru atau memanfaatkan perangkat lama mereka untuk menemani kegiatan akhir tahun. Kali ini, ada beberapa tips dari Dell bagi yang ingin membeli perangkat secara online, mungkin ingin mendaur ulang perangkat lama atau memperpanjang masa pakai baterai yang dimiliki saat ini.

Simak tiga tip teknologi untuk menikmati teknologi Anda selama masa liburan!

Belanja Online yang Aman 

Kenyamanan yang ditawarkan internet telah menciptakan kebiasaan berbelanja online, baik melalui aplikasi ataupun berbagai situs ecommerce, apalagi di suasana liburan seperti sekarang ini. Tapi para ahli mewanti-wanti untuk juga meningkatkan kewaspadaan karena resiko serangan siber pun ikut meningkat. Baru-baru ini, FBI dan Divisi Siber Kementerian Keamanan Dalam Negeri Amerika Serikat (Homeland Security) memperingatkan para pelaku bisnis dan pembeli akan potensi ancaman besar serangan ransomware di beberapa minggu menjelang masa liburan.

Sangat penting bagi para pelaku ecommerce untuk memastikan semua pelanggan mereka menikmati pengalaman belanja online lancar hingga proses check out tanpa rasa khawatir. Untuk membantu menjaga kerahasiaan informasi, tetap waspada dan ikuti tips berikut untuk tetap terlindungi saat berbelanja online.

Pastikan untuk menggunakan situs web yang aman dengan memastikan situs URL (https://) yang dikunjungi

Selalu gunakan situs dari brand terkemuka yang dikenal dan terpercaya

Hindari melakukan pembelian menggunakan komputer dan Wi-Fi publik karena mungkin saja terselip perangkat lunak (software) berbahaya dan koneksi tidak aman

Pastikan Anda memiliki kata/frasa sandi yang kuat, terdiri dari angka, huruf, dan karakter khusus

Jangan pernah menggunakan kembali atau mendaur ulang kata sandi dan gunakan autentikasi multi-faktor (MFA) bila memungkinkan

Jangan pernah mengklik tautan yang mencurigakan

Belanja PC baru, lalu apa yang harus dilakukan?

Setelah berhasil menikmati pengalaman belanja online yang mulus dan menerima perangkat baru Anda, kemudian apa yang harus dilakukan. Banyak data penting disimpan di hard drive PC atau perangkat komputasi lainnya. Jadi ketika Anda merasa momen liburan ini adalah waktu yang tepat untuk membeli perangkat dan menikmatinya, sebaiknya Anda juga pastikan semua data dan informasi pribadi dari perangkat lama telah dihapus sebelum Anda menyingkirkannya.

Untuk menghapus data ada beberapa opsi yang bisa Anda lakukan. Sejumlah komputer sudah dilengkapi dengan perangkat lunak penghapus data. Untuk komputer-komputer Dell, banyak model sudah dilengkapi dengan fitur Dell Data Wipe yang ada di dalam BIOS. Merek lain juga mungkin juga sudah dilengkapi perangkat lunak yang mirip. Jika perangkat lunak tersebut tidak ada di komputer lama Anda, Anda bisa membelinya. Salah satunya adalah Dell Migrate, layanan yang dengan mudah akan memindahkan file-file dari PC lama ke PC Dell baru Anda, serta bisa menghapus semua data pribadi dari perangkat lama Anda.

Setelah menghapus data dari komputer lama, banyak yang kemudian ‘menelantarkan’ begitu saja komputer lama mereka. Sebenarnya perangkat lama itu masih bisa menjadi sumber daya yang berharga, yaitu bisa diperbarui, digunakan kembali atau didaur ulang. Dell Technologies percaya akan semangat kolaborasi lintas industri untuk keberlanjutan dengan memanfaatkan rantai pasokan global dengan mendaur ulang material-material yang dibutuhkan untuk memproduksi berbagai produk Dell. Hal ini sejalan dengan tujuan 2030 perusahaan untuk menggunakan kembali atau mendaur ulang produk yang setara untuk setiap produk yang terjual.

Dell juga percaya dengan menjaga sirkulasi atau keberlanjutan hidup berbagai material semaksimal mungkin dan tidak berakhir begitu saja di tempat pembuangan akhir (TPA), kita bisa mendorong potensi keberlanjutan yang lebih baik di dunia. Bagi Dell, hal tersebut merupakan tanggung jawab perusahaan untuk ikut membantu melindungi dan memperkaya sumber daya Bumi semaksimal mungkin. Bersama-sama kita bisa mewujudkan tujuan penting keberlanjutan, tidak saja bagi Dell Technologies tapi juga semua pemangku kepentingan industri teknologi.

Menghemat Baterai Laptop Dalam Perjalanan

Liburan tentu erat kaitannya dengan perjalanan, baik jarak dekat maupun jarak jauh. Tentunya lumrah jika ada kekhawatiran baterai di perangkat elektronik yang dibawa akan habis saat sedang di tengah jalan. Setelah membeli laptop baru Anda, yuk pastikan daya baterai bisa bertahan selama mungkin selama perjalanan liburan Anda. Berikut beberapa tips untuk menghemat daya baterai:

Matikan perangkat Anda sebelum dimasukan ke dalam tas laptop atau tempat penyimpanan lainnya

Selalu gunakan adaptor AC asli bawaan laptop. Jangan gunakan adaptor AC atau baterai pihak ketiga.

Kurangi level cahaya di layar

Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
Kurangi jumlah program atau aplikasi yang dibuka bersamaan

Hindari paparan suhu ekstrim. Apabila laptop terkena suhu dingin atau panas yang ekstrem, biarkan laptop mencapai suhu normal sebelum digunakan dan sebelum mengisi daya baterai.

Bakti
Untuk tips memperpanjang masa pakai baterai laptop lainnya, silakan kunjung  situs Dell, di mana Anda juga bisa menemukan tips untuk tidak mencolok perangkat Anda ke listrik setiap waktu, atau untuk memilih laptop yang sudah menerapkan teknologi baterai pintar.(wn)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom DES
More Stories
Data Center Service Provider of the year
Financial Analysis
Bukalapak sekarang sudah untung