telkomsel halo

Cara Blibli genjot penjualan produk halal

07:12:15 | 08 Dec 2021
Cara Blibli genjot penjualan produk halal
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) - Blibli terus mengembangkan ekosistem halalnya dengan memperkuat kolaborasi bersama Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF). Utamanya memenuhi kebutuhan masyarakat akan produk halal berkualitas.

Blibli pun memberikan lebih banyak promosi dan publikasi terkait ISEF melalui Blibli Hasanah, kanal muslim-friendly dengan beragam produk bersertifikat halal dan produk islami. Bekerja sama dengan LinkAja Syariah dalam mendukung ISEF, pelanggan bisa menikmati diskon hingga 53% lengkap dengan gratis ongkir.
 
“Indonesia merupakan negara dengan populasi muslim terbesar, membuat Tanah Air begitu potensial menjadi pemimpin industri halal, termasuk di dalamnya ekonomi syariah, di dunia. Pemerintah pun telah memiliki Masterplan Ekonomi Syariah 2019-2024, sebuah strategi untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat produksi produk halal dunia. Memahami hal tersebut, Blibli berkomitmen mendukung setiap upaya pemerintah dalam memajukan industri halal di Indonesia. Lewat Blibli Hasanah yang menyajikan ekosistem produk halal terdepan di industri, kami akan terus berperan aktif terhadap perkembangan industri ini, baik dalam memenuhi kebutuhan akan gaya hidup halal pelanggan, maupun dalam mendorong kemajuan para pelaku usaha penyedia produk halal,” ujar Vice President of Woman Fashion Blibli Marvie Rances Samala.

Blibli Hasanah diluncurkan pada April 2020 dan memiliki 12 sub kategori produk dengan 16,000 seller yang sudah dikurasi. Hadir sebagai solusi yang lengkap untuk berbagai kebutuhan gaya hidup halal. Dalam menghadirkan produk terkurasi dan berkualitas, Blibli Hasanah memberikan tiga nilai utama bagi pelanggan, yaitu jaminan halal untuk semua produk, penyimpanan yang amanah karena terpisah dari produk non-halal, dan penjual yang terpercaya.
 
Saat ini, jumlah seller yang menjual produk halal sudah bertumbuh 14x dan menghadirkan 112x lebih banyak jumlah produk sejak Blibli Hasanah diluncurkan. Catatan tersebut membuat Blibli optimis bahwa kolaborasi lanjutan dengan ISEF akan memberikan dampak nyata terhadap perkembangan industri halal di Indonesia.
 
Lebih lanjut, Blibli meneruskan keterlibatannya di ISEF tahun ini dengan berbagai kegiatan. Mulai dari menyiarkan kembali launching ISEF 2021 yang berlangsung pada 8 Oktober - 14 Desember 2021. Dalam kesempatan ini Blibli menyediakan laman khusus di Blibli Hasanah untuk mempermudah pelanggan dalam mencari produk yang dibutuhkan Berbagai penawaran menarik dari Blibli Hasanah hasil kolaborasi dengan ISEF dan LinkAja Syariah bisa dilihat di sini.

Kolaborasi lanjutan Blibli dengan ISEF menegaskan kepemimpinan ekosistem halal Blibli di industri e-commerce Tanah Air. Sebelumnya, beberapa capaian penting lainnya telah dicatatkan Blibli dalam upayanya mendorong adopsi gaya hidup halal dan membantu menumbuhkan industri halal di Indonesia.
 
Blibli menjadi yang pertama untuk memiliki penyelia halal dalam penerapan Sistem Jaminan Halal (SJH) di e-commerce. Saat ini, terdapat dua penyelia halal yang memastikan SJH di Blibli sesuai dengan Standar Halal Majelis Ulama Indonesia (MUI). Berkat adanya penyelia halal yang mengatur keseluruhan value chain berjalan sesuai standarisasi SJH, Blibli menjamin seluruh produk halalnya mendapatkan penanganan yang sesuai, mulai dari penyimpanan di warehouse hingga pengiriman oleh kurir.
 
Kemudian, melalui Blibli Hasanah, Blibli menjadi satu-satunya e-commerce yang berkolaborasi dengan Komite Nasional Ekonomi Keuangan Syariah (KNEKS) untuk berpartisipasi dalam “Kick-Off Sinergi Akselerasi Pengembangan UMKM Industri Halal”. Inisiatif tersebut bertujuan mempercepat pengembangan ekonomi syariah melalui sinergi para pemangku kepentingan untuk mengakselerasi kemajuan UMKM Industri Halal berbasis ekosistem digital.
Selain itu, Blibli juga telah bekerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama Republik Indonesia untuk mendorong lebih banyak UMKM dalam mengikuti program SEHATI (Sertifikat Halal Gratis). Dalam hal ini, Blibli konsisten memberikan informasi lengkap kepada para UMKM untuk melakukan pendaftaran produk dan mendapatkan sertifikat halal.
 
“Kami harap dukungan Blibli dalam ISEF dapat mendukung industri halal di Indonesia terlebih bagi seller Blibli Hasanah untuk bertemu dengan lebih banyak potensi bisnis dan pelanggan,” tutup Marvie.(wn)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year