Paket Semangat Kemerdekaan
Paket Semangat Kemerdekaan
telkomsel halo

Data percepat inovasi menuju emisi karbon nol bersih

12:14:11 | 17 Nov 2021
Data percepat inovasi menuju emisi karbon nol bersih
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) – Perusahaan global perangkat lunak industri AVEVA bergabung dengan perusahaan di seluruh spektrum teknologi dan energi untuk menggarisbawahi peran multifaset digitalisasi dalam membantu mencapai emisi karbon nol bersih di seluruh ekosistem.

Delegasi pada konferensi penting baru-baru ini, AVEVA PI World, mendengar bagaimana inovasi berbasis data dapat membantu membuka manfaat keberlanjutan di setiap tingkat. Pesan bulat disampaikan oleh para pemimpin keberlanjutan dan lingkungan dari Schneider Electric, Neste, Microsoft dan AVEVA pada kegiatan Sustainability Panel.

Sembilan dari 10 perusahaan berharap untuk mempercepat kegiatan keberlanjutan mereka di tahun mendatang karena pelaku bisnis mengakui peran mereka dalam mengatasi perubahan iklim, menurut survei yang dilakukan oleh AVEVA terhadap lebih dari 850 C-suite dan pakar transformasi digital. Empat dari lima industri terkemuka ingin meningkatkan investasi digital mereka untuk mendorong model bisnis yang berkelanjutan, menunjukkan potensi besar dari teknologi canggih seperti smart data, kecerdasan buatan (AI) dan komputasi awan (cloud computing) dalam memungkinkan operasi industri nol bersih dan rendah karbon,” jelas Chief Marketing Officer dan Chief Sustainability Officer di AVEVA  Lisa Johnston.

“Perusahaan di seluruh dunia telah berkomitmen untuk mengurangi jejak lingkungan mereka. AVEVA percaya bahwa komunitas bisnis sekarang harus melangkah lebih jauh, melalui kontribusi positif terhadap keberlanjutan melalui kegiatan dan kemitraan kami. Solusi kami memberikan dampak konstruktif pada kelestarian lingkungan. Solusi manajemen infrastruktur data seperti Sistem AVEVA PI, yang diberikan dalam kemitraan dengan Microsoft Azure Cloud, dapat membantu ribuan bisnis yang sangat berbeda menemukan rute inovatif untuk mencapai tujuan keberlanjutan mereka dan menjadi iklim positif, ” tambah Johnston.

Strategi digitalisasi untuk mencapai komitmen nol bersih

Inovasi berbasis data memainkan peran penting dalam mencapai tujuan nol bersih, kata panelis. Peserta panel mempelajari strategi yang dapat ditindaklanjuti untuk membangun organisasi yang positif terhadap iklim.

1. Memasukkan keberlanjutan ke dalam KPI: Olivier Blum, Chief Strategy & Sustainability Officer di Schneider Electric, peringkat perusahaan paling berkelanjutan di dunia, mengatakan bahwa perusahaan harus mengembangkan strategi keberlanjutan dengan cara yang sama seperti mereka memiliki strategi untuk area lain, seperti keuangan atau sumber daya manusia Potensi emisi CO2 harus diperhitungkan dalam desain aset baru, misalnya, untuk meningkatkan keberlanjutan dan mempercepat transisi iklim, katanya. Memetakan KPI keberlanjutan ke seluruh bisnis dapat memberikan hasil penting yang diperlukan. “Keberlanjutan seperti bidang bisnis apa pun,” kata Blum. “Anda harus memiliki strategi keberlanjutan. Itu harus sepenuhnya terintegrasi dengan strategi bisnis Anda.”

2.    Menggunakan data untuk memprediksi inovasi: Penerapan analitik prediktif pada data industri yang dikumpulkan di seluruh rantai nilai dapat mengungkapkan rute baru menuju inovasi. Energy major Ørsted mengoperasikan armada ekstensif 1.000 turbin angin lepas pantai. Pemantauan data berkelanjutan berarti bahwa armada mewakili 1.000 eksperimen berbeda yang memberikan umpan balik untuk menghasilkan aset masa depan, kata Jesper Skov Gretlund, Manajer Senior, Pusat Kompetensi Numerik, Ørsted. Inovasi adalah proses penyempurnaan yang berkelanjutan, dan teknologi canggih seperti AI dan data besar memfasilitasi proses itu. rsted berada di jalur untuk menjadi netral karbon pada tahun 2025.

Paket Semangat Kemerdekaan
3.    Perluas jejak tangan dengan kemitraan: Neste bekerja dengan pemasok yang memiliki komitmen keberlanjutan yang sama untuk mencapai netralitas karbon dalam produksi pada tahun 2035. Perusahaan menggunakan data yang dikumpulkan di seluruh rantai nilainya untuk meningkatkan operasinya dan untuk membantu perusahaan lain mengurangi emisi mereka , kata Salla Ahonen, Wakil Presiden Keberlanjutan, Neste. “Kami melihat bagaimana kami benar-benar dapat mengubah seluruh rantai nilai kami dan bagaimana kami dapat membantu orang lain untuk bertransformasi,” katanya. Data dapat menawarkan rute positif untuk meningkatkan sidik jari perusahaan, tambahnya. Dalam prosesnya, seluruh ekosistem dapat mewujudkan tujuan nol bersihnya.

4.    Ukur untuk keberlanjutan dalam skala besar: Ribuan perusahaan menetapkan target nol, tetapi mencapainya membutuhkan alat pengukuran yang lebih baik, kata Lucas Joppa, Chief Environment Officer di Microsoft. Pemimpin perangkat lunak telah berkomitmen untuk menjadi perusahaan karbon-negatif pada tahun 2030. “Anda tidak dapat mengelola apa yang tidak dapat Anda ukur,” katanya. Karena karbon adalah bahan penyusun kehidupan, pengukurannya memerlukan pemantauan setiap aspek bisnis. “Teknologi digital adalah alat di kotak peralatan [perusahaan] yang memungkinkan kita mencapai skala yang dibutuhkan keberlanjutan, dan pada lingkup yang dibutuhkan keberlanjutan,” kata Joppa.

Panel menyimpulkan bahwa industri tidak lagi dipaksa untuk berkompromi dengan daya saing dalam jangka pendek untuk mengejar masa depan yang lebih berkelanjutan.  Acara ini merupakan bagian dari rangkaian inisiatif AVEVA untuk mendukung ekonomi net-zero yang inklusif sejalan dengan jalur 1,5°C saat dunia bekerja untuk menahan dampak terburuk dari krisis iklim.(wn)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year