Paket Semangat Kemerdekaan
Paket Semangat Kemerdekaan
telkomsel halo

LKC-DD gelar donor darah, sambut Hut ke-20

05:00:47 | 07 Nov 2021
LKC-DD gelar donor darah, sambut Hut ke-20
Angkasa Pura 2
TANGSEL, BANTEN (IndoTelko) - Menyambut milad ke-20 nya yang jatuh pada hari ini (6/11) Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa menggelar kegiatan donor darah di 20 titik di Indonesia. Kegiatan ini sudah berlangsung dua hari lalu, Kamis (4/11) di Kantor Pusat LKC-DD, Ciputat Mega Mall, Cempaka Putih, Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Banten.

Dikatakan Direktur LKC Dompet Dhuafa Pusat, drg. Martina Tirta Sari, donor darah ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan milad LKC Dompet Dhuafa yang ke-20. “Karena saat ini kebutuhan darah di PMI (Palang Merah Indonesia) sangat tinggi untuk kebutuhan masyarakat, maka kami melangsungkan kegiatan donor darah dengan target 20 titik di Indonesia. Dengan harapan semoga kegiatan yang berkolaborasi dengan PMI ini bisa membantu masyarakat akan kebutuhan darah,” katanya.

Ke-20 titik tersebut tersebar di  wilayah Tangerang Selatan, Aceh, Sumatera Selatan, Banten, Jawa barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur dan Papua.

“Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan untuk menyambut milad LKC-DD yang ke-20, selain donor darah juga ada kegiatan lain seperti bantuan alat kesehatan untuk disabilitas atau disebut dengan peduli disabilitas, sentra vaksinasi, khitanan massal dan pada acara puncak nanti ada webinar nasional yang bertemakan semarak 2 (dua) dekade berkiprah untuk negeri,” jelasnya.

Sedangkan, selaku penanggung jawab kegiatan donor darah, Pristiwo Ariya Putra menjelaskan, ada 46 orang yang siap untuk mendonorkan darahnya di gedung LKC-DD hari ini.

Paket Semangat Kemerdekaan
“Sampai siang pukul 11 ini sudah ada 46 orang yang mendaftar, namun tidak semua bisa lolos untuk mendonorkan darahnya. Ini karena beberapa sebab, misalnya kondisi tubuh yang tidak fit, Hb (Hemoglobin) rendah dan tensi tinggi,” tutur Ariya.

Dalam kesempatan yang sama, Bela yang merupakan perawat dari PMI Kota Tangerang Selatan mengatakan tidak semua peserta bisa diterima sebagai pendonor karena berbagai hal.  “Ada beberapa pendonor yang tingkat hb rendah dan tensi darahnya tinggi, kemungkinan tensi tinggi karena mereka kelelahan, kurang istirahat juga bisa, sedangkan untuk hb rendah, biasanya yang perempuan karena habis haid. Peserta bisa mempersiapkan diri untuk donor darah dengan melakukan istirahat yang cukup, tidur jangan kurang dari 5 jam, dipersiapkan saja makanannya biar hb bisa naik, bisa dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi seperti bayam, ati ayam dan sebagainya, kemudian tidak mengkonsumsi obat-obatan dalam 3 hari kebelakang,” jelas Bela.

Adi, salah seorang pendonor mengungkapkan rasa senangnya bisa menjadi pendonor pada kegiatan yang dilangsungkan di LKC-DD kali ini. “Senang bisa donor darah, semoga ini bisa menjadi manfaat untuk orang membutuhkan, senang juga bisa menjadi bagian dari kegiatan milad LKC-DD yang ke-20 kali ini. Semoga semua rangkaian kegiatan yang dilakukan LKC-DD bisa berlangsung sukses sampai pada acara puncaknya nanti,” kata pria berumur 27 tahun ini.  (ak)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year