Paket Semangat Kemerdekaan
Paket Semangat Kemerdekaan
telkomsel halo

Shopfest 9.9 merek lokal berjaya, bagaimana Shopfest 10.10

09:40:00 | 21 Sep 2021
Shopfest 9.9 merek lokal berjaya, bagaimana Shopfest 10.10
Foto (Ilustrasi)
Angkasa Pura 2

JAKARTA (IndoTelko) - Pada perhelatan festival belanja online 9.9 lalu, merek lokal mendominasi dan bersinar.  Dalam catatan ShopBack, usai merampungkan ShopFest, festival belanja online tahunan besar-besaran paruh pertama pada 9.9 lalu, pada hari promo puncak 9.9, ShopBack mencatat GMV, order, dan jumlah cashback yang diberikan naik sebesar 3x lipat dibanding rata-rata harian.
 
Kategori didominasi oleh fesyen, kecantikan, hobi & buku, groceries, serta home & living. Menurut data internal ShopBack, tren ini hampir serupa dengan tren kategori populer sejak Juli hingga Agustus 2021, hanya saja Kesehatan tidak lagi menjadi salah satu kategori populer, berbeda dengan masa ketika regulasi PPKM sedang ketat-ketatnya.
 
Beberapa insight yang didapat tim ShopBack pada kampanye 9.9 lalu antara lain : ShopBack memprediksi tren dan perilaku ini tidak akan berubah jauh pada 10.10. Kategori yang populer pada 9.9 masih akan mendominasi 10.10 dan merk lokal akan semakin bersinar bahkan hingga akhir tahun, baik karena promo yang gencar, harga yang semakin bersahabat dalam masa promo, dan kualitas yang bersaing dengan merk luar.
 
Selain ragam promo dan cashback ekstra yang bisa dinikmati pengguna, ShopBack memproyeksikan minat konsumen pada bentuk pemasaran yang interaktif seperti live show atau gamification dapat memperkuat customer engagement dan mendorong konsumen untuk semakin sering berbelanja.
 
Kategori populer meliputi : fesyen, kecantikan, hobi & buku, groceries, home & living.  Sementara produk-produk populer antara lain : Hijab, masker wajah, lipstik, alat tulis/stationery, susu bubuk, bahan-bahan memasak, peralatan rumah tangga (homeware),masker KF94, pembayaran tagihan listrik, internet, BPJS, ponsel & aksesorisnya,  
 
Fesyen sendiri adalah kategori nomor satu sepanjang 9.9, diikuti dengan Kecantikan, Peralatan Rumah Tangga, Hobi dan Buku, dan Groceries.
 
Meskipun tidak termasuk dalam deretan lima kategori populer, produk-produk digital dan elektronik adalah penyumbang GMV (Gross Merchandise Value) dan Average Basket Size (rata-rata pengeluaran belanja per transaksi) tertinggi pada 9.9. Puncak Waktu Belanja Konsumen Indonesia rela begadang demi promo bahkan pada hari biasa (Kamis, 9 September 2021), karena waktu belanja tertinggi terjadi pada pukul 00.00 - 01.00 WIB atau pada satu jam pertama 9.9. Order rata-rata di jam ini meningkat 5x lipat dibanding jam lainnya.
 
Pengguna Memanfaatkan Fitur Gamification untuk Mendapat Cashback Lebih Besar Fitur Misi Belanja (Earn More - Challenge) di aplikasi ShopBack adalah salah satu fitur yang digemari oleh pengguna karena membuat pengalaman belanja konsumen menjadi lebih seru dan fun. Fitur gamification ini memungkinkan pengguna mengikuti misi harian dan bulanan untuk mendapatkan cashback tambahan yang lebih besar. Tercatat pada 9.9 saja, ada lebih dari 26 ribu pengguna yang mengikuti Misi Belanja pada lebih dari 10 merchant yang berpartisipasi (termasuk di antaranya Tokopedia, Lazada, Blibli, JD.ID, Zalora, Watsons, dan lain-lain). (sg)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year