Paket Semangat Kemerdekaan
Paket Semangat Kemerdekaan
telkomsel halo

Berkat 5G Telkomsel, Solo makin dekat dengan smartcity

14:28:00 | 20 Sep 2021
Berkat 5G Telkomsel, Solo makin dekat dengan smartcity
Angkasa Pura 2
SURAKARTA (IndoTelko) - Kota Surakarta alias Solo menjadi salah satu kota perintis layanan 5G Telkomsel bersama kota lainnya, yakni Batam, Medan, Bandung, Surabaya, Makassar, Denpasar, dan Balikpapan.

Dikatakan Direktur Utama Telkomsel, Hendri Mulya Syam saat peluncuran jaringan 5G pada 3 Juni lalu, Solo adalah salah satu kota yang dibangun 5G oleh Telkomsel. "Kita akan melihat ke depan potensi 5G yang bisa kita bangun, yang sesuai dengan keinginan pemerintah untuk membangun Industri 4.0," katanya.

Sementara itu, Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka menyambut baik kehadiran jaringan 5G di kotanya. Ia berharap bisa mendorong cara kerja baru yang dapat meningkatkan produktivitas dan inovasi yang lebih luas di berbagai bidang khususnya dalam percepatan pemulihan ekonomi.


“Harapannya kita bisa bekerja lebih cepat dan smooth sehingga pemulihan ekonomi lebih cepat lagi dengan 5G coverage ini,” katanya.  Ia mengaku Kota Solo sebetulnya sudah menjalankan tahapan sebagai smart city. Adanya 5G, tentunya akan membuat makin baiknya pelayanan pemkot kepada masyarakat.

"Sebetulnya sebelum 5G Pemkot Solo sudah melakukan tahapan smart city. Seperti layanan dalam satu genggaman, tidak perlu datang ke kantor bisa. Tentu adanya 5G akan mempercepat pelayanan publik. Pelayanan menjadi dipermudah dan tidak terbatas jam kerja, tapi bisa 24 jam," ujar putra sulung Presiden Jokowi ini.

Akses data

Kecepatan 5G tentu saja sangat ditunggu-tunggu oleh pengguna Telkomsel.  DIgadang-gadang, 5G bakal memiliki kecepatan lebih dari 800 Mbps.  

Dijelaskan  Henri, ada dua lokasi indoor yang sudah tercover jaringan 5G.  Keduanya terdiri dari Grapari Solo dan cluster Balaikota Solo. Selanjutnya Telkomsel juga menyiapkan empat lokasi lain di outdoor.

Tim IndoTelko berkesempatan mencoba akses 5G di kawasan Solo terutama di sekitaran kantor pemerintahan kota Solo.  Pengujian dilakukan pada 5 September lalu sekaligus melakukan perbandingan kecepatan antara 4G Telkomsel dan 5G Telkomsel.

Ada beberapa catatan yang perlu diketahui kala Tim IndoTelko melakukan uji coba.  Yang pertama, ternyata meski dikategorikan area indoor di Perkantoran Walikota Solo, namun ternyata akses atau sinyal 5G bisa ditangkap hingga seberang jalan kantor walikota, tepatnya di bundaran putar balik persis depan kantor walikota Gibran.  Kedua, tangkapan sinyal 5G dari satu lokasi ke lokasi yang lain berbeda-beda meski posisi kita bergeser beberapa langkah.  Catatan ketiga adalah, titik paling baik di area halaman kantor walikota ini adalah di lapangan sayap kanan dari akses pintu keluar.  

Dari hasil pengukuran dan uji coba 5G yang dilakukan, menggunakan aplikasi Speedtest, terdata kekuatan donwload 5G Telkomsel ada di kisaran 347 Mbps dan 372 Mbps.  Sementara kekuatan uploadnya dari beberapa kali uji coba dan 2 kecepatan teratas adalah 76,4 Mbps dan 71,8 Mbps.

Pengujian akses kecepatan 5G Telkomsel juga melibatkan jaringan 4G sebagai pembanding.  Sinyal yang ditangkap pada ponsel berjaringan 4G yang digunakan menunjukkan 4G+ atau LTE Advanced yang boleh dibilang mendekati 5G.

Berikut hasil pengukuran kecepatan akses data 4G dan 5G Telkomsel secara bersamaan :

Pengujian pertama di dapat angka sebagai berikut : Kecepatan download 5G mencapai 289 Mbps, sementara 4G di angka 50,6 Mbps.  Sementara kekuatan uploadnya di angka 54,7 Mbps untuk jaringan 5G dan 48,4 Mbps untuk 4G.

Paket Semangat Kemerdekaan
Paket Semangat Kemerdekaan
Pada hasil uji tertinggi kedua, tertangkap hasil antara lain : kekuatan unduh jaringan 5G mencapai  290 Mbps dan 4G di angka 95,6 Mbps.  Sedangkan kekuatan uploadnya di angka  65,4 Mbps untuk 5G dan 4G nya dengan kecepatan 35,1 Mbps.

Secara umum, hasil pengukuran akses 5G di kawasan kantor walikota Solo ini sangat memuaskan, tanpa kendala, dan patut di coba oleh pelanggan Telkomsel di kota Solo.  (sg)

 

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year