Indosat optimalisasi jaringan hadapi trafik Nataru 2024

09:53:03 | 26 Dec 2023
Indosat optimalisasi jaringan hadapi trafik Nataru 2024

JAKARTA (IndoTelko) Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) telah mengoptimalisasi infrastruktur jaringan dan kapasitas jaringan, serta memastikan konektivitas internet yang cepat, makin luas, dan paling stabil untuk seluruh pelanggan saat menghadapi lonjakan trafik data selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024.

Diproyeksikan adanya lonjakan trafik data yang mencapai sekitar 11,5% selama momen liburan tahun baru dibandingkan rata-rata harian. Lonjakan ini diperkirakan dipicu oleh meningkatnya penggunaan aplikasi berjejaring sosial seperti WhatsApp, Facebook, Youtube dan juga aplikasi gaming seperti Mobile Legends, Roblox, PUBG dan aplikasi lainnya.

“Menjelang akhir tahun, permintaan akan kebutuhan konektivitas internet semakin besar sehingga kami berkomitmen untuk terus mengoptimalisasi jaringan guna memberikan pengalaman internetan yang cepat, semakin luas, dan stabil melalui layanan IM3 kepada seluruh pelanggan di Indonesia. Selain itu, melihat pencapaian saat ini dan mengamati tren serta potensi industri telekomunikasi pada tahun 2024, kami percaya bahwa posisi kami saat ini adalah untuk merevolusi pengalaman digital masyarakat Indonesia. Hal ini selaras dengan tujuan besar Indosat Ooredoo Hutchison dalam menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia,” kata Director and Chief Commercial Officer Indosat Ooredoo Hutchison Ritesh Kumar Singh.

Dalam menghadapi potensi lonjakan lalu lintas data menjelang libur Tahun Baru 2024, Indosat meningkatkan konektivitas jaringannya secara proaktif dengan melakukan optimisasi pada 434 lokasi prioritas dan peningkatan kapasitas di 527 titik. Indosat juga telah menggelar uji coba jaringan di wilayah yang diprediksi akan mengalami peningkatan perjalanan selama liburan, seperti Trans Jawa, Trans Sumatera, Cikampek, Samarinda, dan Balikpapan. Hasil uji coba ini memastikan kecepatan optimal jaringan Indosat di wilayah tersebut dengan mengaktifkan Command Center 24/7 yang berpusat di Indosat Ooredoo Hutchison Network Operation Center (INOC) dan Indosat Ooredoo Hutchison Service Operation (ISOC). Command Center ini didukung oleh kecerdasan buatan (AI/ML) dan otomatisasi di Network Operation Center agar dapat memantau ketersediaan dan kualitas jaringan.

Sepanjang tahun 2023, IM3 juga terus merayakan perkembangan jaringan di berbagai titik dan memberikan pengalaman luar biasa untuk seluruh pelanggan di seluruh Indonesia, khususnya generasi muda, melalui Konser Musik Collabonation Tour. Acara ini telah menyapa ratusan ribu generasi muda mulai dari Madiun, Purwokerto, Palembang, Bantul, Pamekasan, Mataram, Kupang, Samarinda, Parepare, Sumbawa Besar, Bandar Lampung, hingga Brebes. Memasuki tahun 2024, IM3 melalui Collabonation berkomitmen untuk menjangkau lebih banyak kota, tidak hanya fokus pada kota-kota besar, guna mendukung generasi muda dalam bidang seni dan musik.(ak)

Baca Juga: