telkomsel halo

Lazada segarkan layanan logistik

05:43:57 | 30 Aug 2021
Lazada segarkan layanan logistik
JAKARTA (IndoTelko) - Lazada mengumumkan rebranding layanan logistiknya menjadi Lazada Logistics, yang sebelumnya dikenal sebagai Lazada eLogistics (LEL) dan Lazada Express (LEX).

LEL mengelola pemenuhan dan logistik dengan penyedia logistik pihak ketiga, sedangkan LEX menangani pengiriman paket ke pelanggan. Warna biru terbaru Lazada Logistics mencerminkan efisiensi dan keandalan solusi logistik terpadu dan terpercaya yang ditawarkan Lazada bagi masyarakat Asia Tenggara, termasuk brand dan penjual di Indonesia, untuk semua kebutuhan bisnis mereka.

“Selama satu dekade terakhir, jaringan logistik Lazada telah memengaruhi  lanskap eCommerce di salah satu wilayah dengan keragaman geografis dan populasi terpadat di dunia. Kemampuan logistik Lazada telah memungkinkan kami untuk menyediakan layanan pengiriman terbaik kepada pelanggan di Asia Tenggara, serta layanan menyeluruh yang mudah bagi para penjual dan mitra kami. Rebranding ini mencerminkan perkembangan signifikan yang kami capai  selama bertahun-tahun dengan dukungan sumber daya manusia dan teknologi kami,” kata Chief Executive Officer,Lazada Group  Chun Li.

Rebranding ini juga merefleksikan upaya berkelanjutan Lazada dalam mendukung upaya pemerintah Indonesia membantu sektor bisnis di Indonesia, khususnya usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), agar dapat bertransformasi secara digital dan mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan. Dalam Studi Lazada “Percepatan Ekonomi Digital Indonesia melalui eCommerce” yang dilaksanakan pada Q4/2020, 65% responden dari UMKM yang belum terdigitalisasi menyatakan logistik sebagai salah satu tantangan terbesar. Sedangkan 92% responden yang telah terdigitalisasi setuju bahwa platform eCommerce telah membantu mereka mengatasi tantangan dalam operasional logistik.

Chief Logistics Officer Lazada Indonesia Philippe Auberger mengatakan Lazada Indonesia adalah pelopor logistik eCommerce sejak tahun 2015. “Kami telah membantu membangun koneksi antara  brand dan penjual dengan pelanggan di seluruh Indonesia selama enam tahun terakhir, dan akan terus  melanjutkan upaya ini di masa mendatang. Inisiatif rebranding ini juga menunjukkan penguatan dedikasi kami untuk terus melayani bisnis di Indonesia dengan teknologi dan kapabilitas yang menyeluruh dan mumpuni dalam ekosistem logistik kami, untuk mendorong bisnis di Indonesia mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan,” katanya.

Melalui rebranding ini, Lazada Logistics juga memperkenalkan layanan multi-channel logistics (MCL), yang menyediakan solusi pemenuhan stok tunggal untuk membantu enabler eCommerce dan brand di platform eCommerce manapun dengan mulus. Lazada Logistics akan memenuhi dan mengirimkan semua pesanan, baik pesanan tersebut berasal dari transaksi di Lazada ataupun dari platform eCommerce lainnya.

Melalui mekanisme ini, Lazada akan menyimpan produk-produk eCommerce dari mitra dan merchant, sehingga penanganan dan pengiriman pesanan yang efisien melalui armada Lazada, mitra logistik pihak ketiga, ataupun armada yang ditunjuk lainnya dapat dilakukan.

MCL memastikan brand experience yang konsisten, dan memecahkan banyak masalah logistik untuk brand dan penjual. Hal ini memungkinkan mereka untuk fokus pada penjualan dan pemasaran serta meningkatkan skala bisnis.”

MCL juga memungkinkan brand dan penjual untuk mengatur fleksibilitas dan ketangkasan dalam pengendalian inventaris, membebaskan mereka dari masalah logistik yang membutuhkan modal dan biaya operasional yang tinggi untuk  memenuhi pesanan (diantaranya kebutuhan untuk pemeliharaan infrastruktur gudang dan armada pengiriman). Mereka juga terhindar dari hambatan untuk membangun jaringan operasi yang luas dengan skala ekonomi yang terbatas.  

Hadirnya MCL menunjukkan infrastruktur supply chain dan kapabilitas logistik Lazada yang mumpuni, dengan solusi inventaris dan pemetaan rute cerdas yang didukung data dan teknologi. Semua brand dan penjual dapat memanfaatkan jaringan Lazada Logistics dengan lebih dari 400 fasilitas yang terdiri dari gudang, pusat penyortiran, dan hub.

Mereka juga dapat memperoleh manfaat dari akses ke armada terbesar yang dimiliki oleh eCommerce di Asia Tenggara ini, serta mendapatkan keunggulan kompetitif Lazada yang memiliki kendali atas operasi logistik yang menyeluruh. Lebih dari 85% dari keseluruhan pengambilan paket pada first-mile ditangani oleh fasilitas milik Lazada.

Seiring dengan peningkatan layanan menyeluruh Lazada Logistics yang berkelanjutan, Lazada akan berupaya meluncurkan lebih banyak fitur baru yang dapat mencakup insentif bagi penjual untuk memenuhi pesanan lebih cepat dan meningkatkan pengambilan pesanan di hari yang sama dari penjual.

Saat ini, Lazada Logistics di Indonesia didukung oleh lebih dari 15.000 karyawan dan mitra kurir untuk memastikan layanan menyeluruh yang berkualitas. Gudang utama Lazada Indonesia di Cimanggis, Jawa Barat menempati area seluas 70.000 meter persegi dan merupakan fasilitas logistik eCommerce terbesar dan ter-modern di Indonesia. Dengan kehadirannya di 80 kota di Indonesia, Lazada terus memperkuat brand dan penjual di Indonesia untuk mengembangkan bisnis mereka dan mempercepat pertumbuhan ekonomi digital di tanah air.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year