Paket Semangat Kemerdekaan
Paket Semangat Kemerdekaan
telkomsel halo

Tips Sampingan tingkatkan kepercayaan pelanggan

05:02:01 | 25 Aug 2021
Tips Sampingan tingkatkan kepercayaan pelanggan
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) - Platform solusi manajemen tenaga kerja yang komprehensif, Sampingan menyuguhkan tips meningkatkan kepercayaan pelanggannya untuk terus mempertahankan bisnisnya, terutama di masa pandemi. 

Seperti kita ketahui, pandemi menumbangkan berbagai lini usaha dan bisnis di Tanah Air. Pelaku usaha harus memutar otak agar bisnisnya terus dapat bertahan di tengah kondisi yang sulit seperti saat ini. Salah satu strategi yang dapat dilakukan pelaku usaha untuk mempertahankan bisnis adalah dengan meningkatkan kepercayaan pelanggan dan loyalitas pelanggan. 

Dikatakan Head of Business Unit Customer Experience Management Sampingan, Maulana Malik Muqorrobun, kesetiaan dari pelanggan bukan sekadar tentang layanan atau produk saja, tetapi juga hasil dari membangun kedekatan emosi dan kepercayaan yang dirasakan pelanggan. "Di era digital yang serba cepat seperti saat ini pelaku usaha harus lebih responsif menanggapi pertanyaan serta keluhan dari pelanggan," jelasnya.

Berikut beberapa tips untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan untuk terus mempertahankan bisnis :
Transparan 
Jika ingin mendapatkan kepercayaan dari pelanggan, pelaku usaha harus jujur dan transparan kepada pelanggan terhadap produk atau jasa yang mereka pasarkan. Hal ini harus dimulai sejak interaksi pertama mereka dengan produk dan jasa yang ditawarkan pelaku usaha. Kejujuran ini termasuk terkait harga dan kebijakan apa pun yang dapat mempengaruhi calon pembeli di masa mendatang.

Publikasikan ulasan dan testimoni pelanggan 
Testimoni atau kesan pembeli menjadi nilai plus dan minus dalam industri pasar digital saat ini. “Pelaku usaha dapat menggunakan kepercayaan audiens dari pelanggan lain untuk keuntungan dengan mempublikasikan ulasan dan testimoni di situs. Bagi pelaku usaha menjalankan toko online, segera ajak pelanggan untuk memberikan ulasan dan menambahkan ulasan tersebut ke halaman produk. Ulasan positif dari pelanggan lain akan membuat calon pembeli lebih nyaman mencoba produk atau jasa sejak awal.

Paket Semangat Kemerdekaan
Customer service yang responsif 
Memiliki staf pendukung yang berdedikasi dan menetapkan standar yang tinggi untuk kecepatan dan kualitas pelayanan menjadi sangatlah penting. Terlebih lagi, di era digital yang cepat saat ini, para pelanggan menginginkan respon dan pelayanan yang juga cepat. Untuk itu, menjadi responsif saat pelanggan bertanya adalah hal yang penting.  Pelanggan merasa puas akan pelayanan yang kita berikan dan mampu membuat mereka menjadi pelanggan yang loyal. Dicontohkan Maulana, Sampingan sendiri menghadirkan layanan Customer Experience Management untuk membantu perusahaan mengoptimalkan kepercayaan dan loyalitas pelanggan terhadap pelaku usaha.

Meminta feedback 
Meminta feedback dan masukan secara teratur adalah cara terbaik untuk menunjukan apa yang perusahaan lakukan. Dijelaskan Maulana, salah satu cara mendapatkan feedback adalah dengan mengirim survei secara teratur dan minta pelanggan untuk memberikan pendapat mereka. 

Program loyalitas 
Ketika pelaku usaha menawarkan hadiah untuk pembelian berulang, hal ini akan memberi pelanggan insentif yang jelas untuk tetap menggunakan produk dari pelaku usaha tersebut. Terlebih lagi, strategi ini dapat digunakan pada hampir setiap industri dan model bisnis. Selain diskon yang merupakan bentuk hadiah yang paling populer, pemberian program loyalitas lainnya seperti poin atau rewards juga bisa jadi pilihan alternatif. (sg)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year