Paket Semangat Kemerdekaan
Paket Semangat Kemerdekaan
telkomsel halo

Opini Kolom

Cara baru melindungi pengguna dari ujaran kebencian

17:06:00 | 12 Aug 2021
Cara baru melindungi pengguna dari ujaran kebencian
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) - Instagram memperkenalkan beberapa fitur terbaru untuk melindungi pengguna dari ujaran kebencian, antara lain:

● Fitur yang memberikan kemampuan kepada pengguna untuk membatasi komentar dan permintaan DM saat menerima lonjakan komentar dan DM secara tiba-tiba.

● Peluncuran fitur Hidden Words secara global untuk memungkinkan pengguna menyaring permintaan DM yang mengandung kata-kata kasar maupun tidak diinginkan.

Kami memiliki tanggung jawab yang besar untuk memastikan setiap pengguna merasa aman saat menggunakan Instagram. Kami tidak mengizinkan ujaran kebencian (hate speech) atau perundungan (bullying) di Instagram, dan akan menghapus konten tersebut ketika kami menemukannya. Bahkan, kami senantiasa berupaya untuk mencegah pengguna mengalami hal tersebut di layanan kami. Oleh karena itu, kami terus mendengarkan masukan dari para ahli dan komunitas kami, serta mengembangkan fitur-fitur baru untuk memberikan lebih banyak kontrol bagi pengguna atas pengalaman mereka di Instagram dan membantu melindungi mereka dari ujaran kebencian.

Untuk membantu melindungi pengguna ketika mengalami atau mengantisipasi lonjakan komentar dan DM yang tidak diinginkan, kami memperkenalkan fitur Batas (Limits) yang sangat mudah untuk diaktifkan. Fitur ini akan secara otomatis menyembunyikan komentar dan permintaan DM dari akun yang tidak mengikuti akun Instagram Anda, atau akun yang baru saja mengikuti Anda.

Kami mengembangkan fitur ini karena kami mendengar bahwa kreator dan figur publik terkadang mengalami lonjakan komentar dan permintaan DM secara tiba-tiba dari akun yang tidak mereka kenal. Misalnya, ketika seorang atlet menjadi viral setelah memenangkan medali Olimpiade, terkadang hal tersebut juga diikuti dengan lonjakan komentar dan pesan yang tidak diinginkan.

Fitur ini diciptakan sebagai bentuk dukungan kami terhadap atlet tersebut guna melindungi pengalamannya di Instagram. Jika saat ini Anda tengah mengalami hal serupa atau merasa bahwa hal tersebut akan terjadi dalam waktu dekat, Anda dapat mengaktifkan fitur Batas (Limits) dan menghindari pengalaman-pengalaman yang tidak diinginkan.

Penelitian kami menunjukkan bahwa banyak pengalaman negatif yang diterima oleh figur publik berasal dari akun yang tidak mengikuti mereka, akun yang baru saja mengikuti mereka, atau akun yang tiba-tiba muncul di momen tertentu. Kami melihat tren tersebut setelah acara final pertandingan Euro 2020 yang menghasilkan lonjakan signifikan dalam hal ujaran rasis dan tidak dapat diterima terhadap para pemain sepak bola.

Di saat yang bersamaan, para kreator juga memberi tahu kami bahwa mereka tidak ingin sepenuhnya menonaktifkan kolom komentar dan DM karena mereka masih ingin berinteraksi dengan komunitas mereka serta membangun komunikasi dua arah. Fitur Batas (Limits) memungkinkan pengguna untuk mendengar masukan dari pengikut setia mereka, sekaligus membatasi kontak dari akun-akun yang mungkin hanya datang ke akun mereka untuk hal-hal yang tidak diinginkan.

Batas (Limits) akan tersedia untuk seluruh pengguna Instagram secara global mulai hari ini. Anda dapat membuka pengaturan privasi untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur ini, kapan pun Anda mau. Lebih dari itu, saat ini kami juga tengah mencari cara untuk mendeteksi ketika Anda mungkin mengalami lonjakan komentar dan DM, sehingga kami dapat mengingatkan Anda untuk mengaktifkan fitur ini.

Melawan ujaran kebencian di DM

Untuk membantu melindungi para pengguna dari ujaran kebencian di permintaan DM mereka, kami baru saja mengumumkan fitur Kata yang Disembunyikan (Hidden Words) yang memungkinkan pengguna secara otomatis menyaring kata, frasa, dan emoji yang menyinggung ke dalam folder Hidden Bar. Dengan demikian, pengguna tidak perlu membuka pesan yang terdapat dalam folder tersebut jika mereka tidak ingin melihatnya.

Kami meluncurkan fitur ini di beberapa negara pada awal tahun ini, dan akan tersedia secara global pada akhir bulan ini. Kami akan terus mengajak akun-akun dengan jumlah pengikut tinggi untuk menggunakan fitur ini, baik melalui pesan di kotak masuk DM maupun di bagian paling depan kolom Stories mereka.

Melanjutkan upaya melawan ujaran kebencian online

Paket Semangat Kemerdekaan
Kami berharap fitur-fitur yang baru diluncurkan ini dapat semakin melindungi pengguna dari konten yang tidak diinginkan, seperti konten-konten yang bersifat rasis, seksis, homofobik, maupun konten ujaran kebencian lainnya. Kami menyadari bahwa masih banyak hal yang harus kami lakukan, termasuk meningkatkan sistem kami untuk menemukan dan menghapus konten kebencian secara lebih cepat, serta menindaklanjuti akun-akun yang memposting konten tersebut. Kami terus berkomitmen untuk melakukan segala cara dalam memerangi konten-konten berisi ujaran kebencian di layanan kami, namun kami juga menyadari bahwa masalah ini akan terus berkembang.

Oleh karena itu, kami akan terus bekerja sama dengan organisasi-organisasi yang berfokus pada keadilan dan kesetaraan ras. Kami juga sangat menanti untuk bekerja sama lebih lanjut dengan para pemain industri, pemerintah, dan lembaga swadaya masyarakat untuk mendidik dan membantu membasmi kebencian. Komitmen kami tidak akan berhenti di sini dan Instagram akan terus membagikan informasi terbaru seputar perkembangan-perkembangan di layanan kami.

Penulis : Adam Mosseri, Head of Instagram

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year