telkomsel halo

Microchip Technology umumkan kontroler layar sentuh ultrawide

08:21:00 | 23 Apr 2021
Microchip Technology umumkan kontroler layar sentuh ultrawide
Angkasa Pura 2
CHANDLER, ARIZ (IndoTelko) - Microchip Technology Inc. baru-baru ini mengumumkan kontroler layar sentuh MaXTouch® MXT2912TD-UW. Hal ini dilakukan, untuk memenuhi kebutuhan akan user interface yang aman, intuitif, dan mudah digunakan dalam kendaraan otomotif, para perancang terus menggabungkan klaster kendaraan, panel kendali (center stack) dan tampilan navigasi pengemudi (co-driver display) ke dalam layar yang sangat luas.

Selain itu juga mampu merampingkan dan menyederhanakan pengembangan sistem untuk layar ultrawide ini yang sering terlihat dalam kendaraan listrik (electric vehicles – EV), sistem bantuan pengemudi canggih (Advanced Driver-Assistance Systems – ADAS) dan kendaraan premium.

Microchip ini merupakan solusi berkualifikasi otomotif dengan chip tunggal pertama dalam industri yang mengakomodasi ukuran layar hingga 45 inci dengan rasio aspek yang sangat luas, yang mendukung teknologi penampil kristal cair (Liquid Crystal Display – LCD) dan teknologi layar dioda pemancar cahaya organik (Organic Light Emitting Diode – OLED).

MXT2912TD-UW mengurangi kebutuhan kontroler layar sentuh yang banyak dengan tampilan human machine interface (HMI) kendaraan. Kontroler sentuh dengan chip tunggal memberikan tingkat laporan tertinggi untuk layar lebar dan tidak bergantung pada resolusi layar, yang memberikan pengalaman pengguna yang sama seperti yang terdapat pada ponsel cerdas.

Chip ini Juga didukung oleh Signal-to-Noise (SNR) intrinsik dari rangkaian produk maXTouch yang luar biasa, MXT2912TD-UW memungkinkan deteksi dan tracking sarung tangan tebal multi jari melalui berbagai bahan overlay dan ketebalan, bahkan dengan adanya kelembaban.

Dilengkapi spesifikasi ISO 26262 untuk keselamatan fungsional kendaraan di jalan raya, MXT2912TD-UW berisi berbagai fitur keselamatan yang menyederhanakan jalur sistem modul tampilan ke sertifikasi keselamatan fungsional. Fitur-fitur ini mencakup uji mandiri berkala, uji sensor sentuh, uji flash internal dan RAM, pemeriksaan integritas jalur data sinyal lengkap serta pengujian inti mikroprosesor (microprocessor – MPU) tambahan. Firmware yang tertanam dikembangkan untuk proses Automotive SPICE.

Paket Semangat Kemerdekaan
Dikatakan wakil presiden unit bisnis HMI, Fanie Duvenhage, industri otomotif mendorong inovasi baru dalam desain interior, termasuk integrasi konsep HMI yang ramping. "Microchip memungkinkan desain revolusioner ini dengan kontroler sentuh baru kami yang mendukung sensor sentuh rasio aspek lebar dengan teknologi kami yang unik dan dipatenkan,” jelasnya. 

Ditambahkan Fanie, solusi chip tunggal tersebut menawarkan para pembuat layar dan penyedia otomotif Tingkat 1 solusi sentuh yang simpel dan ternama untuk sistem HMI kendaraan modern, yang mengurangi biaya, risiko dan time to market.

Microchip juga menawarkan perangkat tambahan seperti regulator low-dropout (LDO), mikrokontroler (MCU) 8-16-dan-32-bit, jaringan area pengendali (Controller Area Network – CAN), pengendali lapisan fisik (Physical Layer – PHY) CAN dan lainnya guna mendukung kontroler layar sentuhnya. (sg)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year