telkomsel halo

IBM perkenalkan Hybrid Cloud Build Team

06:28:00 | 11 Feb 2021
IBM perkenalkan Hybrid Cloud Build Team
IBM Hybrid Cloud, IBV (dok)
JAKARTA (IndoTelko) - IBM memperkenalkan Hybrid Cloud Build Team untuk mendukung migrasi dan modernisasi produk, layanan, dan berbagai penawaran lainnya dari ekosistem mitra, untuk seluruh lingkungan open hybrid.

Hal ini menyusul suksesnya model IBM Data Science dan AI Elite Team serta IBM AIOps Elite Team yang berfokus pada kecerdasan buatan (AI), kehadiran Hybrid Cloud Build Team ditujukan untuk membantu mitra meringankan beban kerja atau workload mereka terkait penyelenggaraan on-premise, cloud, atau lingkungan lain yang mereka pilih.

Berdasarkan hasil studi IBM Institute for Business Value (IBV) baru-baru ini yang dibuat berdasarkan masukan lebih dari 5.000 eksekutif global di seluruh industri, menemukan bahwa adopsi hybrid cloud - kombinasi public cloud publik, private cloud, dan on-premise – diperkirakan akan tumbuh sebesar 47 % dalam tiga tahun ke depan dan rata-rata organisasi akan menggunakan enam hybrid cloud.

Studi IBV ini mencatat bahwa nilai bisnis dari pemanfaatan teknologi platform dan model operasional multicloud yang full hybrid, adalah 2,5 kali lebih besar dibandingkan nilai yang dihasilkan dengan pendekatan vendor cloud tunggal. Hybrid Cloud Build Team dari IBM didirikan untuk membantu mitra memaksimalkan nilai bisnis dari penyelenggaraan open hybrid cloud.

Tim elit Hybrid Cloud Build Team dari IBM beranggotakan lebih dari 100 arsitek cloud, ilmuwan data (data scientists), pengembang cloud, spesialis keamanan siber, dan developer advocates yang bekerja sama dalam memberikan solusi teknologi canggih untuk mitra dan klien mereka.

Keahlian team dalam hal Microsoft Azure, IBM Cloud, AWS, dan lainnya, Hybrid Cloud Build Team dari IBM membantu ekosistem mitra meringankan beban kerja di seluruh platform dan penyedia cloud. Pada saat yang sama, Hybrid Cloud Build Team juga senantiasa berupaya memasukkan pemanfaatan teknologi baru ke dalam solusi yang mereka tawarkan seperti AI, 5G, Kubernetes, blockchain, dan edge untuk mengoptimalkan operasi bisnis serta meningkatkan kinerja klien.

Dalam perkenalannya bersama media lewat jalur virtual kemarin (10/1) Country Manager Partner Ecosystem, IBM Indonesia Novan Adian mengatakan,  hybrid cloud build team dari IBM membuktikan komitmennya dalam membantu ekosistem mitra dengan menghadirkan program baru, pendanaan tambahan, dan pendekatan ekosistem yang disederhanakan.

“Tim elit khusus hybrid cloud ini membantu mitra mengatasi kendala dalam melakukan modernisasi dan pengurangan beban kerja cloud klien dengan menggunakan solusi AI di seluruh platform dengan berbagai penyedia layanan. Banyak mitra menyampaikan kepada kami bahwa kinerja tim ini telah terbukti bermanfaat bagi klien mereka dan telah menjadi katalisator dalam memperluas ekosistem Hybrid Cloud IBM," ujar Novan.

Dijelaskannya, untuk menjangkau pelanggan di Indonesia baik pelanggan komersial maupun enterprise, IBM Indonesia menggandeng beberapa mitra andalan termasuk PT Metrodata Electronics Tbk dengan Digital Business Platform Solutions dan Metrodata Managed Service Security Provider yang dibangun di atas teknologi IBM.

Menurut Direktur PT Metrodata Electronics Tbk, Edwin Putraoetama Octosa, percepatan transformasi digital membawa tantangan untuk melakukan proteksi layanan bisnis yang bersifat menyeluruh (People, Process & Technology). “Keamanan layanan bisnis digital sendiri sudah menjadi “Digital Reputation” yang penting untuk dapat dipertanggungjawabkan oleh setiap perusahaan yang ingin mengembangkan layanan digital. Kombinasi antara teknologi keamanan IBM yang sudah terbukti andal didukung kemampuan dalam pengimplementasian, dilengkapi dengan sarana Security Operations Center (SOC) serta Tenaga Ahli Bersertifikasi, membuat kami mampu mengembangkan solusi “Managed Service Security Provider,” khususnya untuk pelanggan Corporate dan Small Medium Business dalam menjaga keamanan bisnisnya,” jelas Edwin.

Tak hanya dengan Metrodata, IBM Indonesia juga bekerja sama dengan Simian sejak tahun 2009, yang merupakan sebuah perusahaan teknologi yang berfokus pada data management sabagai kunci dalam mendorong proses digitalisasi, otomatisasi, dan kecerdasan buatan (AI). Solusi unggulan Simian yang menggunakan teknologi IBM antara lain adalah Simian Regulatory Platform, Simian Data Quality untuk digitalisasi berbasis AI dan Medallion Suite, yang banyak memanfaatkan DB2 database untuk memudahkan pelanggannya.

Dikatakan Presiden Direktur Simian Andre Setijoso, pentingnya transformasi di bidang perbankan membuat kami untuk terus berinovasi menyediakan solusi–solusi terbaik seperti kustodian dan wealth management. “Adanya kolaborasi dengan IBM merupakan kunci utama dalam pertumbuhan bisnis kami dalam membantu pelanggan agar dapat tumbuh dan mengadopsi transformasi digital dengan lebih baik serta tepat pakai,” ujar Andre. (sg)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year