Paket Semangat Kemerdekaan
Paket Semangat Kemerdekaan
telkomsel halo

Data Penting di PC Hilang? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

16:10:00 | 25 Jan 2021
Data Penting di PC Hilang? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya
Pemakai PC (Ilustrasi)
JAKARTA (IndoTelko) - Terkadang kita kurang teliti terhadap beberapa dokumen penting yang kita miliki. Padahal, beberapa file tersebut sangat penting entah untuk hal pekerjaan, tugas sekolah atau juga beberapa foto kenangan yang layak untuk disimpan dengan baik agar senantiasa aman dan mudah ditemukan.

Maka dari itu, pentingnya menyimpan file dan dokumen kita di tempat yang aman agar terhindar dari beberapa kejadian buruk adalah tugas kita. Menyimpan file sebenarnya tidak sulit asalkan kita bisa melakukannya dengan baik dan juga benar.

Salah satu media penyimpanan yang sering digunakan untuk menyimpan file dan dokumen penting adalah di perangkat komputer dan laptop. Hal tersebut lantaran memudahkan pengguna untuk mendukung dalam berbagai aktifitas mobile.

Perkembangan teknologi yang semakin maju membuat berbagai kegiatan semakin mudah dan praktis. Meskipun begitu, ancaman di dunia maya kini semakin besar tak terkecuali beberapa file & dokumen penting kamu yang bisa menjadi incarannya.

Penyebab File & Dokumen Penting Hilang di PC

Banyak sekali penyebab file & dokumen penting yang anda miliki hilang begitu saja, salah satu yang umum adalah kegagalan update perangkat keras, virus yang menyerang komputer anda, kesalahan anda sendiri atau orang lain, hingga ada peretas yang mencuri data anda.

Jika anda mengalami masalah tersebut, anda tidak perlu khawatir karena anda bisa memulihkan kembali data penting anda yang hilang secara cepat dan juga mudah. Salah satunya menggunakan bantuan free recovery software yang dimiliki oleh vendor EaseUS yang bernama EaseUS Data Recovery Wizard.

Salah satu software pemulihan data yang akurat dengan didukung fitur yang lengkap serta mudah dalam pengoperasian memungkinkan pengguna tidak kesulitan dalam pengoperasiannya. Antar muka yang user-friedly membuat pengguna awam pun mudah melakukannya.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus pada Komputer

Lantas, bagaimana cara memulainya? Simaklah ulasan lengkapnya dibawah ini untuk memulai menggunakannya.

Data Penting di PC Hilang? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

1. Pertama, download software pemulihan data untuk PC secara gratis melalui website resmi.

2. Kemudian, Install pada komputer PC atau laptop.

3. Buka software yang sudah anda install.

4. Pilih drive atau lokasi folder dimana file yang terhapus tersebut berada sebelumnya. Anda dapat memilih hard drive, partisi, atau perangkat penyimpanan eksternal lainnya.

5. Jalankan [Scan] lalu tunggu sampai software selesai melakukan scanning dan menampilkan data anda.

6. Setelah itu, muncul apa saja yang tersembunyi dan dapat anda pulihkan.

7. Centang data mana saja yang ingin anda pulihkan, lalu klik [Recover].

8. File yang terhapus akan bisa anda temukan pada folder dimana file tersebut berada sebelumnya. Selesai.

Data Penting di PC Hilang? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Paket Semangat Kemerdekaan
Data Penting di PC Hilang? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Dalam proses pemulihan data, EaseUS menawarkan dua opsi yang bisa anda pilih sesuai kebutuhan yakni Quick Scan dan juga Deep Scan. Jika hanya ingin melakukan scan di satu folder saja, anda bisa memilih Qucik Scan. Namun jika belum menemukan file yang dicari maka anda bisa memilih opsi scanning secara menyeluruh melalui Deep Scan.

EaseUS Data Recovery Wizard adalah perangkat recovery data gratis yang memiliki banyak sekali fitur. Meskipun begitu, anda bisa melakukan up-grade ke versi premium berbayar untuk mendapatkan fitur yang lebih lengkap untuk selalu amankan data penting anda dalam perangkat PC dan laptop anda. (adv)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year