telkomsel halo

Aplikasi Tokopedia versi iOS diapresiasi Apple

08:48:34 | 29 Okt 2020
Aplikasi Tokopedia versi iOS diapresiasi Apple
JAKARTA (IndoTelko) - Tokopedia terus menghadirkan sederet inovasi digital bagi masyarakat, termasuk pengguna sistem operasi seluler iOS, untuk memberikan nilai tambah dalam memenuhi kebutuhan harian.

Inovasi digital yang dihasilkan tidak lepas dari peran talenta digital muda Indonesia, Tonito selaku Head of Engineering Tokopedia. Ia merupakan salah satu software engineer yang terlibat sejak pengembangan tahap awal aplikasi iOS Tokopedia.

Berikut berbagai inovasi yang dihadirkan Tonito bersama 50 iOS engineers yang dipimpinnya di Tokopedia.

1. NFC - Fitur NFC di iPhone memungkinkan pengguna iOS Tokopedia melakukan pengecekan, top-up hingga update saldo kartu uang elektronik langsung dari perangkat pribadi secara mudah dan cepat.

2. Dark Mode - Saat ini, lebih dari 90% halaman Tokopedia telah dikonversi menjadi dark mode. Fitur ini diharapkan dapat lebih memanjakan mata pengguna saat menggunakan aplikasi Tokopedia terutama di malam hari sekaligus membantu menghemat konsumsi energi gawai.

3. Tokopedia di Apple Watch - “Inovasi ini memungkinkan masyarakat mengakses aplikasi Tokopedia langsung dari Apple Watch, mulai dari mencari produk, memantau status pembelian, mengecek notifikasi hingga kemudahan membuka aplikasi Tokopedia melalui fitur ‘Buka di HP’,” terang Tonito.

4. Widget Tokopedia di iOS 14 - Menawarkan berbagai kemudahan, yang bisa dirasakan langsung oleh pengguna dari homepage tanpa harus membuka aplikasi Tokopedia. Misalnya dalam memantau transaksi atau berkomunikasi dengan penjual maupun pembeli.

“Menyenangkan melihat perkembangan iOS di Indonesia yang semakin hari semakin kuat. Hal ini terlihat dari penjualan produk Apple yang semakin meningkat yang menandakan tingginya permintaan akan produk Apple di pasar. Developer Tokopedia di sisi lain sangat tanggap dalam beradaptasi dengan perkembangan pesat yang ada di iOS. Misalnya, pemanfaatan widget pada iOS terbaru yang sangat memudahkan pengguna, seperti saya, dalam bertransaksi,” kata Content Creator, Entrepreneur sekaligus Investor, Ario Pratomo.

Berbagai inovasi digital yang diciptakan Tokopedia sebagai aplikasi buatan Indonesia mendapatkan pengakuan dari Apple sebagai penyedia platform global. Aplikasi Tokopedia masuk dalam kategori ‘Great on iOS 14’ dan ditampilkan di halaman depan AppStore pada Oktober 2020.

Menyambut Sumpah Pemuda, Tokopedia menegaskan komitmen #SelaluAdaSelaluBisa memfasilitasi talenta muda terbaik dalam berkarya bagi Indonesia melalui teknologi.

“Kami akan terus berkolaborasi bersama mitra strategis -- misalnya lewat START Summit Extension maupun Apple Developer Academy -- untuk mengasah talenta digital Indonesia. Ini demi memajukan ekosistem industri teknologi tanah air agar dapat bersaing di pasar digital global,” tutup Tonito.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year