telkomsel halo

Needs Indonesia sediakan vending machine masker

11:46:50 | 20 Okt 2020
Needs Indonesia sediakan vending machine masker
JAKARTA (IndoTelko) - Needs Indonesia menyediakan vending machine masker dan kebutuhan kesehatan di stasiun MRT Istora Mandiri, Jakarta.

Terhitung sejak tanggal 10 Oktober 2020 - 18 Oktober 2020, Needs Indonesia sedang melakukan pilot testing mini vending machine pertamanya di stasiun MRT Istora Mandiri (Pintu A), dengan menyediakan masker gratis kepada masyarakat yang menggunakan layanan MRT dan mesin ini akan tetap melakukan pilot testing dengan target deployment 10 mesin hingga Desember 2020, dengan target peluncuran  Januari 2021.

Needs didirikan oleh Co-Founder & CEO Needs Octa Myanda dan dibantu instalasinya oleh  Kepala Stasiun MRT Istora Senayan Ario Bimo.

Needs merupakan tahap awal startup di bidang IoT (Internet of Things) yang menyediakan layanan pembelian barang melalui mini vending machine.

“Kami memulai perjalanan startup ini sejak akhir Juli 2020, dimana produk pertama yang kami keluarkan adalah medical and hygiene mini vending machine, mengingat tujuan utama kami adalah untuk #penuhikebutuhan end-user melalui teknologi vending machine,” kata Octa Myanda.

Menurutnya, di tengah pandemi covid-19 ini masyarakat membutuhkan barang-barang medis yang higienis seperti masker dan hand sanitizer.

Produk startup Needs adalah produk “on-demand” mini vending machine dengan 3 tipe ukuran, yaitu 40 x 40, 60 x 60, dan 100 x 60 cm. Proses pembuatan vending machine ini sendiri, baik dari hardware dan software dilakukan secara mandiri, bukan melalui pembelian dari luar negeri (import). Oleh karenanya, mesini ini sangat fleksibel dalam menentukan items yang dijual di dalam mini vending machine dan tidak terpaku pada food & beverages vending machine semata, seperti mayoritas vending machine yang ada di Indonesia saat ini.

Dibandingkan dengan vending machine konvensional yang berukuran besar, mini vending machine memiliki keunggulan jauh dari segi harga jual, sewa, dan juga maintenance.

Sebagai contoh, listrik yang digunakan untuk mesin ini hanya dalam kisaran 60 - 125 watt, sementara vending machine konvensional membutuhkan rata-rata dalam kisaran 450 watt++. Selain itu, operasional vending machine itu adalah 24 jam, bukan seperti air conditioner yang sebagian hanya digunakan 6-10 jam saja perharinya.

Dari segi penempatan lokasi, mini vending machine lebih mudah untuk ditempatkan di lokasi-lokasi yang memiliki luas wilayah relatif kecil karena tidak membutuhkan ruang yang besar seperti vending machine konvensional. Bahkan untuk ukuran 40 x 40, vending machine ini dapat ditempatkan di tempat-tempat seperti toilet untuk menjual personal-care produk seperti pembalut perempuan, toilet sanitizer, dan tissue.

Mini vending machine ini sangat mudah untuk diaplikasikan dan dioperasikan dalam masa pandemi karena tidak memerlukan kontak langsung antara manusia dengan mesin (touchless) demi menghindari penularan covid-19. Pengguna hanya perlu scan QR Code yang ada di layar vending machine dengan menggunakan smartphone pengguna masing-masing, kemudian cukup login bagi yang sudah memiliki akun, atau register dengan email dan nomor handphone.

Setelah pengguna login maka akan langsung muncul halaman pemilihan items atau barang yang akan dibeli, lalu akan langsung redirect ke halaman pembayaran, dan barang siap untuk diambil. Terkait metode pembayarannya, vending machine Needs hanya melayani pembayaran melalui e-wallet.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year