Semarak Kemerdekaan
Semarak Kemerdekaan
Batic 2020
telkomsel halo

Tokopedia pacu digitalisasi warung tradisional

13:07:49 | 15 Dec 2019
Tokopedia pacu digitalisasi warung tradisional
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - Tokopedia melalui ‘Mitra Tokopedia’ bekerja sama dengan Warung Pintar OVO, dan mitra strategis lainnya menginisiasi Festival Gerakan Warung Nasional untuk memajukan ekosistem warung sekaligus mengakselerasi pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI, Teten Masduki mendukung tumbuh kembangnya inovasi dalam memajukan ekosistem warung di Indonesia yang dilakukan oleh berbagai pihak, termasuk Tokopedia dan Warung Pintar.

"Pemilik-pemilik warung adalah bagian dari pegiat UMKM yang berkontribusi lebih dari 60% terhadap ekonomi negara. Keberadaan mereka perlu kita apresiasi. Melalui pemanfaatan teknologi, para pejuang ekonomi ini diharapkan mampu beradaptasi dengan perkembangan era dan terus mengambil bagian dalam menyokong perekonomian Indonesia,” katanya.

CEO dan Co-Founder Tokopedia, William Tanuwijaya, mengatakan, “Festival Gerakan Warung Nasional merupakan puncak perayaan Gerakan Warung Nasional, sebuah gerakan dari Tokopedia bersama para mitra strategis untuk mengajak masyarakat mengembangkan ekosistem warung. Kami berkomitmen menjembatani pelaku usaha tradisional, seperti pemilik warung, toko kelontong dan usaha sejenis lainnya, dengan teknologi untuk mempermudah mereka mengembangkan usaha di era digital.

"Lewat gerakan ini, kami berharap seluruh profesi di Indonesia, salah satunya pemilik warung, dapat berevolusi menjadi 'perusahaan teknologi' lewat ekosistem Tokopedia, sehingga mereka dapat selalu relevan dengan perubahan zaman dan terus berperan dalam pemerataan dan pertumbuhan ekonomi nasional,” katanya.

Semarak Kemerdekaan
Warung Pintar merupakan start up yang fokus mentransformasi dan membuka akses bagi para pemilik warung di era digital agar dapat ikut bertumbuh untuk ekonomi masa depan. 3,5 juta warung yang ada di Indonesia merupakan tulang punggung ekonomi bangsa, dan menyediakan lapangan pekerjaan yang setara bagi semua golongan masyarakat.

"Menurut data internal kami, 58% dari ribuan mitra Warung Pintar adalah juragan perempuan. Hebatnya, mereka berhasil menyumbang 60% dari total penghasilan keluarga. Lewat Festival Gerakan Warung Nasional, Warung Pintar ingin mendukung komitmen para juragan warung yang ingin bertumbuh tanpa batas menggunakan sistem teknologi yang mudah dipakai dan dipahami,” ungkap CEO dan Co-Founder Warung Pintar Agung Bezharie Hadinegoro.

Batic 2020
FGWN merangkul berbagai UMKM serta komunitas warung, salah satunya seperti Sahabat Usaha Rakyat (SAHARA) hingga seniman-seniman muda untuk membuat karya kreatif bertemakan kehidupan warung. Kegiatan ini dilaksanakan pada 14-15 Desember 2019 di Lapangan Banteng, Jakarta. Di FGWN, masyarakat dari seluruh kalangan dapat menikmati berbagai kegiatan menarik dan experience booth seperti area Main-Main di Warung, Santai di Warung, Jajanan Warung, Museum Warung dan lainnya.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom Digital Solution
More Stories
Data Center Service Provider of the year