Ralali.com garap pembiayaan pasar halal

09:26:18 | 01 Nov 2019
Ralali.com garap pembiayaan pasar halal
JAKARTA (IndoTelko) - Ralali.com bekerja sama dengan Duha Syariah yang merupakan platform pembiayaan berbasis syariah memberikan kemudahan bagi pelaku Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) mengakses pembiayaan syariah.

“Pasar Halal di Indonesia tidak berhenti hanya di sektor fashion, makanan hingga destinasi wisata, namun merambah juga kepada industri lainnya, salah satunya adalah pembiayaan berbasis syariah. Kolaborasi dengan partner fintech terus di hadirkan secara komprehensif untuk membantu UMKM mampu mengembangkan usaha hingga mendukung aktivitas mereka. Akses pembiayaan berbasis syariah menjadi perhatian karena memberikan pilihan pembiayaan yang tanpa riba juga aman dan transparan untuk sahabat Ralali.com," ujar VP of Commercial and Partnership Ralali.com Alvin Aulia Akbar dalam keterangan kemarin. 

Kolaborasi ini diwujudkan dengan memberikan kemudahan bagi UMKM untuk menjalankan aktivitas bisnis dan ibadah yaitu pembiayaan usaha dan juga pembiayaan perjalanan Umroh. Hal  ini turut jadi perhatian karena tidak semua masyarakat hingga pelaku UMKM mampu menjalankan ibadah umroh karena terkendala biaya. 

“Untuk mengurangi kekhawatiran tersebut perlu dihadirkan terobosan baru. Kerjasama dengan Duha Syariah dan Ralali.com menginisiasi sebuah tujuan mulia yaitu pelaku UMKM dapat melakukan ibadah terlebih dahulu, tanpa perlu merasa terbebani biaya yang akan dikeluarkan di awal sebelum berangkat. Pembayarannya dapat diangsur atau dicicil secara berkala. Tanpa riba, aman, dan transparansi yang jelas karena pembelian paket ibadah umroh dapat diakses melalui www.ralali.com juga mobile apps Ralali.com selain itu pembayaran dibantu langsung dengan pinjaman dari Duha Syariah,” ujar Alvin. 

Diharapkan, kolaborasi ini  dapat  membantu pelaku UMKM untuk menjalankan ibadah umroh dengan tenang serta nyaman.  Inovasi ini mampu mendorong 15% pasar muslim Indonesia, sehingga pertumbuhan ekonomi dapat terjadi karena inovasi teknologi yang disediakan dapat dimanfaatkan juga oleh pelaku bisnis yang bergerak pada jasa perjalanan bisnis maupun wisata.

Kolaborasi dan inovasi di sektor fintech yang merupakan bagian di dalam Ekosistem digital Ralali.com terus dikembangkan untuk dapat membantu pelaku UMKM dalam berbagai kebutuhan bisnis.

Selain inovasi pembiayaan syariah, Fintech Ralali.com terbaru ini juga telah memberikan akses pembiayaan bisnis sebesar Rp14 miliar untuk membantu lebih dari 2500 UMKM yang tersebar di 30 provinsi di Indonesia.

Kedepan inovasi berbasis teknologi antara Ralali.com juga fintech partner akan terus ditingkatkan untuk memberikan kemudahan bagi pelaku UMKM dalam mengembangkan usaha sehingga mampu memberdayakan 1 juta pelaku UMKM Indonesia di tahun 2019. 

Asal tahu saja, tren fintech di Indonesia terjadi awal tahun 2006-2007 yang mana mengalami pertumbuhan sebanyak 7% dan di akhir tahun 2017 telah menyentuh angka 78 % dari 135 -140 perusahaan financial teknologi. Lebih dari itu pada september 2019 terjadi kenaikan pinjaman yang diberikan  perusahaan fintech sebesar Rp10,18 triliun atau naik 101.83% dari tahun lalu. Meski demikian 74% pelaku UMKM di Indonesia masih  belum memperoleh akses pembiayaan untuk usaha mereka.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories