Telkom Marketing 2
Telkom Marketing 2
blanja 2019
telkomsel halo

Ini 10 tagar yang ramaikan Twitter di 2019

08:51:01 | 24 Aug 2019
Ini 10 tagar yang ramaikan Twitter di 2019
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) – Semua yang terjadi di dunia, akan dibicarakan di Twitter.

Twitter merupakan tempat di mana pengguna dapat terhubung dengan berbagai komunitas dan berbagi informasi dengan jutaan orang lainnya. Menggunakan tagar (#) adalah salah satu caranya.   

Adalah Chris Messina yang memperkenalkan penggunaan tagar 12 tahun lalu di Twitter.  Dengan menggunakan simbol #, pengguna dimudahkan dalam mengelompokkan setiap percakapan di Twitter.

Sebelum era emoji, tagar atau 'hashtag' adalah sesuatu yang sudah lebih dulu populer di Twitter.

Tagar juga telah membantu mempopulerkan berbagai percakapan terkait momen penting. Dengan menggunakan tagar, pengguna di seluruh dunia telah menjadikan Twitter sebagai platform utama untuk berdiskusi dan mengubah dunia.

Tagar populer
Pengguna Twitter di Indonesia menggunakan tagar untuk memancing percakapan dan berbagi keseruan terkait sebuah momen tertentu.

Contohnya, sempat muncul tagar-tagar yang memberikan edukasi seputar gerakan sosial dan kesadaran lingkungan seperti #StopKemasanPlastik dan #StopSampahPlastik. Ada juga beberapa tagar yang mempromosikan produk/teknologi baru, ataupun berita hiburan terkini seperti #PastiAdaJalan dan #Gundala.

Berikut ini adalah beberapa tagar yang pernah populer di linimasa Twitter di Indonesia (Januari - Juli 2019):

#Pemilu2019
Pada 17 April 2019, masyarakat Indonesia memberikan hak pilih mereka untuk memilih presiden, wakil presiden dan anggota legislatif. Tagar #Pemilu2019 pun banyak digunakan untuk berbagi dan mencari informasi seputar Pemilu 2019.

#SetorFotoPolusi
Pada awal tahun 2019, Greenpeace dan AirVisual IQ mengeluarkan sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa tingkat polusi di Jakarta adalah empat kali lebih tinggi dari standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Dimulai dari gerakan masyarakat, kemudian muncul tagar #SetorFotoPolusi yang berisi kumpulan foto yang menggambarkan kualitas udara di berbagai kota di Indonesia.
 
#AvengersEndGame
Pada bulan Mei 2019, setelah 11 tahun dan 22 film Marvel, penonton di seluruh dunia dengan enggan menerima akhir suatu era. Selain memecahkan rekor box office, Avengers: Endgame juga menjadi film yang paling banyak dibicarakan di Twitter, dengan lebih dari 50 cuitan sejak awal tahun 2019. Para penonton di Indonesia bergabung di Twitter untuk membagikan momen-momen favorit dan emosional dari film tersebut.

#HiduplahImajinasiRaya
Diciptakan oleh pengusaha dan animator Wahyu Aditya (@maswaditya) tagar #HiduplahImajinasiRaya memancing imajinasi dan kreativitas seseorang. Melalui tagar tersebut, Wahyu membagikan karya seni dan cintanya kepada sepatu olahraga dengan pengguna Twitter di Indonesia serta kebanggaannya dengan budaya Indonesia dengan seringnya menampilkan brand-brand lokal dalam karyanya.

#BiroJomblo
Tagar #BiroJomblo pertama kali dibuat oleh Alitt Susanto (@shitlicious), sebagai cara mempertemukan mereka yang berstatus single alias “jomblo.” Alitt sering berbagi cuitan menggunakan tagar tersebut dan mengajak pengguna yang berstatus jomblo untuk berbagi cerita lucu dengan membalas cuitannya.

#RecehkanTwitter
Banyak cuitan di Twitter yang dapat menciptakan kegembiraan dan membuat orang tertawa. Mulai dari permasalahan percintaan, pekerjaan dan kejadian sehari-hari; semua dapat diubah menjadi lelucon menggunakan tagar #RecehkanTwitter. Terkadang cerita-cerita receh dan ide-ide lucu dapat menjadi penghibur di kala pikiran sedang penat.

#DariHalteKeHalte
Cukup baru di Twitter, akun Dari Halte Ke Halte (@drhaltekehalte) semakin populer karena digunakan untuk berbagi lokasi restoran dan kafe baru, serta tempat-tempat menarik untuk dikunjungi di Jakarta; khususnya yang berlokasi di dekat halte bus Trans Jakarta, dan stasiun MRT, LRT dan kereta api. Tagar #DariHalteKeHalte mendukung perkembangan bisnis lokal, seringkali menyoroti kisah mengesankan pemilik toko tersebut dan mendorong masyarakat untuk menggunakan transportasi umum.

#JokePuasaLawas
Pada hari pertama bulan suci Ramadan, masyarakat Indonesia meramaikan Twitter dengan tagar #JokePuasaLawas. Tagar ini berfungsi sebagai wadah untuk berbagi lelucon selama bulan puasa. Lelucon yang dibagikan pun bervariasi: mulai dari efek menahan lapar yang menimbulkan “halusinasi” melihat benda mati sebagai makanan, pendapat-pendapat lucu mengenai puasa, dan kejadian lucu lainnya.

#WanPerfekSyot
Film merupakan topik favorit yang sering dibicarakan di Twitter. Melalui tagar #WanPerfekSyot, pengguna Twitter di Indonesia dapat mengkorelasikan kejadian sehari-hari dengan referensi di film atau merangkai judul film sendiri yang menggambarkan foto/video tersebut. Selanjutnya, pengguna juga menyebutkan nama sutradara, sinematografer atau pemain dalam cuitan tersebut.

#HariPertamaSekolah
Menjelang awal semester baru, anak-anak sekolah dan mahasiswa menanti hari pertama mereka kembali ke sekolah. Memanfaatkan momentum yang penuh antisipasi ini, banyak pengguna Indonesia dan bahkan brands memenuhi linimasa Twitter dengan mengekspresikan semangat tersebut.
 
Tip
Menciptakan tagar yang sempurna membutuhkan perpaduan kreativitas seni dan perhitungan tepat.

Berikut adalah beberapa hal yang sebaiknya dilakukan dan tidak dilakukan untuk membantu Anda mulai menggunakan tagar:

· Tagar tidak perlu panjang-panjang. Tagar yang menarik adalah yang sederhana dan mudah diingat.

· Temukan sesuatu yang khas dan unik. Periksa lebih dulu, apakah tagar yang ingin digunakan sudah digunakan sebelumnya atau tidak.

· Tagar harus memiliki konteks yang jelas. Tagar harus relevan dengan topik yang ingin sampaikan.

· Berikan orang alasan untuk menggunakan tagar tersebut. Gunakan tagar itu dalam aktivitas yang memancing kreativitas untuk meningkatkan visibilitas dan penggunaan tagar.

· Jangan berlebihan saat menggunakan tagar. Cukup menggunakan satu atau dua tagar dalam satu cuitan.

Telkom Marketing 2
· Tagar dimaksudkan untuk menjadikan sebuah percakapan inklusif, shareable dan mudah ditemukan. Jika tagar tersebut tidak masuk dalam cuitan secara organik, pengunaannya akan merasa terpaksa dan tidak sejalan dengan tujuan yang dimaksud.

· Jangan mengharapkan orang menggunakan tagar tanpa alasan atau insentif. Tagar terpopuler adalah yang mampu menarik perhatian seseorang, membangun rasa ingin tahu, sekaligus membuat orang mau bergabung dalam percakapan tersebut.

· Jangan menggunakan huruf besar semuanya, kecuali untuk suatu akronim. Menggunakan tagar seperti ini akan menjadikan cuitan seseorang seperti sedang berteriak/marah dan membutuhkan upaya lebih dari pengguna saat mengetiknya.(pg)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
More Stories
telkom sigma