telkomsel halo

Instagram gunakan AI untuk lawan perundungan online

09:55:18 | 09 Jul 2019
Instagram gunakan AI untuk lawan perundungan online
JAKARTA (IndoTelko) - Instagram memanfaatkan Artificial intelligence (AI/Kecerdasan buatan) untuk melawan perundungan online bagi penggunanya.  

Instagram mulai meluncurkan fitur baru yang didukung oleh kecerdasan buatan untuk dapat mengirimkan notifikasi/peringatan kepada pengguna saat mereka akan memposting komentar yang sifatnya ofensif.

Intervensi ini memberikan kesempatan bagi pengguna untuk mempertimbangkan kembali dan mengurungkan komentar mereka sehingga mencegah penerima mendapatkan notifikasi komentar yang menyakitkan.

Sejak uji coba awal fitur ini, Instagram menemukan bahwa fitur ini mendorong sebagian orang mengurungkan komentar ofensif mereka dan membagikan hal yang sifatnya lebih baik setelah mereka melakukan refleksi diri.

Meskipun proses identifikasi dan penghapusan konten perundungan di Instagram merupakan hal yang sangat penting, Instagram juga harus mendukung komunitas Instagram untuk melawan berbagai tindakan perundungan. Instagram mendengarkan masukan dari para pengguna muda yang cenderung enggan untuk memblokir, unfollow, atau melaporkan pelaku perundungan karena dapat memperburuk masalah, khususnya jika mereka berinteraksi dengan pelaku di kehidupan nyata. Beberapa tindakan ini juga menyulitkan target memantau perilaku perundung mereka.

Instagram ingin membuat fitur yang memungkinkan pengguna mengontrol pengalaman Instagram mereka, tanpa memberi tahu orang yang mungkin menargetkan mereka sebagai target perundungan. Dalam waktu dekat, Instagram akan mulai melakukan uji coba fitur baru untuk melindungi akun Anda dari interaksi yang tidak diinginkan, yang bernama Pembatasan (Restrict).

Setelah Anda membatasi seseorang, ketika orang tersebut meninggalkan komentar di postingan Anda, maka komentar tersebut hanya dapat dilihat oleh orang tersebut. Anda dapat memilih untuk memperlihatkan komentar orang yang dibatasi kepada orang lain dengan cara menyetujui komentar mereka. Orang yang dibatasi tidak dapat melihat apakah Anda sedang aktif di Instagram atau telah membaca pesan mereka.

"Instagram juga terus melakukan upaya dan investasi agar dapat lebih memahami dan mengatasi masalah ini dengan lebih baik. Instagram berharap dapat terus membagikan berbagai pembaruan fitur lainnya dalam waktu dekat," tulis platform itu dalam keterangannya.(pg)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year