telkomsel halo

Zenfone 5Q, tawarkan empat kamera dan Snapdragon 630

17:26:00 | 14 Dec 2018
Zenfone 5Q, tawarkan empat kamera dan Snapdragon 630
Asus Zenfone 5Q (dok)
JAKARTA (IndoTelko) – Diperkenalkan pertama kali di Barcelona pada MWC 2018, Zenfone 5Q hadir untuk melengkapi keluarga seri Zenfone 5.

Zenfone 5Q adalah ponsel cerdas pertamanya ASUS yang menggunakan empat buah kamera. Dua di depan untuk selfie dan welfie, serta dua di belakang sebagai kamera utama. 

Penyematan NFC di seri Zenfone 5Q menjadi yang pertama sebagai ponsel Asus termurah dengan fitur tersebut.   Zenfone 5Q juga merupakan smartphone pertama yang menggunakan Snapdragon 630. 

Apa saja keunggulan lainnya dari Zenfone 5Q ini yang bakal menjadi senjata agar para user kepincut?

DESAIN

Identitas Asus sangat kental di seri ini.  Mengingatkan kita pada seri-seri lawas asus, semisal Zenfone 3 sebagai peraup sukses nya Asus pertama kali.  

Pilihan warna Zenfone 5Q midnight Black dan Moonlight white.  Tampak dari muka terlihat begitu eksklusif dan nampak mahal serta berkelas. Berdimensi 160,6 x 76,2 x 7,8 mm, dengan bobot 168 gram. 

Asus menggunakan bahan aluminium untuk rangka pada bagian sampingnya. Smartphone ini menggunakan kaca pada bagian belakangnya. Jangan heran akan banyak bekas sidik jari saat Anda memegang ponsel ini. 

Bergeser ke bagian belakang body ponsel, nampak dua sensor kamera dengan posisi vertikal di tengah dengan lampu LED flash disisinya. Sayang bentuknya agak menonjol keluar, terasa menonjol dan mengganjal saat kita meletakkannya di atas meja dengan layar menghadap ke atas. Tambahan aksesori karet pelindung yang menutupi seluruh bodi Zenfone 5Q sudah disertakan dalam paket penjualannya. 

Zenfone 5Q, tawarkan empat kamera dan Snapdragon 630

LAYAR

Dimensi layarnya 6 inci dengan rasio 18:9 dengan teknologi layar IPS.  Meskipun pada prakteknya tidak semua aplikasi bisa tampil dengan layar penuh. 

Tak ada informasi teknologi layar Gorilla glass di Asus satu ini. Kami menyarankan Anda untuk menggunakan pelindung kaca tambahan untuk menghindari kaca terbaret oleh benda tumpul. 

Zenfone 5Q, tawarkan empat kamera dan Snapdragon 630

SLOT & TOMBOL

Bodi bagian samping tampil tidak ada yang istimewa.  Selayaknya smartphone saat ini, di bagian sisi kanan, terdapat tombol power/lock screen dan volume.  Sementara di sisi kiri terdapat slot SIM card dan juga MicroSD. 

Melongok ke bagian bawah, ada grill speaker dan konektor microUSB. Sementara di bagian atas terdapat jack 3,5 mm untuk mendengarkan musik via earphone.

Zenfone 5Q, tawarkan empat kamera dan Snapdragon 630

OS dan UI

Sistem operasi yang digunakan Asus Zenfone 5Q ini adalah Android Nougat 7.1.1 plus user interface buatan Asus sendiri  ZenUI dengan versi 5.0.  UI ini memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan pure Android.  Sebut saja sistem penghematan baterai, gesture, dan lainnya. 

Tampilan antar muka ZenUI 5.0 juga sudah mengakomodir Z-RAM sebesar 1 GB, dengan begitu cache akan langsung ditaruh pada RAM dengan sistem kompresi.

Zenfone 5Q, tawarkan empat kamera dan Snapdragon 630

KAMERA

Dukungan 4 kamera yang terbagi masing-masing dua di depan dan dua si belakang menambah sempurna ponsel cerdas ini.

Zenfone 5Q, tawarkan empat kamera dan Snapdragon 630

Di kamera depan terdapat sensor 20 MP Sony IMX 376, f/2.0 dengan ukuran 1.0 mikron yang didampingi dengan kamera sekunder wide angle 8MP. 

Sementara di kamera bagian belakang dibekali sensor 16MP aperture, f/2.2, serta sensor wide angle 8MP.

Zenfone 5Q, tawarkan empat kamera dan Snapdragon 630

Hasil Foto

JEROAN

Pabrikan Asus menyematkan jeroan yang cukup anyar dan mumpuni bagi Zenfone 5Q.  

Menggunakan SoC Snapdragon 630, yang  menggantikan Snapdragon 625 yang sebelumnya banyak dipakai oleh para vendor smartphone. 

Snapdragon 630 saat ini memiliki clock CPU 2,2 GHz pada delapan inti prosesornya. GPU yang tertanam di dalamnya sudah berbekal Adreno 508.  Kehadiran RAM/Storage Internal 4 GB / 64 GB menjadi penyempurna kinerja ponsel berbandrol 3 jutaan ini.

Zenfone 5Q, tawarkan empat kamera dan Snapdragon 630

KEAMANAN

Zenfone 5Q juga tak luput memperhatikan segi keamanan.  Berbagai fitur keamanan di sematkan ke ponsel cerdas ini.  

Kita bisa memilih metode pengenalan wajah alias face recognition dan sidik jari atau finger print. Kita bisa menggunakan salah satunya atau dua-duanya sekaligus pun tak ada masalah.

Kala diuji coba, kinerja sensor wajah jni berjalan baik dan mampu mengenali wajah pengguna meskipun dengan sudut 45 derajat.  Yang mesti diperhatikan adalah Face recognition Zenfone 5Q tidak dapat mengaktifkan perangkat ketika mata terpejam.

Pun keamanan sidik jari.  Fitur pengamanan dengan sidik jari berjalan baik dan tidak ada kendala. Sekali sentuh, ponsel langsung mampu membaca sidik jari dan ponsel langsung terbuka. 

Zenfone 5Q, tawarkan empat kamera dan Snapdragon 630

BATERAI

Zenfone 5Q ini ditemani oleh baterai berkeluatan 3300 mAh.  Dalam uji coba, baterai ponsel ini bisa bertahan standby hingga 1 hari.  Proses pengisian energi barerai alias  pengecasan berjalan cukup baik dan cepat. 

Zenfone 5Q, tawarkan empat kamera dan Snapdragon 630

Berikut adalah spesifikasi lengkap dari Zenfone 5Q :

Prosessor Qualcomm Snapdragon 630, CPU  8x Cortex A53 2,2 GHz
RAM/Memori  4 GB / 64 GB
Layar IPS 6” 18:9 2160 x 1080
Kamera utama / depan Dual 16 MP f/2.2 / Dual 20 MP f/2.0
Dimensi 160.6 x 76.2 x 7.8 mm
Bobot 168 gram
OS Android Nougat 7.1 ZenUI 5
Baterai 3300 mAh
Pilihan Warna Midnight Black dan Moonlight White
Harga Rp.3,5 jutaan
 

 

      

 

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year