Telkom Marketing
Telkom Marketing
blanja 2019
telkomsel halo

Menakar porsi saham William Tanuwijaya di Tokopedia

18:05:23 | 10 Dec 2018
Menakar porsi saham William Tanuwijaya di Tokopedia
Co-founder dan CEO Tokopedia William Tanuwijaya.(dok)
telkomtelstra januari - maret
 
JAKARTA (IndoTelko)- Tokopedia adalah salah satu Unicorn di Indonesia.

Co-founders dan CEO Tokopedia William Tanuwijaya dianggap sebagai salah satu mutiara di bisnis digital Indonesia yang tengah merekah.

Di tengah mewanginya Tokopedia, publik pun bertanya-tanya, berapakah sisa porsi saham yang dimiliki William Tanuwijaya sebagai salah satu pendiri Tokopedia setelah derasnya suntikan dana yang masuk dari sejumlah operator kakap?

KrAsia pada (7/12) menurunkan laporan berjudul "Snapshot of Tokopedia’s company structure and major shareholders".

KrAsia memperoleh dokumen hukum yang mencerminkan struktur perusahaan dan kepemilikan saham. Perusahaan berkewajiban untuk mengajukan dan memperbarui dokumen-dokumen ini dengan pihak berwenang Indonesia. Versi terbaru dokumen ini dari 27 November lalu, yang cocok dengan laporan putaran terakhir pada bulan November.

Dalam dokumen tersebut memuat PT Tokopedia sebagai perusahaan investasi asing dan mengatakan bahwa perusahaan memiliki modal disetor total sebesar Rp339.171.883.000 (sekitar US$ 23 juta), dengan investor datang lebih dari 6 putaran (Seri A sampai F).

Investor awal termasuk East Ventures dan Beenos, tetapi sebagian besar investasi berasal dari sejumlah dana yang berhubungan dengan SoftBank (hampir 40%) dan Alibaba (sekitar 25%), yang berinvestasi ke PT Tokopedia melalui Taobao China Holdings.

Co-founder/CEO William Tanuwijaya dan Lenotinus Alpha Edison (wakil ketua) memegang sekitar 5,6% dan 2,3% dari total saham yang dikeluarkan, masing-masing.

SVF Investment Limited (terkait dengan Dana Visi SoftBank), memiliki persentase individu terbesar sebesar 29%. SoftBank juga memiliki saham lain melalui dana lain, setidaknya sebesar 8,8% dari total saham yang diterbitkan.

Alibaba masuk melalui Taobao China Holdings, dengan saham yang diperoleh sebesar 25% dari saham yang diterbitkan.

Pemegang saham lainnya adalah Radiant Pioneer Limited dan Radiant Trinity Limited, keduanya terdaftar di alamat Kepulauan Cayman yang sama. 

Telkom Marketing
Saat ini susunan direksi dari Tokopedia adalah William Tanuwijaya sebagai CEO dengan co-founder Alpha Edison sebagai wakil ketua.

Sisa direksinya adalah Eun Woo Lee, (terafiliasi SoftBank), Lydia Bly Jett (terafiliasi SoftBank), Shailendra Singh, (terafiliasi Sequoia Capital India), Wong Ka Kit, dan Joseph Tsai, (pendiri dan wakil ketua eksekutif Alibaba Group).

Dewan komisaris dipimpin oleh Kabir Misra, yang pernah menjadi mitra pengelola di SoftBank Capital.(ak)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
atta 300 x 250.gif
More Stories
telkom sigma